Biaya Kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan

Biaya Kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan – Bagi masyarakat Kota Medan dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN). Dimana universitas dengan akreditasi B tersebut menyediakan program studi jenjang S1 dan S2 untuk para peserta didiknya.

Melansir dari situs resminya, pada awal berdirinya Universitas HKBP Nommensen Medan, mereka hanya memayungi 3 fakultas saja, yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi dan Teologi. Namun, seiring berjalannya waktu, kampus tersebut telah menyelenggarakan 10 fakultas kepada para siswanya.

Seperti halnya kampus pada umumnya, setiap tahun ajaran baru pastinya Universitas HKBP Nommensen Medan membuka kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya. Akan tetapi, tentunya mereka harus memenuhi semua syarat dan ketentuan dari pihak kampus UHN.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin mendaftarkan diri di Universitas HKBP Nommensen Medan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu persyaratannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan semua fakultas dan program studi.

Program Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa program pendidikannya. Seperti sudah dijelaskan di awal, kini universitas tersebut menawarkan dua jenjang pendidikan kepada para peserta didiknya, yaitu program sarjana (S1) dan pascasarjana (S2).

Jadi, nantinya para mahasiswa diperbolehkan untuk memilih fakultas dan program studi di Universitas HKBP Nommensen Medan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan masing-masing. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa daftar fakultas yang terdapat di Universitas HKBP Nommensen Medan.

  • Fakultas Ekonomi & Bisnis.
  • Fakultas Hukum.
  • Fakultas Pertanian.
  • Fakultas Peternakan.
  • Fakultas Teknik.
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik.
  • Fakultas Psikologi.
  • Fakultas Kedokteran.
  • Fakultas Bahasa & Seni.
  • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan.

Syarat Masuk Kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan

Selain harus membayar biaya kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan, maka tentunya kalian juga harus memahami sejumlah syarat beserta ketentuan pendaftarannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik syarat dan ketentuan masuk kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan.

  • Calon mahasiswa lulusan SMA/SMK sederajat.
  • Calon mahasiswa Fakultas Kedokteran adalah lulusan SMA/MA jurusan IPA.
  • Calon mahasiswa Fakultas Pertanian (program studi Agroekoteknologi, Teknologi & Hasil Pertanian) merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK/MAK Pertanian.
  • Calon mahasiswa Fakultas Pertanian (program studi Agribisnis) adalah lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS dan SMK/MAK Pertanian.
  • Calon mahasiswa Fakultas Peternakan merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA, IPS dan SMK/MAK Pertenakan.
  • Calon mahasiswa Fakultas Teknik merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK/MAK Teknik.
  • Calon mahasiswa Fakultas Ekonomi, Hukum, Psikologi, Bahasa & Seni, Ilmu Sosial & Politik atau Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA, IPS dan SMK/MAK.
  • Syarat dokumen khusus Fakultas Kedokteran:
    • Pasfoto 4×6 sebanyak 6 lembar.
    • Fotokopi STTB/STK dan Daftar Nilai Terakhir sebanyak 1 lembar.
    • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dan lulus seleksi.
    • Daftar Riwayat Hidup.
  • Seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas HKBP Nommensen Medan meliputi tes akademik (standar SBMPTN) serta pemeriksaan kesehatan.

Cara Daftar Kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan

Seperti halnya pendaftaran kuliah di Universitas Bandar Lampung, saat ini pendaftaran calon mahasiswa baru di Universitas HKBP Nommensen Medan juga sudah bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu offline dan online. Dimana pendaftaran offline bisa dilakukan dengan cara mengunjungi Universitas HKBP Nommensen Medan secara langsung.

Sementara pendaftaran calon mahasiswa baru di Universitas HKBP Nommensen Medan secara online bisa dilakukan melalui situs resminya di https://pmb.uhn.ac.id. Nantinya calon peserta didik akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran atau registrasi sesuai dengan data diri masing-masing.

Setelah pendaftaran diterima, nantinya calon mahasiswa juga akan diwajibkan untuk mengikuti tes seleksi atau ujian masuk sesuai dengan jadwal dari pihak Universitas HKBP Nommensen Medan. Setelah dinyatakan lulus tes seleksi, maka mereka nantinya akan diminta untuk melakukan daftar ulang dan membayar semua biaya selama kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan.

Biaya Kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan

Setelah memahami beberapa syarat dan ketentuan hingga pendaftaran mahasiswa baru di Universitas HKBP Nommensen Medan untuk semua program studi, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar biaya pendidikannya. Dimana nantinya besaran biaya kuliah di UHN Medan tersebut akan dibedakan menjadi beberapa kategori.

Sementara untuk uang kuliah tunggal (UKT) tahun pertama mahasiswa juga nantinya akan ditentukan berdasarkan program studi yang mereka pilih. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan untuk semua fakultas dan program stuudinya.

Biaya Registrasi

Pada saat pertama kali calon mahasiswa mendaftarkan diri di Universitas HKBP Nommensen Medan, mereka diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran atau biaya registrasi kuliah sebesar Rp 300.000 untuk semua program studi. Selain itu, calon mahasiswa juga akan diminta untuk membayar biaya USM (Ujian Saringan Masuk) sebesar Rp 250.000 untuk seluruh fakultas dan Rp 1.000.000 khusus Fakultas Kedokteran.

Kemudian peserta didik yang nantinya dinyatakan lulus oleh pihak Universitas HKBP Nommensen Medan juga akan diminta untuk membayar uang jaket almamater semua program studi sebesar Rp 250.000. Terakhir, terdapat juga Biaya Operasional Pendidikan untuk semua program studi kecuali Fakultas Kedokteran sebesar Rp 3.925.000.

Biaya Pendidikan

Selain biaya registrasi mahasiswa baru, para peserta didik juga nantinya akan diminta untuk membayar uang kuliah tahun pertama sesuai dengan program studinya masing-masing. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik biaya pendidikan selama kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan berikut ini, entah itu untuk jenjang S1 maupun S2.

Program StudiUang Kuliah Tahun Pertama
Pendidikan FisikaRp 8.057.000
Pendidikan Bahasa IndonesiaRp 8.239.000
Pendidikan Bahasa InggrisRp 8.239.000
Pendidikan PPKn/PancasilaRp 7.875.000
Pendidikan EkonomiRp 8.057.000
Pendidikan MatematikaRp 7.966.000
Pendidikan Agama KristenRp 7.966.000
Administrasi NiagaRp 7.433.000
Administrasi NegaraRp 7.433.000
Teknik SipilRp 9.921.000
Teknik MesinRp 9.651.000
Teknik ElektroRp 10.326.000
Produksi TernakRp 8.041.000
AkuntansiRp 9.349.000
ManajemenRp 9.349.000
Ekonomi PembangunanRp 8.827.000
Administrasi PerpajakanRp 8.027.000
Ilmu HukumRp 8.353.000
AgroekoteknologiRp 8.127.000
AgrobisnisRp 8.127.000
Teknologi Hasil PanganRp 8.127.000
Seni MusikRp 10.191.000
Bahasa InggrisRp 8.237.000
PsikologiRp 8.351.500
Pendidikan DokterRp 260.550.000
Magister ManajemenRp 15.000.000
Magister Pendidikan Bahasa InggrisRp 13.500.000
Magister Ilmu AdministrasiRp 11.300.000
Magister Ilmu HukumRp 13.500.000
Magister Pendidikan MatematikaRp 11.500.000

Catatan : Besaran biaya masuk kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak yayasan yang mengelolanya.

Call Center Universitas HKBP Nommensen Medan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya kuliah di Universitas HKBP Nommensen Medan untuk semua fakultas dan program studi disertai syarat beserta cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Universitas HKBP Nommensen Medan melalui beberapa call center di bawah ini.

  • Telepon : (061) 4522922, 4522831, 4565635
  • Fax : 4571426
  • Email : humas@uhn.ac.id

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari rsuddepatihamzah.com seputar besaran biaya kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan untuk semua fakultas dan program studi dilengkapi dengan syarat beserta cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri di Universitas HKBP Nommensen Medan.

Sumber gambar : facebook.com

Bagikan: