Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP

Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP – Saat ini memang sudah semakin populer sekali transaksi berbasis syariah. Dimana saat ini kamu juga bisa melakukan kredit mobil bekas syariah tanpa DP. Tidak hanya mobil bekas, namun kamu juga bisa kredit mobil baru melalui lembaga kredit bank syariah.

Seperti namanya, untuk kredit mobil jenis ini memang menawarkan proses transaksi secara syariah sehingga disinyalir akan lebih aman dan juga halal. Selain itu, kredit mobil bekas syariah juga menawarkan berbagai macam keuntungan bagi para nasabahnya. Salah satunya adalah kamu bisa kredit mobil bekas tanpa harus membayar uang muka terlebih dahulu.

Hal inilah membuat para nasabah bank syariah memilih untuk melakukan kredit atau cicilan mobil bakas. Selain itu di Jakarta kredit mobil bekas syariah tanpa DP semakin banyak diminati terutama didaerah Cikarang, Bogor, Bekasi, Depok dan Tanggerang. Selain itu, di wilayah lain seperti Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandung dan Surabaya juga banyak yang berminat untuk kredit mobil bekas tanpa DP tersebut.

Nah, bagi kamu yang tergiur dengan tawaran tersebut, kamu bisa langsung mengajukan kredit mobil bekas syariah tanpa DP di bank syariah terdekat di kota kamu. Namun, sebelum kamu mengetahui cara mengajukan kredit mobil bekas syariah tanpa DP kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat uang diperlukan untuk mengajukan kredit tersebut.

Apa itu Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP?

Perlu kamu ketahui jika kredit mobil syariah merupakan metode angsuran yang telah disediakan oleh bank Syariah untuk para nasabahnya yang hendak membeli mobil, baru maupun bekas. Dimana jika kamu ingin melakukan kredit mobil di bank Syariah ini kamu tidak akan dibebankan dengan biaya DP dan juga bunga.

Namun sebagai gantinya, kedua belah pihak harus menyepakati keuntungan yang di peroleh oleh bank. Sebagai contoh jika pihak bank membeli mobil pilihan kamu sebesar Rp 500.000.000, agar tetap untung bak akan menjual kembali kepada kamu dengan harga yang lebih mahal yakbi Rp 520.000.000.

Hal ini sangat berbeda dengan bunga yang cenderung tidak dapat di prediksi, angka keuntungan ini tidak akan berubah tanpa kesepakatan diantara bank dengan pihak nasabahnya. Jadi kamu tidak perlu takut dengan cicilan serta bunga yang akan di bebankan kepada kamu.

Syarat Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP

syarat kredit mobil bekas

Nah bagi kamu yang ingin mengajukan kredit mobil bekas syariah tanpa DP ada beberapa syarat yang memang wajib kamu persiapkan terlebih dahulu. Dan berikut adalah syarat untuk mengajukan kredit mobil syariah.

  • Siapkan fotokopi KTP atau pun kartu tanda pengenal lainnya.
  • Siapkan juga slip gaji dan juga rekoning koran untuk 3 bulan terakhir sebagai bukti jika kamu memiliki sumber penghasilan tetap.
  • Kamu sudah memiliki SIM A.
  • Bagi kamu yang memiliki usaha silahkan lampirkan mengenai laporan keterangan usaha yang kamu jalankan.

Keuntungan Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP

Tidak sedikit keuntungan yang ditawarkan kredit mobil syariah tanpa DP, sehingga bukan hanya orang muslim saja yang mengincarnya. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan keuntungan apa saya yang bisa didapatkan dalam kredit mobil bekas syariah tanpa DP, berikut informasinya.

Tidak Perlu Menyiapkan DP atau pun Uang Muka

Ya, untuk melakukan kredit mobil di bank syariah kamu tidak memerlukan uang muka sehingga dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Dan perlu kamu pahami jika tanpa adanya DP bukan berarti tenor pinjaman lebih panjang , pasalnya DP akan di alihkan ke angsuran bulanan.

Tidak Ada Bunga

Tidak seperti bank lainnya yang menerapkan suku bunga disetiap kredit atau pun angsuran. Nah untuk bank syariah ini memang sudah menghilangkan suku bunga sehingga jika kamu kredit mobil di bank syariah kamu tidak akan dikenakan bunga. Hal ini sesudai dalam Fatwa MUI No.1 Tahun 2004 yanng telah menyepakati bunga bank haram.

Tidak adanya Denda Jika Telat Bayar

Berbeda dengan bank-bank lainnya yang telah memberlakukan sistem denda bagi nasabah yang telat bayar angsuran. Jadi bisa disimpulkan jika bank syariah tidak memperoleh keuntungan apapun dari denda keterlambatan bayar angsuran.

Untuk Angsuran Kredit Syariah Tetap

Sementara itu, kamu juga tidak perlu pusing dengan besaran angsuran yang berubah-ubah. Hal ini dikarenakan keuntungan sudah disepakati diawal, maka untuk angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan jumlahnya tetap sama.

Sumber Dana Halal

Perlu kamu ketahui bahwa poin paling penting dari kredit mobil syariah tanpa DP adalah untuk sumber dana yang dikeluarkan 100% halal. Hal ini dikarenakan dana dari bank tersebut dikelola oleh perbankan syariah yang bebas bunga dan dapat dipastikan jika pinjaman yang kamu peroleh tidak tercampur riba.

Cara Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP

kredit mobil bekas

Setelah kamu mengetahui jika keuntungan yang ditawarkan kredit mobil syariah memang menggiurkan. Sehingga tidak sedikit orang yang tertarik untuk mengambil langkah nyata untuk merealisasikan mobil impian kamu saat ini juga. Namun, yang jadi pertanyaan adalah bagaimanakah cara kredit mobil syariah tanpa DP tersebut?

Pilih Lembaga Penyedia Kredit Syariah

Perlu kamu ketahui jika ada banyak lembaga yang menyediakan program kredit mobil syariah. Dimana semua lembaga tersebut menawarkan banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati. Namun bagi kamu yang ingin kredit mobil syariah tanpa DP, kami sarankan untuk kamu memilih lembaga penyedia kredit yang tepat dan sudah mengantongi izin dari OJK.

Tentukan Dana dan Juga Kebutuhan

Selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya adalah kamu harus memperhatikan budget yang ingin kamu tetapkan. Dimana untuk perusahaan penyedia layanan kredit syariah juga menawarkan jasa pembelian kendaraan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya. Dan kami sarankan untuk kamu untuk menghitung total pemasukan terlebih dahulu agar cicilan kredit tidak mengganggu kestabilan finansial.

Cek Terlebih Dahulu Kondisi Mobil

Sebelum kamu membeli dan melakukan kredit mobil syariah tanpa DP, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan mengecek kondisi mobil yang akan kamu beli. Kamu tentu harus memastikan jika kendaraan yang akan kamu beli tersebut masih layak pakai dan tidak butung perbaikan yang banyak.

Pastikan kelengkapan Dokumen

Berikutnya kamu juga harus memperhatikan kelengkapan dokumen dari mobil yang akan kamu beli mulai dari BPKP, STNK dan juga buku service. Hal tersebut perlu kamu lakukan untuk mengetahui rekam jejak kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya kendaraan ilegal atau pun kendaraan curian.

Simulasi Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP

Setelah kamu mengetahui cara kredit mobil syariah tanpa DP, kali ini kamu juga harus mengetahui gambaran atau pun simulasi kredit mobil syariah tanpa DP. Untuk perhitungan kredit mobil syariah tanpa DP juga terbilang cukup mudah. Namun untuk setiap bank memang sudah menyediakan lama khusus untuk memungkinkan kamu melakukan simulasi kredit mobil syariah sendiri. Dan pada umumnya kamu juga harus mengisi beberapa dokumen seperti:

  • Kondisi kendaraan baru atau pun bekas.
  • Tipe kendaraan.
  • Harga kendaraan.
  • Uang muka.
  • Dan lama waktu pelunasan (Tenor).

Setelah kamu mengisi data-data diatas selanjutnya kamu akan diberikan contoh gambaran simulasi kredit mobil bekas syariah tanpa DP. Dan berikut informasinya.

  • Harga kendaraan berupa mobil : Rp 150.000.000.
  • Keuntungan : Rp 10.000.000.
  • Untuk total pembayaran : Rp 160.000.0000
  • Uang muka : Rp 48.000.000.
  • Sisa yang harus dibayar : Rp 112.000.000
  • Untuk angsuran 24 bulan : Rp 4.700.000
  • untuk angsuran 12 bulan : Rp 9.300.000

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat rsuddepatihamzah sampaikan mengenai kredit mobil bekas syariah tanpa DP. Dimana untuk melakukan kredit mobil tanpa DP ini kamu tentu harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah di tentukan oleh pihak bank. Selain itu, dengan melakukan kredit mobil syariah tanpa DP akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semuanya.

Bagikan: