Apa Itu JMO BPJS Ketenagakerjaan

Apa Itu JMO BPJS Ketenagakerjaan – Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, pastinya kalian sudah pernah mendengar istilah BPJSTKU. Dimana BPJSTKU sendiri merupakan sebuah aplikasi resmi milik BPJS Ketenagakerjaan yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengakses semua layanan dan fitur yang disediakan.

Akan tetapi, beberapa tahun belakangan ini aplikasi tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali, sebab digantikan dengan aplikasi baru bernama Jamsostek Mobile atau JMO. Sama seperti halnya aplikasi versi sebelumnya, aplikasi ini menghadirkan sejumlah fitur guna membantu pengguna ketika mengakses data BPJS Ketenagakerjaan.

Namun sayangnya, masih ada sebagian orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum memahami secara detail apa itu JMO, apa saja fungsinya hingga bagaimana cara menggunakannya. Pada intinya, Jamsostek Mobile hadir untuk membantu penggunanya mempermudah ketika mempunyai urusan terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, apabila diantara kalian berencana ingin membuat akun JMO, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu JMO BPJS Ketenagakerjaan mulai dari pengertian fitur, keunggulan hingga cara menggunakannya.

Apa Itu JMO BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mencari tahu apa saja fitur dan keunggulan aplikasi JMO, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, JMO merupakan sebuah aplikasi versi terbaru yang dikembangkan untuk menggantikan fungsi aplikasi BPJSTKU milik BPJS Ketenagakerjaan.

Secara garis besarnya, Jamsostek Mobile (JMO) berguna sebagai media informasi Program BPJS Ketenagakerjaan dan berbagai macam layanan lainnya. Adapun beberapa layanan BPJS Ketenagakerjaan tersebut diantaranya yaitu seperti media pelaporan dan pengaduan atas ketidaksesuaian status kepesertaan, jumlah upah hingga jumlah karyawan yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun oleh penggunanya.

Dari penjelasan di atas dapat diartikan bahwa JMO merupakan aplikasi versi lengkap dari aplikasi versi sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan kemudahan dan praktis dalam penggunaannya. Menariknya lagi, JMO juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya.

Fitur JMO BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui apa itu JMO BPJS Ketenagakerjaan, maka selanjutnya tinggal mencari tahu apa saja fitur-fitur di dalamnya. Pada intinya, JMO dibekali berbagai macam layanan dan fitur untuk mempermudah peserta dalam mendapatkan informasi yang berkaitan dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

Artinya, beberapa layanan yang dulunya hanya bisa dilakukan secara offline, saat ini sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi JMO. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa fitur yang bisa pengguna manfaatkan ketika menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile BPJS Ketenagakerjaan.

  • Pendaftaran menggunakan data kependudukan.
  • Pembayaran dengan kanal perbankan dan e-wallet.
  • Cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) secara online, cepat dan akurat.
  • Klaim sameday service dengan eKYC.
  • Simulasi perhitungan JHT.
  • Informasi program BPJS Ketenagakerjaan.
  • Informasi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.
  • Informasi pusat layanan dan sosial media resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Layanan pelaporan dan pengaduan masalah BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pelaporan kecelakaan kerja secara realtime.
  • Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.

Keunggulan JMO BPJS Ketenagakerjaan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu JMO BPJS Ketenagakerjaan hingga apa saja fitur-fiturnya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus memahami apa saja manfaat ataupun keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan aplikasi milik BPJS Ketenagakerjaan terseubt.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Jamsostek Mobile sebenarnya mempunyai fungsi dan layanan yang sama seperti aplikasi sebelumnya, Dimana aplikasi ini memudahkan pelayanan jaminan sosial bagi para karyawan tenaga kerja yang terdapat dan terdaftar di dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Hadirnya JMO membuat seseorang tidak perlu lagi mengantri di kantor cabang ketika hendak mencari informasi ataupun melaporkan pengaduan. Melalui aplikasi ini, para peserta dimudahkan saat ingin mengakses semua layanan BPJS Ketenagakerjaan hanya dengan bermdalkan smartphone saja.

Salah satu hal yang mungkin sangat bermanfaat ketika seseorang sudah mempunyai akun JMO yaitu mereka bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) kapanpun dan dimanapun secara cepat serta praktis. Buat kalian yang bertanya-tanya apa saja keunggulan JMO BPJS Ketenagakerjaan, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

  • Pengkinian atau memperbarui data.
  • Pengajuan dan pelacak klaim JHT.
  • Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.
  • Informasi tentang lokasi pelayanan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pengaduan layanan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Menghadirkan berita terkait BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Daftar JMO BPJS Ketenagakerjaan

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui apa itu JMO BPJS Ketenagakerjaan, apa saja fitur hingga keunggulannya, namun belum mengerti bagaimana cara mendaftarnya. Seperti halnya saat ingin melakukan proses pengkinian data JMO, saat ini cara daftar pendaftaran JMO juga sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Syarat utama supaya proses pendaftaran Jamsostek Mobile BPJS Ketenagakerjaan dapat berhasil yaitu pastikan bahwa kalian sudah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara daftar akun untuk aplikasi Jamsostek Mobile BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini.

  1. Buka aplikasi JMO.
  2. Jika sudah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, silahkan pilih Ya, Saya Sudah Daftar.
  3. Kemudian pilih Jenis Kepesertaan.
  4. Lalu pilih Kewarganegaraan.
  5. Cara berikutnya isi data diri.
  6. Masukkan alamat email aktif.
  7. Setelah itu verifikasi email menggunakan kode yang sudah dikiriim.
  8. Masukkan juga nomor HP aktif.
  9. Kemudian verifikasi dengan cara memasukkan kode yang dikirim lewat pesan SMS.
  10. Jika berhasil, silahkan buat kata sandi yang nantinya digunakan untuk login aplikasi JMO.
  11. Baca semua syarat dan ketentuan dengan baik dan klik Setuju.
  12. Selesai.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari rsuddepatihamzah.com seputar apa itu JMO BPJS Ketenagakerjaan mulai dari pengertian, fitur, keunggulan hingga tata cara mendaftarnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika hendak mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi Jamsostek Mobile.

Sumber gambar : youtube.com

Bagikan: