Cara Cek Rating Affiliate TikTok

Cara Cek Rating Affiliate TikTok – Seperti diketahui, affiliate TikTok merupakan sebuah program kolaborasi penjual dan pengguna TikTok dalam hal penjualan sebuah barang. Dimana hasil kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan komisi kepada pengguna lain yang mempromosikannya.

Sama halnya seperti affiliator toko online pada umumnya, mereka akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian sudah ditetapkan sebelumnya karena berhasil mempromosikan sebuah produk. Adapun fitur affiliate TikTok sendiri tidak berada di aplikasi TikTok biasa, namun terdapat di dalam TikTok Seller.

Secara garis besarnya, akun TikTok Seller juga menyediakan alat khusus berupa insight untuk melihat performa akun bisnis yang menyajikan analisis terhadap setiap konten. Nah, salah satu hal yang bisa dimanfaatkan berkat hadirnya fitur tersebut yaitu melihat rating atau skor dari akun TikTok affiliate.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak affiliator TikTok di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui bagaimana tata cara mengeceknya. Meskipun demikian, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara cek rating affiliate TikTok milik sendiri ataupun orang lain.

Fungsi Rating Affiliate TikTok

Sebelum pembahasan poin utama mengenai tata cara cek rating affiliate TikTok lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian beserta fungsinya. Secara garis besarnya, rating affiliate pada TikTok ini dapat diartikan sebagai suatu penilaian terstandarisasi terhadap kemampuan seseorang dalam mempromosikan barang.

Hadirnya rating ini akan menjadikan sebagai salah satu acuan ketika ingin membandingkan siapa yang memiliki kemampuan lebih baik dalam mempromosikan suatu barang di TikTok. Adapun rating affiliate TikTok sendiri biasanya didapatkan oleh para pengguna TikTok lainnya pada saat melakukan review atau ulasan suatu produk.

Ketika mempunyai rating affiliate TikTok tinggi, maka akan ada sejumlah manfaat yang bisa seseorang dapatkan. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa fungsi maupun manfaat ketika mempunyai rating affiliate TikTok tinggi.

  • Meningkatkan awareness terhadap sebuah produk yang dipromosikan.
  • Mempunyai daya saing lebih tinggi.
  • Meningkatkan penjualan produk.
  • Menaikkan rangking toko atau produk yang dipromosikan.
  • Memberikan rasa percaya terhadap calon konsumen.

Cara Cek Rating Affiliate TikTok

Setelah memahami sekilas pengertian hingga fungsi dan manfaat memiliki rating tinggi pada affiliate TikTok, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana tata cara cek ataupun melihatnya. Seperti sudah diketahui, ketika menjadi affiliator TikTok, akan ada sejumlah keuntungan bisa didapatkan.

Bahkan, saat ini pendaftaran affiliate TikTok juga bisa dilakukan oleh semua pengguna tanpa minimal followers. Ketika sudah berhasil mendaftar dan menjadi affiliate TikTok, kalian harus rajin mempromosikan barang yang terdapat di dalam TikTok Shop agar rating semakin meningkat.

Secara garis besarnya, untuk saat ini tata cara mengecek rating affiliate TikTok bisa dilakukan pada situs ataupun website resmi TikTok Seller Center. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan penjelasan mengenai tata cara cek rating affiliate TikTok milik sendiri ataupun orang lain.

1. Buka TikTok Seller Center

Buka TikTok Seller Center

Langkah pertama, silahkan kunjungi TikTok Seller Center menggunakan smartphone, laptop maupun PC. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan terlebih dahulu kondisi jaringan internet di perangkat dalam keadaan stabil dan lancar.

2. Login Akun Affiliate TikTok

Login Akun Affiliate TikTok

Setelah masuk ke situs TikTok Seller Center, silahkan login menggunakan akun yang sudah terdaftar sebagai affiliator TikTok. Kalian bisa login menggunakan nomor HP ataupun alamat email yang terdaftar di affiliate TikTok.

3. Masuk Menu Affiliate Marketing

Masuk Menu Affiliate Marketing

Apabila sudah login ke dalam beranda akun affiliate TikTok, maka nantinya kalian akan disuguhkan berbagai macam fitur di halaman tersebut. Cara berikutnya yaitu masuk ke menu Affiliate Marketing di bagian bar atas layar.

4. Pilih Temukan Kreator

Pilih Temukan Kreator

Jika sudah masuk ke menu Affiliate Marketing, maka akan muncul kembali berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya ketika memantau kinerja affiliate TikTok. Untuk melihat atau mengecek rating affiliate TikTok, silahkan pilih opsi Temukan Kreator di bagian kiri layar.

5. Ketuk Marketplace Kreator

Ketuk Marketplace Kreator

Pada opsi Temukan Kreator ini juga akan terdiri dari beberapa sub menu, mulai dari Marketplace Kreator, Peringkat Kreator serta Riwayat Unggulan. Nah, karena disini kalian ingin mencari tahu bagaimana cara cek rating affiliate TikTok, silahkan ketuk opsi Marketplace Kreator.

6. Cari Affiliator TikTok

Cari Affiliator TikTok

Kemudian nantinya halaman akan menampilkan jendela baru yang memungkinkan penggunanya untuk mencari affiliator TikTok. Cara selanjutnya silahkan masukkan username akun affiliate TikTok yang ingin kalian cek ratting atau peringkatnya pada kolom yang sudah disediakan, entah itu akun milik sendiri ataupun orang lain.

7. Cek Rating Affiliate TikTok

Cek Rating Affiliate TikTok

Terakhir, maka nantinya secara otomatis akan muncul akun dengan detail rinci rating affiliate TikTok. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka tata cara cek rating affiliate TikTok berhasil dilakukan.

Tips Meningkatkan Rating Affiliate TikTok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara cek rating affiliate TikTok milik sendiri ataupun orang lain disertai fungsi hingga manfaatnya. Nah, sebagai informasi tambahan, di bawah ini juga akan kami berikan sejumlah tips ketika ingin meningkatkan rating affiliate TikTok.

  • Meningkatkan status promosi di media sosial.
  • Menarik banyak brand masuk untuk endorse.
  • Buat konten unik dan menari supaya masuk ke dalam FYP TikTok hari ini.
  • Menarik lebih banyak followers untuk mengikuti kalian.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari rsuddepatihamzah.com seputar tata cara cek rating affiliate TikTok milik sendiri dan orang lain dilengkapi dengan tips meningkatkan rating affiliate TikTok. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengecek rating affiliate TikTok milik sendiri maupun orang lain.

Sumber gambar : neilpatel.com, tim rsuddepatihamzah.com

Bagikan: