Cara Menjadi Konten Kreator Tiktok

Cara Menjadi Konten Kreator Tiktok – Mencari pekerjaan di lembaga atau kantoran saat ini mungkin sulitnya minta ampun. Bahkan saking tidak ada lowongan pekerjaan, banyak yang frustasi. Banyaknya lulusan tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia, membuat banyak lulusan yang menganggur.

Akan tetapi, bagi yang kamu frustasi, mengambil pekerjaan sebagai konten kreator tentu tidak ada salahnya. Apalagi di zaman serba digital ini, membuat pekerjaan di media sosial menggiurkan. Salah satunya di media sosial Tiktok. Tentu ada berbagai cara menjadi konten kreator Tiktok.

Bagi yang sudah mengenal dunia Tiktok, mungkin untuk cara menjadi konten kreator TikTok tidaklah sulit. Selain bisa membagikan hasil kreativitasmu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan harian, mingguan, atau bulanan. Bisa dikatakan penghasilan sebagai konten kreator lebih besar daripada pekerjaan kantoran.

Dari penghasilan yang cukup besar, tentu banyak yang tertarik bekerja di media sosial. Nah, di kesempatan kali ini Rsuddepatihamzah akan memberikan cara menjadi konten kreator TikTok dengan mudah dan cepat menghasilkan. Bagi kamu yang tertarik dengan pembahasan tersebut bisa ikuti ulasan di bawah ini.

Apa Itu Konten Kreator

Apa Itu Konten Kreator

Konten Kreator adalah sebutan bagi orang yang membuat berbagai materi konten di media sosial. Karya yang dihasilkan bisa berupa tulisan, video, gambar, suara, maupun gabungan dari beberapa karya tersebut. Sebutan ini bisa dikatakan sebagai pekerjaan secara individu atau kelompok.

Ada beberapa tempat media sosial yang menjadi tempat bekerja, seperti di Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, atau TikTok. Untuk kira-kira penghasilan sebagai konten kreator tergantung dari pribadi atau kelompok. Untuk pribadi biasanya yang sudah jadi bisa mencapai Rp. 2 juta hingga Rp. 10 juta. Sedangkan konten kreator secara kelompok atau perusahaan sekitar Rp. 2 juta hingga Rp. 4 juta.

Sedangkan konten kreator di TikTok,apabila memiliki jumlah followers 10 ribu, maka bisa mendapatkan sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000, apabila 100 ribu follower, maka bisa mendapatkan Rp. 500.000 hingga Rp. 750.000 per bulan. Gaji tersebut belum dari produk yang dijual atau endors. Biasanya lebih dari itu.

Beberapa Cara Menjadi Konten Kreator Tiktok

Beberapa Cara Menjadi Konten Kreator Tiktok

Dari hasil di atas, tentu sangat menggiurkan apabila ditekuni. Bisa jadi menjadi pekerjaan tetap. Selain mendapatkan gaji yang cukup besar, kamu juga bisa menjadi terkenal bahkan diundang di beberapa televisi. Apabila kamu tertarik dengan pekerjaan di media sosial, bisa ikuti cara ini menjadi konten kreator dari penulis.

1. Pilih Niche Konten

Langkah awal menjadi konten kreator adalah memilih jenis niche konten. Terdapat banyak sekali jenis konten yang bisa kamu pilih. Mulai dari kuliner, fashion, game, kacantikan, daily life, atau office life. Kamu bisa memilih sesuai dengan kesukaan atau hobi. Jika tidak memiliki hobi, maka kamu bisa pilih salah satunya yang sedang ramai dicari oleh banyak pengguna TikTok.

2. Pelajari Target Audience

Ketika sudah memilih niche konten, kamu bisa mempelajari targer audience. Pelajari apa niche konten yang kamu buat memenuhi kebutuhan pengguna atau tidak. Contohnya saja, konten yang kamu buat adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak hanya itu, jika video kamu kurang menarik, bisa memperbaiki kualitas kontennya dan memperluas kebutuhan audiens.

3. Ikuti Perkembangan TikTok

Media sosial adalah tempat dari banyak orang berinteraksi. Dari banyaknya pengguna, tentu tema di media sosial selalu berganti-ganti. Misalnya seperti musik yang digunakan, kemudian jenis kontennya, kamu perlu ikuti perkembangan dari media TikTok. Usahakan jika ada tren baru, kamu langsung menyesuaikan dengan isi konten.

4. Pahami Jam FYP TikTok

Di TikTok sendiri terdapat jam-jam FYP. Sebagai seorang konten kreator, kamu harus bisa meriset jam-jam kapan saja yang akan membuat video kamu ditonton banyak orang danm FYP. Biasanya untuk jam-jam FYP adalah jam di mana orang bersantai. Seperti, jam istirahat kantor, istirahat sekolah, pulang sekolah, dan lain-lain. Kamu bisa tulis jadwal jadwal FYP Tiktok sesuai dengan pengamatanmu.

5. Pelajari Teori Story Telling

Seorang konten kreator tidak jauh dari kemampuan Story Telling. Bagi kamu yang baru ingin menjadi kreator, harus bisa mempelajari lebih dulu mengenai teori Story Telling. Di mana story steling adalah kemampuan menceritakan sebuah cerita untuk seseorang. Ada kemampuan seperti penggunaan kata-kata, permainan suara, dan gerakan.

6. Pelajari TikTok Ads

Sebagai konten kreator, mempelajari Tiktok Ads juga penting. Apabila video yang dibuat lebih luas jangkauannya, kamu bisa gunakan fitur TikTok supaya hasil video dilihat banyak orang.

7. Buat Video yang Berkualitas

Kemudian, jangan lupa buat video yang berkualitas. Maksudnya berkualitas, seperti pencahayaan, kejernihan video, suara jelas, dan lain sebagainya. Apabila alat-alat konten kreator kamu belum cukup, kamu bisa gunakan berbagai aplikasi edit video yang ada di PlayStore.

8. Pelajari Berbagai Fitur Di TikTok

Selanjutnya, sebagai konten kreator TikTok kamu harus bisa mempelajari berbagai fitur di Tiktok. Upaya ini dilakukan agar kamu bisa memanfaatkannya untuk kontenmu. Seperti fitur edit video, jangkau luas, atau lain-lainnya.

9. Buat Video yang Berbeda

Selain harus membuat video konten yang berkualitas, kamu juga perlu membuat video yang berbeda dari karya konten kreator lainnya. Fungsinya adalah supaya nantinya kamu dianggap lebih kreatif dari orang lain dan menghadirkan jenis video yang baru.

10. Konsisten Unggah Konten

Setelah mempelajari semua ilmu di atas, jangan lupa juga konsisten unggah konten. Bagi kamu yang baru memulai, usahakan unggah video minimal 1 hari 1 video. Hal ini sangat penting untuk menarik follower atau jumlah views video.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tutorial mengenai cara menjadi konten kreator TikTok versi rsuddepatihamzah.com. Semoga dengan adanya ulasan di atas, bisa memberikan bantu kepada teman-teman supaya mendapatkan pekerjaan tambahan melalui media sosial.

Sumber Gambar : Admin rsuddepatihamzah.com

Bagikan: