Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop – Menggunakan aplikasi TikTok untuk berbelanja, pembeli bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan. Seperti adanya Seller yang menjual produk dengan harga murah, adanya pembayaran COD maupun adanya fitur batalkan pesanan yang sudah dibuat. Itulah sebabnya fitur TikTok Shop hampir mirip dengan aplikasi E-Commerce lainnya.

Adanya fitur batalkan pesanan di TikTok Shop juga sangat membantu ketika kalian mengalami salah memilih produk, ingin mengubah alamat pengiriman maupun adanya alasan lainnya. Namun bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok Shop? Apakah bisa batalkan pesanan sudah dikirim?

Ada beberapa syarat yang harus kalian pahami sebelum membatalkan pesanan di TikTok. Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop bisa kalian dapatkan tutorialnya melalui artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa batalkan pesanan di TikTok yang sudah dibayar belum dikirim maupun batalkan pesanan COD TikTok yang sudah dikirim.

Nah pada artikel kali ini, kami akan menyajikan rangkuman tentang cara membatalkan pesanan di TikTok Shop. Baik pada pesanan menggunakan metode pembayaran transfer maupun pesanan menggunakan metode pembayaran COD. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan tentang syarat batalkan pesanan di TikTok Shop berikut ini.

Syarat Batalkan Pesanan di TikTok Shop

Ada beberapa syarat batalkan pesanan di TikTok Shop yang perlu kalian ketahui dan pahami. Dimana beberapa syarat tersebut diantaranya seperti akun TikTok, pesanan di TikTok Shop maupun beberapa syarat penting lainnya. Syarat batalkan pesanan di TikTok Shop adalah sebagai berikut:

1. Akun TikTok

Syarat membatalkan pesanan di TikTok pertama yaitu tentang akun TikTok. Pastikan kalian dapat masuk ke akun TikTok yang digunakan untuk memesan barang atau membeli barang di TikTok Shop. Pasalnya untuk menemukan fitur membatalkan pembelian, kalian perlu masuk ke akun TikTok yang digunakan untuk belanja.

2. Pesanan TikTok Shop

Syarat membatalkan pesanan di TikTok Shop kedua yaitu tentang pesanan tersebut. Pastikan kalian sebelumnya sudah memiliki atau membuat sebuah pesanan di TikTok. Baik pesanan yang belum dibayar, pesanan yang siap dikirim maupun pesanan yang sedang di kirim.

3. Chat dengan Seller

Syarat membatalkan pesanan di TikTok ketiga yakni tentang Seller atau penjual. Dimana pada beberapa produk atau toko, kalian perlu melakukan Chatting terlebih dahulu kepada penjual di TikTok. Syarat ini biasanya perlu dilakukan ketika kalian akan membatalkan pesanan COD, pesanan yang sudah dikirim maupun pesanan yang siap dikirim oleh penjual di TikTok.

Nah setelah ketahui beberapa syarat di atas, sekarang bagaimana cara membatalkan pembelian di TikTok Shop? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Cara batalkan pesanan di TikTok Shop dapat kalian coba melalui halaman riwayat pesanan. Yaitu dengan cara dan pilih pesanan TikTok yang akan dibatalkan, lalu lakukan pembatalan dengan memilih alasan yang tersedia. Cara batalkan pesanan di TikTok Shop adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi TikTok

Buka Aplikasi TikTok Untuk Membatalkan Pesanan

Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi TikTok di Smartphone Android atau iOS. Pastikan kalian sudah melakukan login ke akun TikTok, dan pastikan juga versi aplikasi TikTok yang digunakan sudah di update ke versi terbaru.

2. Buka Menu Shop

Buka Menu Shop

Langkah kedua silahkan masuk ke menu TikTok Shop. Kalian bisa lakukan dengan cara ketuk ikon Shop pada halaman beranda TikTok. Serta bisa juga dengan ketuk fitur Belanja Saya di halaman profil akun TikTok.

3. Ketuk Menu Pesanan TikTok

Ketuk Menu Pesanan TikTok

Langkah ketiga silahkan masuk ke menu Riwayat Pesanan di TikTok Shop. Yaitu dengan cara ketuk menu Pesanan pada halaman menu Shop tersebut.

4. Cari dan Pilih Pesanan TikTok

Cari dan Pilih Pesanan

Langkah keempat silahkan cari pesanan di TikTok Shop yang akan dibatalkan. Jika sudah menemukan pesanan tersebut, silahkan ketuk atau buka pesanan TikTok Shop tersebut.

5. Ketuk Batalkan Pesanan

Ketuk Batalkan Pesanan

Langkah selanjutnya silahkan masuk ke fitur membatalkan pesanan di TikTok. Yaitu dengan cara ketuk tombol Batalkan Pesanan TikTok Shop di bagian pojok kiri bawah.

6. Pilih Alasan Membatalkan Pesanan

Pilih Alasan Membatalkan Pesanan

Setelah itu silahkan cari dan pilih alasan membatalkan pesanan di TikTok. Pada tahap ini nantinya tersedia pilihan alasan seperti:

  • Metode pembayaran yang diinginkan tidak tersedia.
  • Informasi pengiriman salah.
  • Pesanan dibuat secara tidak sengaja.
  • Ada harga yang lebih baik.
  • Sudah tidak diperlukan.

Apabila kalian memiliki alasan lain ketika membatalkan pesanan, silahkan pilih opsi Lainnya, lalu masukkan detail alasan membatalkan pesanan di TikTok.

7. Ajukan Pembatalan Pesanan TikTok

Ajukan Pembatalan Pesanan TikTok

Kemudian setelah memilih alasan membatalkan pesanan, silahkan lanjutkan dengan mengajukan pembatalan pesanan di TikTok. Yaitu dengan cara ketuk tombol Kirimkan.

8. Selesai Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Selesai Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba cara membatalkan pesanan di TikTok yang belum dibayar, belum di proses dan belum dikirim oleh penjual. Menggunakan cara ini kalian juga bisa membatalkan pesanan di TikTok yang sudah dibayar pakai metode Transfer maupun COD. Namun pesanan tersebut belum di kirim oleh Seller di TikTok Shop.

Sekarang bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah dikirim atau yang menggunakan metode pembayaran COD? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Batalkan Pesanan di TikTok COD yang Sudah Dikirim

Cara membatalkan pesanan TikTok COD yang sudah masuk proses dikirim bisa dilakukan dengan Chat kepada Seller terlebih dahulu. Silahkan tanyakan kepada penjual di TikTok Shop apakah barang sudah diserahkan kepada kurir atau belum.

Pasalnya untuk membatalkan pesanan TikTok COD yang sudah dikirim hanya bisa dilakukan pada pesanan yang masih diproses sama penjual dan belum diserahkan kepada kurir. Cara batalkan pesanan di TikTok Shop COD yang sudah dikirim adalah sebagai berikut:

  1. Cari dan Buka Pesanan di TikTok Shop
    Langkah pertama silahkan cari dan buka pesanan di TikTok Shop COD yang akan dibatalkan.
  2. Lakukan Chatting dengan Penjual
    Langkah kedua silahkan lakukan Chatting dengan Seller di TikTok Shop.
  3. Minta Pengajuan Pembatalan Pesanan
    Langkah ketiga silahkan tanyakan ke Seller TikTok Shop apakah pesanan sudah dikirim atau belum.
  4. Lakukan Pembatalan Pesanan
    Selanjutnya setelah Seller memberi informasi bahwa pesanan TikTok Shop COD kalian belum diserahkan kepada kurir. Silahkan lakukan membatalkan pesanan TikTok COD tersebut.
  5. Selesai Batalkan Pesanan di TikTok COD yang Sudah Dikirim
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba cara batalkan pesanan di TikTok Shop COD yang sudah dikirim.

Selain membatalkan pesanan di TikTok, kemarin rsuddepatihamzah.com juga sudah pernah merangkum tentang cara melihat pesanan di TikTok.

Tidak jarang pengguna di TikTok tidak bisa membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Bagi kalian yang ingin ketahui penyebabnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Tidak Bisa Membatalkan Pesanan di TikTok?

Berbicara mengenai tidak bisa membatalkan pesanan di TikTok, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Dimana penyebab tidak bisa membatalkan pesanan di TikTok diantaranya sebagai berikut:

  • Pesanan di TikTok sudah dikirim oleh penjual, sehingga pembeli tidak bisa mengajukan batalkan pesanan. Namun hanya bisa melakukan Refund atau pengembalian setelah barang diterima.
  • Penjual di TikTok tidak menyetujui proses pembatalan pesanan yang di ajukan oleh pembeli. Biasanya masalah ini terjadi ketika pesanan sudah dibayar, maupun menggunakan metode COD dan barang sudah dalam proses packing, siap dikirim maupun sudah diserahkan ke kurir.

Selain tidak bisa membatalkan, banyak juga pembeli di TikTok yang bertanya apakah uang kembali setelah pesanan yang sudah dibayarkan dibatalkan? Untuk ketahui jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apakah Uang Kembali Setelah Batalkan Pesanan?

Tidak jarang para pembeli di TikTok ragu ketika akan membatalkan pesanan yang sudah dibayar. Para pembeli takut bahwa uang tidak akan kembali setelah membatalkan pesanan di TikTok. Hal tersebut tentunya tidak perlu kalian khawatir.

Pasalnya ketika pesanan yang sudah dibayar dan kalian batalkan, nantinya uang akan dikembalikan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di TikTok. Seperti dengan mengisi form pengembalian dana secara lengkap dan valid.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara membatalkan pesanan di TikTok Shop bisa kalian lakukan pada pesanan yang sudah dibayar dan belum dikirim. Serta bisa juga membatalkan pesanan di TikTok COD yang belum maupun akan dikirim oleh penjual. Cara tersebut bisa dilakukan melalui halaman pesanan di TikTok Shop.

Demikian artikel kali ini mengenai cara membatalkan pembelian di TikTok. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi rsuddepatihamzah.com dan semoga artikel di atas tentang cara membatalkan pesanan di TikTok dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim rsuddepatihamzah.com

Bagikan: