Resep Ayam Kentucky Renyah Tahan Lama

Resep Ayam Kentucky Renyah Tahan Lama – Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu makanan ini, ya Ayam Kentucky. Cara membuat makanan populer satu ini sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja terkadang hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Dimana kriuk yang dihasilkan kurang gurih serta tidak tahan lama.

Sebenarnya untuk membuat ayam Kentucky renyah tahan lama ini memiliki beberapa tips agar tampilan dan rasa yang dihasilkan tidak berbeda jauh dengan KFC. Untuk itu di pertemuan kali ini kami akan bahas secara lengkap mengenai resep ayam Kentucky renyah tahan lama dan beberapa tips yang wajib kalian ketahui nantinya.

Kreasi olahan ayam kekinian memang cukup banyak diminati oleh kalangan masyarakat, bukan hanya Kentucky saja, namun beberapa olahan ayam lain seperti Chicken Katsu, Chicken Popcorn, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kreasi olahan ayam yang cukup mudah dibuat ya Kentucky ini.

Kalian para ibu rumah tangga juga bisa membuat olahan ayam Crispy satu ini, yang mana bisa menjadi referensi ide jualan untuk menambah penghasilan di setiap harinya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkap yang telah rsuddepatihamzah.com siapkan berikut ini.

Resep Ayam Kentucky Renyah Tahan Lama

Di pembahasan pertama kami akan langsung membahas mengenai resep ayam Kentucky renyah tahan lama. Disini kalian tentu harus menyiapkan beberapa bahan-bahan, baik bahan utama, bumbu dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mari simak resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan Utama

  • 800-1000 gram ayam bagian paha atau dada, potong sesuai selera
  • 1 butir telor, tambahkan sejumput garam, kocok lepas
  • 250 ml air es
  • 1 sdt Baking soda

Bahan Bumbu

  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk atau butiran
  • 1 ruas jahe
  • 2 blok kaldu ayam
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 3 buah cabe merah
  • 1 ruas kunyit

Bahan Pelapis

  • 450 gram terigu Cakra (protein tinggi)
  • 150 gram maizena
  • 2 sdt bubuk cabe merah (untuk rasa pedas)
  • Kaldu bubuk atau garam secukupnya
  • 1 sdt bubuk basil
  • 1 sdt bubuk oregano
  • 1 sdt bubuk lada

Cara Membuat

  1. Langkah pertama kalian bisa aduk bahan pelapis hingga tercampur rata, sisihkan.
  2. Kemudian cuci bersih ayam, lalu campur dengan Bahan bumbu yang sudah dihaluskan, masukan ke kulkas semalaman agar bumbu meresap. Jika ingin lebih singkat bisa cukup 3-5 jam saja.
  3. Langkah berikutnya siapkan buat bahan celupan, caranya air es di bahan utama kita campur dengan 5 sdm campuran dari bahan pelapis. Tambahkan juga Soda kue dari bahan utama. Sisihkan atau simpan di kulkas dulu agar tetap dingin sehingga lebih menempel maksimal.
  4. Keluarkan ayam dari kulkas, tambahkan kocokkan telor di bahan utama, aduk rata. Kemudian balurkan ayam pada tepung pelapis (bahan bumbu tadi), lalu kibas-kibas ayam, celup sebentar dalam air es, balurkan lagi dalam tepung pelapis sambil dicubit-cubit agar tepung menempel dan jadi kribo nantinya, lakukan hingga habis.
  5. Agar hasil renyah, waktu proses dilapisi tepung ke bahan pelapis usahakan tepat di waktu sesaat mau masuk ke penggorengan berikutnya, baru proses remas atau dicubit-cubit. Dengan begitu ayam tepungnya tidak terlalu lama menunggu. Karena jika terlalu lama didiamkan nantinya hasil bisa menjadi keras.
  6. Goreng ayam dengan minyak dalam, goreng hingga matang kuning kecokelatan, jangan sering dibolak-balik agar tidak menyerap minyak.
  7. Tekstur daging ayam di dalamnya bisa matang sempurna, asalkan waktu menggorengnya menggunakan teknik deep fry (banyak minyak) dan pakai api sedang cenderung kecil.

Tips Agar Ayam Kentucky Renyah Tahan Lama

Ada beberapa tips yang bisa kalian praktikan ketika membuat ayam kentucky ini. Dengan mengikuti tips yang kami berikan, bisa dipastikan olahan ayam yang kalian buat akan menjadi renyah dan Crispy serta tahan lama.

1. Gunakan Air Es

Pertama kalian bisa menambahkan air es pada adonan tepung basah. Air es diklaim mampu menjadikan hasil Kentucky menjadi lebih renyah dan crispy serta tahan lama.

2. Tambahkan Baking Soda

Baking soda dibutuhkan untuk membuat tepung tidak keras atau alot setelah digoreng. Selain itu baking soda juga mampu memberikan udara di dalam tepung sehingga lebih renyah dan empuk ketika disantap. Penambahan baking soda juga tidak perlu terlalu banyak, umumnya satu sendok teh pada satu kilogram daging ayam.

3. Marinasi Semalaman

Untuk bumbu lebih meresap ke dalam daging, kalian bisa lumuri ayam dengan bumbu lalu marinasi atau diambkan semalaman agar bumbu lebih meresap. Setelah itu, dalam keadaan dingin bisa kalian goreng.

4. Lakukan Penepungan Saat Akan Digoreng

Proses melapisi tepung pada ayam sebaiknya dilakukan setelah ayam dikeluarkan dari kulkas dan langsung dimasukkan ke dalam minyak panas. Jangan tunggu lama, ketika dibalut tepung lebih dulu kemudian baru menyalakan api, maka biasanya hasilnya akan terlalu keras dan tidak krispi.

5. Goreng dalam Minyak Banyak

Tips terakhir adalah goreng dalam minyak banyak. Memang hal ini akan lebih boros dalam penggunaan minyak, akan tetapi dari segi hasil dan rasa ini akan semakin maksimal. Goreng dalam minyak banyak sampai ayam tenggelam dan jangan buru-buru dibalik, tunggu sampai benar-benar matang di satu sisi baru setelahnya dibalik.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai Resep Ayam Kentucky Renyah Tahan Lama yang bisa kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan: