Pengkinian Data JMO Terblokir

Pengkinian Data JMO Terblokir – Sebagai salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan, pastinya kalian sudah sering mendengar manfaat dan kegunaan dari aplikasi JMO Mobile. Dimana aplikasi tersebut memberikan beberapa kemudahan bagi peserta dalam mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui aplikasi tersebut, penggunanya bisa melakukan berbagai macam hal, salah satunya yaitu pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT) secara cepat dan praktis. Namun, untuk bisa melakukannya, para pengguna JMO Mobile harus melakukan verifikasi pengkinian data terlebih dahulu.

Berbicara mengenai pengkinian data JMO, terdapat beberapa pengguna mengeluhkan bahwa mereka mengalami kendala, salah satunya yaitu pemblokiran. Adapun munculnya kendala ataupun permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara mengatasinya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai penyebab hingga cara mengatasi pengkinian data JMO yang terblokir.

Penyebab Pengkinian Data JMO Terblokir

Sebelum pembahasan mencari tahu bagaimana cara mengatasi pengkinian data JMO terblokir, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya. Secara garis besarnya pengkinian data JMO ialah sebuah update atau pembaruan data supaya informasi yang diberikan sesuai dengan data terbaru.

Jadi pengkinian data JMO tersebut bermanfaat untuk memudahkan para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengakses layanan hingga informasi melalui sebuah aplikasi. Seperti sudah dijelaskan di awal, saat ini aplikasi JMO Mobile sendiri semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai macam hal.

Pada intinya, pengkinian data JMO akan muncul pada saat peserta BPJS Ketenagakerjaan melakukan proses verifikasi biometrik seperti scan wajah dan melakukan swafoto. Meskipun cara pengkinian data JMO terbilang cukup mudah dilakukan, namun masih ada beberapa pengguna mengalami kendala, salah satunya yaitu terblokir.

Dimana munculnya permasalahan pengkinian data JMO Mobile gagal sendiri yaitu bisa disebabkan karena pengguna gagal melakukan verifikasi biometrik sebanyak 3 kali. Selain itu, beberapa penyebab lainnya bisa saja berasal dari pengguna yang melanggar ketentuan, salah memasukkan password dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Pengkinian Data JMO Terblokir

Cara Mengatasi Pengkinian Data JMO Terblokir

Setelah mengetahui beberapa manfaat hingga penyebab pengkinian data JMO terblokir, maka selanjutnya tinggal memahami bagaimana tata cara untuk mengatasinya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kesalahan ketika melakukan update data bisa disebabkan karena swafoto yang tidak diverifikasi.

Selain itu, ketika pengguna salah dalam memasukkan nomor peserta kartu BPJS Ketenagakerjaan, mereka juga bisa mengalami permasalahan seperti di atas. Meskipun demikian, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Perlu diketahui, untuk mengatasi permasalahan tersebut, nantinya kalian harus meminta bantuan dari pihak resmi BPJS Ketenagakerjaan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara mengatasi pengkinian data BPJS Ketenagakerjaan di JMO Mobile terblokir.

1. Mendatangi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi pemblokiran pengkinian data JMO yaitu mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di wilayah setempat. Ketika mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, silahkan utarakan kendala kalian terkait pemblokiran pengkinian data JMO.

Setelah kalian berhasil melapor ke salah satu petugas di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, maka biasanya mereka akan mencarikan solusinya. Menurut pengalaman dari beberapa orang, mereka akan diberitahu oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan bahwa JMO yang terblokir sudah bisa digunakan kembali dalam jangka waktu 1 x 24 jam.

2. Mengirim Pesan Pengaduan ke Akun Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian mengirim pesan pengaduan ke akun resmi BPJS Ketenagakerjaan terkait pengkinian data JMO Mobile terblokir juga bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Kalian bisa mengirimkan pesan pengaduan tersebut melalui fitur DM ke beberapa sosial media resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, kalian juga bisa mengirim pesan pengaduan ke email resmi BPJS Ketenagakerjaan di alamat care@bpjsketenagakerjaan.co.id. Adapun beberapa sosial media resmi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kalian manfaatkan untuk pengaduan terkait masalah pengkinian data JMO diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Facebook : @BPJSTKinfo
  • Instagram : @bpjs.ketenagakerjaan
  • Twitter : @BPJSTKinfo

3. Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengatasi terblokirnya pengkinian data JMO berikutnya yaitu menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui call center resminya. Cara ini bisa kalian lakukan untuk menanyakan solusi terkait aplikasi JMO Mobile yang terblokir karena adanya kesalahan verifikasi.

Kalian bisa menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan secara resmi ke nomor (021) 175 melalui panggilan telepon. Akan tetapi, perlu diingat bahwa layanan ini tentunya membebankan kalian biaya tambahan berupa pemotongan pulsa operator seluler sesuai dengan ketentuan provider yang digunakan.

4. Menggunakan Layanan Tanpa Kontak Fisik

Cara mengatasi pengkinian data JMO terblokir terakhir yaitu mengklaim layanan tanpa kontak fisik atau bisa dikenal dengan sebutan LAPAK ASIK. Pada umumnya, pengkinian data seringkali dilakukan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan ketika ingin mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua).

Dengan kata lain, kalian bisa melakukan pencairan dana JHT tersebut melalui layanan tanpa kontak fisik atau LAPAK ASIK. Akan tetapi, untuk melakukan pencairan dana JHT melalui aplikasi tersebut, kalian harus mengajukan seluruh dokumen persyaratan seperti KK, KTP, KJP, buku rekening dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari rsuddepatihamzah.com seputar pengkinian data JMO terblokir 3 kali mulai dari penyebab hingga tata cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mencari solusi saat mengalami pengkinian data di JMO Mobile gagal.

Sumber gambar : facebook.com, kreditpintar.com

Bagikan: