Daftar JKN Mobile Gagal

Daftar JKN Mobile Gagal – Saat ini hampir semua urusan dimudahkan dengan hadirnya aplikasi, termasuk bagi peserta BPJS Kesehatan. Hal itu dikarenakan pihak BPJS Kesehatan sudah hadirkan layanan aplikasi Mobile JKN untuk mempermudah semua urusan peserta.

Mulai dari daftar kepesertaan BPJS, ubah data kepesertaan, cek riwayat pembayaran dan masih banyak lainnya. Semua itu bisa dilakukan di aplikasi JKN Mobile, namun sebelum bisa gunakan Anda harus mendaftar Mobile JKN dahulu seperti sudah yang kami bahas.

Dalam proses mendaftar Mobile JKN, terkadang ada saja kendala yang menghampiri salah satunya adalah daftar Mobile JKN gagal. Dengan kejadian gagal atau tidak bisa daftar ini, pasti banyak dari Anda yang bertanya penyebab dan cara mengatasinya.

Dengan membaca dan berada di artikel ini, maka Anda berada di pilihan yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai apa penyebab dan cara mengatasi proses daftar JKN Mobile yang gagal. Jadi simak terus pembahasan ini sampai akhir.

Penyebab Daftar JKN Mobile Gagal

Sebelum mengatasi kenapa gagal daftar, tentu dari Anda perlu mengetahui dahulu apa penyebabnya. Sehingga nantinya proses mengatasi bisa atau jauh lebih mudah karena akan tertuju kepada pokok permasalahannya. Inilah beberapa penyebab gagal daftarnya:

1. Data Dimasukkan Tidak Sesuai

Masalah gagal daftar Mobile JKN bisa dikarenakan peserta BPJS salah dalam memasukkan data alias tidak sesuai. Misalnya salah dibagian memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) baik itu kurang, lebih atau typo memasukkan angkanya.

2. Nomor HP Tidak Terdaftar

Gagal daftar berikutnya juga bisa dikarenakan salah dalam masukkan nomor HP. Karena nomor berbeda atau sebelumnya sudah pernah terdaftar maka tidak bisa didaftarkan kembali. Dengan begitu maka pendaftaran yang dilakukan otomatis akan gagal.

3. Sistem Sedang Error

Penyebab gagal daftar selanjutnya bisa juga dikarenakan oleh sistem aplikasi yang sedang error. Seperti diketahui jika aplikasi terkadang alami error atau sedang maintenance, bisa saja saat daftar Mobile JKN sistem aplikasi sedang ada gangguan.

4. Jam Akses Tidak Sesuai

Lalu penyebab gagal daftar Mobile JKN bisa juga dikarenakan jam akses aplikasi tidak sesuai. Seperti diketahui sendiri jika pendaftaran Mobile JKN memiliki jam akses sendiri, jadi usahakan Anda melakukan pada saat jam akses sedang buka.

5. Masalah Koneksi Internet

Tidak hanya dari beberapa penyebab di atas, masalah gagal daftar Mobile JKN juga bisa diakibatkan oleh masalah koneksi internet. Karena JKN Mobile merupakan layanan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet saat pengaksesan. Jadi bisa saat daftar tiba-tiba koneksi terputus atau hilang.

Cara Mengatasi Daftar JKN Mobile Gagal

Saat berhasil mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan tidak bisa atau gagal daftar Mobile JKN di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Solusi atau cara mengatasi bisa disesuaikan dengan faktor penyebabnya:

1. Cek Semua Data yang Dimasukkan

Ketika gagal mendaftar Mobile JKN akibat ada kesalahan dalam memasukkan data, solusi terbaik adalah dengan cek semua data dimasukkan sudah benar. Jadi usahakan saat memasukkan lebih teliti guna menghindari terjadinya kesalahan data.

2. Cek Nomor HP Terdaftar

Namun jika masalah nomor HP sudah terdaftar, maka tidak ada cara selain mengganti dengan nomor lain atau baru. Dengan penggunaan nomor baru dan maka besar kemungkinan pendaftaran Mobile JKN gagal tidak akan terjadi akibat nomor terbaca belum pernah didaftarkan.

3. Tunggu Sistem Kembali Normal

Lalu jika masalah datang karena masalah sistem error / gangguan maupun sedang ada maintenance aplikasi. Maka tidak ada cara mengatasi selain menunggu aplikasi Mobile JKN kembali normal, jadi pastikan untuk cek berkala aplikasi dan lakukan daftar ulang.

4. Daftar di Jam Akses JKN Mobile

Memang aplikasi JKN Mobile bisa diakses pengguna selama 24 jam, akan tetapi untuk urusan pendaftaran ada ketentuannya. Jika Anda melakukan pendaftaran di malam hari atau dini hari, maka proses pendaftaran akan diterima ataupun diproses keesokan harinya.

5. Cek Koneksi yang Digunakan

Cara mengatasi berikutnya jika memang masalah datang karena koneksi internet yang digunakan, maka silakan cek terlebih dahulu. Saat benar adanya koneksi buruk, maka silakan ganti dengan koneksi internet yang lain seperti paket data atau wifi.

6. Hubungi Call Center BPJS Kesehatan

Saat semua cara di atas sudah dilakukan dan masih saja gagal dalam percobaan pendaftaran selanjutnya, maka Anda bisa hubungi call center BPJS Kesehatan di 165 untuk mempertanyakan masalah yang sedang dialami ini. Dengan begitu CS akan membantunya.

Kesimpulan

Seperti itulah kiranya pembahasan dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan terkait penyebab dan cara mengatasi masalah daftar JKN Mobile gagal atau tidak bisa. Semoga dengan adanya informasi gagal pendaftaran di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : kaltimtoday.co

Bagikan: