Cara Mengecek Resi JT Express

Cara Mengecek Resi J&T Express – Memilih menggunakan J&T ketika ingin melakukan pengiriman barang / paket sekarang banyak dipilih masyarakat. Bukan semata karena tarif pengiriman yang ditawarkan tergolong murah, namun pelayanan yang diberikan J&T kepada pelanggan juga terbilang bagus.

Untuk menggunakan J&T Express, setidaknya bukan hanya bisa dilakukan secara mandiri dengan mendatangi kantor J&T terdekat / memanggil kurir (pick up) untuk mengambil barang. Namun kita juga bisa menggunakan layanan J&T Express ketika belanja online di beberapa marketplace.

Mengingat J&T sebagai salah satu perusahaan ekspedisi ternama, sekarang sudah memiliki mitra cukup banyak, termasuk Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya. Dimana baik itu pengiriman secara manual ataupun melalui layanan eCommerce, J&T Express akan selalu memberikan resi kepada pelanggan.

Dimana resi tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengetahui status paket dan lokasi paket sudah sampai dimana. Namun untuk memanfaatkan resi tersebut, kamu sebagai pengguna juga perlu tahu bagaimana cara mengecek resi J&T Express. Oleh karena itu di bawah ini rsuddepatihamzah akan bagikan beberapa panduan cek resi J&T online / offline.

Tentang Resi J&T

Tentang Resi JT

Tanpa perlu kami jelaskan secara rinci, kemungkinan besar ketika mendengar istilah resi J&T kamu sudah paham apa sebenarnya itu. Meskipun begitu, untuk membuat kamu bisa lebih mudah memahami penjelasan tentang cara mengecek resi J&T Express ini.

Tidak ada salahnya apabila disini kami juga jelaskan secara singkat tentang apa itu resi J&T atau bisa juga disebut dengan struk pengiriman paket J&T.

Sederhananya nomor resi merupakan sebuah kombinasi angka & huruf yang disusun sedemikian rupa sebagai nomor identitas dari paket / barang sedang dikirim. Umumnya nomor resi J&T sendiri akan terlihat unik bila dibandingkan dengan jenis kombinasi lainnya.

Dan penting untuk kamu ketahui, nomor resi J&T sendiri biasanya terdiri dari 12 digit karakter. Dimana pada penggunaannya,ada banyak variasinya mulai dari bentuk 12 digit yang tersusun hanya dari angka saja ada juga yang memakai gabungan antara angka dan huruf

Khusus untuk resi J&T yang menggunakan kombinasi huruf dan angka, umumnya akan tersusun dari 2 digit merupakan huruf (bagian depan) dan sisanya yakni 10 digit di belakangnya merupakan angka unik & tidak akan pernah sama dengan resi paket J&T lainnya.

Jenis Layanan Pengiriman J&T Express

Bicara tentang cara mengecek resi J&T Express, mungkin ada banyak pelanggan bertanya apakan setiap layanan dimiliki J&T punya cara sama ketika cek resi?. Secara garis besar sama, karena pada dasarnya sistem tracking dipakai J&T sendiri berdiri dalam 1 induk sama.

Namun bila kita bicara tentang layanan, tentu saja hampir sama seperti perusahaan ekspedisi lainnya. J&T Express juga punya cukup banyak layanan unggulan yang bisa diandalkan setiap pengguna ketika ingin memakai jasa pengiriman mereka. Dan berikut ini adalah beberapa jenis layanan dimiliki J&T Express.

1. J&T EZ (Reguler)

Jenis layanan paling banyak digunakan masyarakat ketika memilih menggunakan J&T ketika mengirim barang adalah EZ. Ini karena EZ merupakan layanan reguler yang cukup mudah digunakan.

Selain itu ongkos kirim ditawarkan pun tergolong murah dan sudah menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, estimasi waktu sampai ketika menggunakan layanan J&T EZ sendiri yakn 2-7 hari kerja.

2. J&T ECO (Ekonomi)

Bila dibandingkan dengan J&T EZ merupakan jenis layanan pengiriman reguler, J&T Ekonomi atau ECO merupakan jenis layanan termurah dimiliki ekspedisi ini. Sebanding dengan tarif yang ditawarkan, estimasi waktu sampai lebih lama yakni sekitar 7 – 17 hari kerja.

Selain itu ketika memilih menggunakan jenis layanan ini. Kamu juga harus tahu kalau J&T Ekonomi hanya terbatas di pulau jawa dengan pengiriman ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi & Bali. Jadi area jangkauannya tak seluas J&T EZ.

3. J&T Superย 

Apabila kamu sedang mencari layanan J&T dengan kecepatan baik karena membutuhkan waktu sampai hanya 1 – 3 hari kerja. J&T Express juga punya satu jenis layanan bisa diandalkan yakni J&T Super.

Pun begitu, sebanding dengan kualitas layanannya. Untuk dapat menggunakan layanan ini kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam karena tarif per kilonya mahal. Selain itu layanan ini juga hanya menjangkauย Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi & Batam saja.

Tujuan Mengecek Resi J&T Express

Ada banyak alasan bisa dilontarkan para pengguna J&T disaat mereka ingin mengecek resi J&T Express. Beberapa di antaranya seperti:

  • Untuk mengetahui status paket apakan sudah dikirim / belum oleh pengirim.
  • Untuk mengetahui paket sudah sampai dimana.
  • Untuk dapat mengetahui terjadi kenadala pada proses pengiriman paket / tidak.
  • dll.

Dari beberapa tujuan tersebut, mungkin salah satu paling banyak dilakukan adalah mengetahui status paket sudah sampai dimana. Dan menariknya ketika kamu ingin mengecek resi J&T, sekarang ini ada banyak cara bisa dipakai.

Baik itu cara mengecek resi J&T Express lewat online menggunakan aplikasi mobile / website di PC maupun mengecek langsung secara offline di kantor J&T Express terdekat.

Cara Mengecek Resi J&T Express

Cara Cek Resi JT Express

Dan bicara mengenai cara mengecek resi J&T Express, setidaknya hampir sama seperti perusahan ekspedisi pada umumnya. J&T juga memiliki beberapa metode / cara yang dapat digunakan untuk melacak paket / status resi tersebut, baik secara online maupun offline.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa metode / langkah cara cek resi J&T online / offline tersebut. Berikut ini adalah panduan lengkap cara bisa kamu pakai.

Cek Resi J&T Express di Aplikasi HP

Cara pertama dapat kamu pakai untuk melacak resi J&T Express yaitu menggunakan aplikasi J&T yang disediakan pihak J&T untuk para pengguna android maupun iPhone. Jadi buat yang ingin menggunakan metode ini, silahkan download & instal aplikasi J&T berikut ini lebih dulu.

Setelah berhasil mendownload & menginstal aplikasi J&T di HP masing-masing, berikut ini adalah langkah perlu kamu lakukan.

  • Buka aplikasi J&T dan pastikan sudah memakai versi aplikasi terbaru yang disediakan di Play Store / App Store.
  • Kemudian di halaman depan silahkan tap bagian kolom tracking awb seperti pada gambar di bawah ini.
Pilih Kolom Resi
  • Lalu masukkan kode / nomor resi J&T yang ingin kamu cek.
Masukkan Nomor Resi
  • Setelah itu silahkan klik tombol check tepat di bagian bawah nomor resi tersebut.
Klik Check
  • Maka hasil tracking resi J&T pun akan terlihat seperti berikut ini.
Hasil Tracking Resi JT di Aplikasi Terlihat

Image Source: admin rsuddepatihamzah.com

Mengecek Resi J&T di PC (Website)

Sama halnya dengan cara mengecek resi J&T Express menggunakan aplikasi di HP, kamu juga bisa cek resi J&T Express menggunakan situs resmi tracking resi yang dimiliki oleh pihak J&T. Tanpa panjang lebar lagi, berikut langkah demi langkahnya.

Buka Situs Tracking JT
  • Kemudian masukkan nomor resi yang ingin kamu lacak seperti pada gambar berikut ini.
Input Nomor Resi
  • Setelah itu silahkan klik tombol search yang tepat ada di bagian bawahnya.
  • Lalu untuk dapat membaca hasil tracking, silahkan masukkan kode captcha yang muncul dan klik tombol Verification.
Masukkan Kode Captcha
  • Maka secara otomatis hasil tracking resi pun terlihat hasilnya.
Hasil Tracking Muncul

Cek Resi J&T Express Offline

Image Source: admin rsuddepatihamzah.com

Kemudian cara mengecek resi J&T terakhir yang bisa kamu pakai yakni dengan memanfaatkan keberadaan kantor / gerai J&T yang ada di wilayah kamu. Meskipun secara garis besar nantinya petugas juga akan menggunakan metode online.

Namun bila dilihat dari sisi prosesnya, kita hanya perlu melakukan semua itu dengan cara offline yakni dengan mengunjungi kantor tersebut dan meminta bantuan kepada petugas yang sedang bekerja.

  • Pertama siapkan nomor resi yang akan kamu cek.
  • Lalu silahkan kunjungi / datangi kantor / gerai J&T terdekat di wilayah kamu.
  • Beritahu bahwa kamu akan cek resi kepada petugas.
  • Berikan nomor resi yang akan di lacak untuk di proses oleh petugas.
  • Nantinya kamu akan diberitahu status paket dengan mengacu pada hasil tracking yang keluar pada sistem J&T Express tersebut.

Akhir Kata

Kiranya seperti itulah model / metode cara mengecek resi J&T Express yang bisa resuddepatihamzah.id kali ini bagikan dan jelaskan. Yang jelas buat kamu pengguna J&T Express, kamu tak perlu khawatir kesulitan tracking resi karena metode yang bisa dipakai ada cukup banyak.

Bagikan: