Resep Telur Barendo

Resep Telur Barendo – Seperti diketahui di warung tegal alias warteg, telur dadar sudah pasti menjadi salah satu jenis makanan favorit. Dimana telur dadar warteg umumnya disajikan tipis dengan ukuran cukup lebar hampir selebar piring serta pinggiran keriting yang krispi dan gurih.

Selain harganya murah, telur dadar warteg tersebut juga enak serta mengenyangkan, terlebih lagi jika disajikan dengan sayur sop, sambal dan nasi putih yang hangat. Nah, buat kalian yang ingin mencoba nikmatnya telur dadar di rumah, mungkin telur barendo menjadi rekomendasi paling tepat.

Secara garis besarnya, telur barendo atau juga bisa disebut dengan talua barendo atau telur barenda merupakan sebuah masakan olahan telur unik dan enak dari Padang. Olahan telur tersebut mempunyai serabut-serabut yang hampir mirip renda sehingga menghadirkan kenikmatan tersendiri.

Apabila diantara kalian berencana ingin mencoba memasak olahan telur tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana resepnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai resep telur barendo khas Padang disertai tips membuatnya.

Seputar Telur Barendo

Sebelum pembahasan poin utama mengenai resep telur barendo khas Padang lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan di awal, telur dadar barendo ini memiliki nama asli talua barendo yang sering juga disebut dengan telur dadar krispi atau telur brekele.

Adapun menu telur barendo sendiri sebenarnya sering kalian jumpai di warung makan pinggir jalan hingga rumah makan Padang. Alasan kenapa olahan telur tersebut disebut sebagai barendo yaitu karena telur dadar khas Padang tersebut terlihat mengembang, gurih, crispy serta membentuk tekstur keriting mirip renda-renda di bagian pinggirnya.

Memang benar bahwa terdapat cara masak serta teknik khusus supaya bisa membentuk tekstur berenda pada telur barendo. Meskipun demikian, kalian masih tetap bisa membuat telur barendo sendiri di rumah apabila memahami resep olahannya, mulai dari bahan hingga cara membuatnya.

Resep Telur Barendo

Resep Olahan Telur Barendo

Setelah memahami sekilas pengertian telur barendo, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana dan apa saja resep olahannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, alasan kenapa sajian makanan favorit banyak orang ini disebut sebagai barendo yaitu karena mempunyai serabut-serabut mirip renda di bagian pinggirnya.

Adapun tata cara membuat telur barendo sendiri sebenarnya terbilang cukup praktis dan simpel, sama seperti saat ingin membuat sayur asem. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai resep olahan telur barendo khas Padang mulai dari bahan-bahan hingga cara membuatnya.

Bahan-Bahan

Ketika hendak membuat telur barendo, tentunya kalian juga harus memahami apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan. Adapun sejumlah bahan yang dibutuhkan ketika ingin membuat olahan resep telur barendo khas Padang tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • 3 butir telur.
  • 1 batang daun bawang.
  • 1 siung bawang merah.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk.
  • 1 sendok teh cabai bubuk (jika tidak ada, biasa menggunakan cabai rawit).
  • Minyak goreng secukupnya (300 – 350 ml).

Cara Membuat

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan bahan untuk membuat olahan telur khas Padang tersebut, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana cara membuatnya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik resep membuat telur barendo khas Padang di bawah ini.

  1. Langkah pertama, iris tipis daun bawang dan bawang merah.
  2. Kemudian pecahkan telur di dalam mangkuk.
  3. Jika sudah, campur telur tersebut dengan semua bumbu iris.
  4. Cara selanjutnya masukkan cabai bubuk atau cabai rawit, garam serta kaldu bubuk ke dalamnya.
  5. Lalu kocok telur hingga semua bahan tercampur rata dan berbusa.
  6. Siapkan panci dan tuangkan minyak goreng setengah dari isi panci kemudian panaskan.
  7. Apabila sudah panas, tuangkan adonan telur ke dalam panci dengan jarak cukup jauh di atas secara sedikit demi sedikit dengan gerakan memutar. Tujuannya yaitu agar bisa menciptakan hadil berenda nantinya. Sebab, jika dituang sekaligus, maka telur dadar tidak akan berenda.
  8. Nantinya telur barendo akan mengapung sendiri ke atas dan menjadi satu ketika digoreng.
  9. Silahkan aduk-aduk sesekali agar matangnya merata.
  10. Apabila satu sisi telur barendo sudah berwarna kecokelatan krispi, silahkan dibalik.
  11. Tahap selanjutnya tinggal angkat dan iriskan.

Tips Membuat Telur Barendo

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sekilas pengertian hingga resep telur barendo, mulai dari persiapan bahan sampai cara membuatnya. Dapat dikatakan bahwa membuat telur barendo khas Padang tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Apabila kalian menginginkan kesan krispi dari telur barendo, maka sebaiknya hidangkan dalam keadaan hangat. Selain itu, untuk membuatnya semakin menarik dan unik ketika disajikan, berikut akan kami berikan beberapa tips dan trik membuat telur barendo.

  • Buat adonan telur menjadi lebih pedas dengan cara menambahkan rajangan 3 cabe rawit dan 1 cabe merah keriting.
  • Penggunaan jenis telur tidak harus selalu telur ayam, namun juga bisa menggunakan telur bebek.
  • Takaran penggunaan minyak goreng harus banyak, sebab jika minyak sedikit, maka telur nantinya akan menjadi gimbal dan terlihat berminyak.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari rsuddepatihamzah.com seputar resep telur barendo khas Padang yang krispinya bikin nagih mulai dari persiapan bahan hingga cara membuatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat olahan telur menjadi telur barendo.

Sumber gambar : cookpad.com, fimela.com

Bagikan: