Syarat Pencairan PIP di Bank BRI

Syarat Pencairan PIP di Bank BRI – Pendidikan, bisa kita katakan ini merupakan modal dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk membuka peluang yang lebih besar dalam berkarir kedepannya. Maka dari itu pendidikan menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Selain pemerintah lewat Kemdikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi). Tidak bisa kita pungkiri banyak sekali lembaga nasional yang begitu memperdulikan sektor pendidikan untuk masyarakat Indonesia, salah satu di antaranya adalah Bank BRI.

Secara tidak langsung, sebuah lembaga keuangan terbaik dan terbesar di Indonesia ini memiliki perhatian besar terhadap pendidikan tanah air. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya program yang dilakukan BRI untuk membantu memberantas kurangnya pendidikan tanah air.

Salah satu langkah yang belum lama ini diambil oleh BRI untuk mewujudkan masyarakat dengan SDM baik adalah merilis program PIP (Program Indonesia Pintar). Untuk bisa mengikutinya setiap masyarakat harus melengkapi syarat pencairan PIP di Bank BRI, apa saja itu?.

Apa itu PIP Bank BRI?

Apa itu PIP Bank BRI

Membutuhkan perhatian yang lebih untuk membuat pendidikan di Indonesia lebih maju, PT. Bank Rakyat Indonesia ikut serta dalam mensukseskan berbagai macam program pendidikan baik itu beasiswa maupun program lain termasuk PIP Bank BRI.

Namun apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan PIP Bank BRI itu?

Dikutip langsung dari halaman resmi bank BRI, dijelaskan bahwa PIP atau Program Indonesia PIntar merupakan sebuah program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indonesia.

Yang dimana bentuk dari program ini yakni berupa bantuan tunai pendidikan kepada anak sekolah usia 6 – 21 tahun. Dengan begitu harapan Indonesia memiliki masyarakat dengan SDM yang berkualitas akan bisa terwujud.

Selain itu PIP sendiri merupakan program yang dirancang untuk dapat membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentang miskin dan prioritas untuk tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak sampai tamat pendidikan menengah.

Bahkan menariknya lagi program ini juga tidak menuntut untuk selalu menggunakan jalur pendidikan formal. Karena disebutkan bahwa PIP bisa digunakan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Indonesia lewat jalur Formal maupun Non-Formal.

  • Jalur Formal Meliputi: SD/MI hingga anak lulus SMA/SMK/MA
  • Jalur Non-Formal Meliputi: Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar.

Dengan begitu setidaknya pemerataan bantuan PIP untuk menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh setiap peserta yang mengikutinya. Namun seperti kami singgung di atas, kamu perlu mempersiapkan syarat pencairan PIP di bank BRI.

Nominal Bantuan PIP Bank BRI

Besar diharapkan, dengan adanya modal bantuan PIP yang disediakan oleh pemerintah bersama dengan Bank BRI ini akan dapat membuat pendidikan di tanah air semakin sukses. Karena seperti kami jelaskan di atas, bantuan ini diberlakukan untuk seluruh masyarakat.

Terutama bagi para pelajar baik di jalur pendidikan formal maupun non-formal. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan bantuan ini terdapat beberapa syarat pencairan PIP di Bank BRI yang perlu kamu siapkan untuk bisa memperoleh bantun tersebut.

Namun sebelum kita bagikan apa saja syarat yang diperlukan, hampir sama seperti Beasiswa BCA Finance yang sebelumnya sudah pernah kami bagikan. Terdapat nominal yang berbeda untuk setiap jenjang pendidikan.

Oleh karena itu di bawah ini akan kami rangkum besaran nominal yang akan bisa kamu dapat ketika sudah mempersiapkan semua syarat pencairan PIP bank BRI dan melakukan pencairannya.

Jenjang PendidikanNominal Bantuan
SD sederajatRp 450.000 per tahun
SMP sederajatRp 750.000 per tahun
SMA sederajatRp 1.000.000 per tahun

Kemungkinan masih ada perubahan nominal

Syarat Pencairan PIP di Bank BRI

Kemudian seperti apa yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwasannya program PIP Bank BRI sendiri menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin tetap mendapatkan jenjang pendidikan terbaik.

Namun untuk dapat memperoleh bantuan PIP / Program Indonesia Pintar dari bank BRI, setidaknya ada beberapa syarat yang perlu disiapkan agar pencairan PIP dari bank BRI bisa kita dapatkan.

Dan sesuai dengan judul yang sudah kami tulis di atas, berikut ini akan rsuddepatihamzah.com sampaikan beberapa syarat pencairan PIP di Bank BRI yang perlu kamu ketahui.

  • Surat keterangan dari Kepala Sekolah resmi / dari Ketua Lembaga Setempat
  • FC Kartu Keluarga 
  • KTP Orang Tua kandung untuk penerima strata Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama
  • FC Kartu Pelajar beserta kartu aslinya sebagai bukti
  • Jika pelajar bertempat tinggal jauh dari keberadaan orang tua kandung, siswa dapat menyertakan surat keterangan tambahan dari Kepala Sekolah bertanda tangan
  • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
  • Akta Kelahiran
  • Rapor Sekolah

Cara Cek PIP Bank BRI

Cara Cek PIP Bank BRI

Jika sudah tahu berapa nominal dan juga syarat yang diperlukan untuk pencairan PIP di Bank BRI seperti di atas kami jelaskan. Kamu bisa langsung coba cek PIP Bank BRI secara online di situs kemdikbud. Untul cara cek PIP Bank BRI bisa kamu ikuti langkahnya berikut ini.

  • Buka browser di PC / HP dan pastikan sudah terkoneksi ke jaringan internet.
  • Setelah itu buka halaman https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1.
  • Apabila sudah terbuka silahkan cari fitur / menu bertuliskan Cari Penerima PIP.
  • Apapbila sudah menemukannya, silahkan masukkan NISN dan NIK kamu pada kolom yang tersedia.
  • Jangan lupa masukkan pula captcha yang disediakan dengan benar.
  • Setelah itu silahkan klik tombol Cek Penerima PIP.

Sampai disini kamu hanya perlu menunggu hasil keluar dan kamu pun akan dapat melihat hasil secara lengkap pada laman browser tersebut.

Mencairkan PIP di Bank BRI

Apabila dipastikan kamu masuk ke dalam list daftar penerima PIP di Bank BRI, maka kamu bisa langsung mencarikannya dengan cara seperti berikut ini:

  • Datangi kantor cabang bank BRI terdekat di wilayah kamu.
  • Kemudian ambil nomor antrian untuk bertemu dengan teller.
  • Setelah nomor antrian dipanggil, silahkan serahkan semua berkas persyaratan yang telah kami sampaikan di atas untuk diperiksa oleh petugas.
  • Jika sudah tunggu sampai proses pengecekan selesai dan kamu dipanggil kembali untuk menerima dana pencairan bantuan PIP tersebut.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah kira-kira penjelasan singkat dan lengkap yang kali ini dapat kami sampaikan mengenai cara cek, cara mencairkan dan syarat pencairan PIP di Bank BRI sesuai dengan arahan pihak Bank BRI serta Kemdikbud.

Bagikan: