Cara Mengatasi Masakan Keasinan

Cara Mengatasi Masakan Keasinan – Garam menjadi salah satu bumbu masakan yang sangat penting. Namun terkadang setiap orang kerap kurang teliti ketika memasak, dimana mereka kerap membumbui masakan dengan garam yang terlalu banyak sehingga masakan tersebut terasa asin. Jika masakan keasinan tentu akan mengurangi rasa dari masakan itu sendiri. Untuk itu, mencicipi sebuah masakan sebelum dihidangkan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Jika kalian memasak dan rasanya terlalu keasinan, kalian tidak perlu khawatir dan jangan bur-buru dibuang masakan tersebut karena akan mubazir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rasa asin di masakan tersebut menjadi berkurang dan rasa masakan kembali enak. Ada beberapa cara mengatasi masakan keasinan yang bisa kalian ketahui disini. Bahan yang diperlukan untuk mengatasi masakan yang keasinan ini bisa menggunakan kentang, air, gula atau beberapa bahan lainnya yang tentu mudah didapatkan.

Salah satu bahan penting untuk membuat masakan yang asin menjadi normal adalah dengan menggunakan kentang. Penting diketahui disini bahwa kentang mampu menyerap kandungan garam yang ada di masakan tersebut. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu memotong kentang menjadi beberapa bagian dan kemudian masukkan ke masakan. Biarkan sampai kentang berubah warna dan kemudian angkat lalu cicipi kembali masakan tersebut, biasanya rasa asin akan lebih berkurang. Dan jika masih terlalu asin, kalian bisa menambahkan air sedikit.

Selain kentang dan juga air, ada beberapa bahan-bahan lainnya yang bisa mengatasi rasa asin pada masakan. Beberapa bahan-bahan tersebut juga biasanya tersedia di dapur dan bisa didapatkan dengan mudah di pasar atau di warung-warung sayuran di daerah kalian. Baiklah tanpa berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap cara mengatasi masakan keasinan yang telah rsuddepatihamzah.com siapkan berikut ini.

Cara Mengatasi Masakan Keasinan

Pada pembahasan pertama disini kami akan langsung membahas mengenai topik utama di pertemuan kali ini, yakni tips dan cara mengatasi masakan keasinan. Memang sudah menjadi hal umum ketika memasak dan rasa masakan terlalu asin. Hal ini juga sudah pasti banyak dialami oleh para ibu rumah tangga ketika memasak. Namun tidak sedikit diantara mereka yang mengetahui bahwa ada beberapa bahan yang mampu mengatasi rasa asin berlebih pada masakan yang dibuat. Baiklah untuk lebih jelasnya kalian dapat simak cara mengatasi masakan keasinan berikut ini.

1. Kentang

Bahan pertama yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan rasa asin berlebih pada masakan adalah kentang. Trik satu ini dinilai jitu untuk mengatasi masalah asin berlebih pada masakan yang kalian buat. Caranya gampang, kalian hanya perlu memotong kentang menjadi beberapa bagian dan kemudian masukkan ke masakan tadi. Biarkan kentang sampai berubah menjadi transparan. Kalian bisa mengoreksi rasa lebih dulu, jika dirasa sudah pas, kalian bisa mengeluarkan potongan kentang tersebut dan angkat masakan lalu sajikan.

2. Air

Untuk cara mengatasi masakan keasinan kedua adalah dengan menuangkan air ke masakan tersebut. Jika masakan yang kalian buat berkuah seperti opor, rendang atau sop, kalian bisa menambahkan air ke masakan tersebut. Namun dengan catatan, jangan didihkan kembali kuah yang sudah kalian tambahkan air, karena ini akan membuat masakan tetap asin.

Ada baiknya ketika menuangkan air, kalian bisa menuangkannya dengan perlahan sembari mengoreksi rasanya. Memasukkan langsung dalam jumlah banyak malah justru akan menyulitkan kalian, karena bisa jadi masakan akan hambar dan akhirnya terpaksa harus membumbui ulang.

3. Gula

Tips ketiga kalian juga bisa memanfaatkan gula untuk mengurangi rasa asin pada masakan. Kalian bisa memasukkan gula putih atau gula merah atau bisa juga pemanis seperti sirup untuk melawan rasa asin. Manis dan asin adalah kombinasi rasa klasik karena kemampuan gula untuk menyeimbangkan rasa asin dalam makanan.

4. Krim

Selain menggunakan beberapa bahan-bahan diatas, kalian juga bisa menggunakan krim atau susu ke dalam masakan yang keasinan. Ada beberapa masakan yang cocok jika ditambahkan krim/susu, misalnya sup krim jagung atau lainnya.

5. Asam

Lalu untuk cara mengatasi masakan keasinan berikutnya adalah dengan asam. Kalian bisa menambahkan bahan seperti asam, jus lemon, air jeruk nipis atau cuka sari apel ke masakan yang asin untuk membantu menetralkan rasa asin. Produk tomat seperti saus tomat, pasta tomat juga bisa digunakan karena tomat bersifat asam.

Diatas ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa mengatasi masakan keasinan. Namun kalian juga harus mengetahui mana yang cocok untuk mengurangi rasa asin di setiap jenis masakan yang kalian buat. Untuk kentang, kalian bisa menggunakannya di berbagai jenis masakan. Dan bahan ini yang paling banyak digunakan untuk mengurangi asin berlebih pada masakan.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara mengatasi masakan keasinan dengan bahan mudah didapat. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan: