Rumus Lightroom Outdoor

Rumus Lightroom Outdoor – Instagram? Mungkin hampir semua orang menggunakannya, terutama anak muda kini memiliki akun Instagram guna berbagi foto atau video. Namun sebelum upload, tentu perlu mengedit hasil jeperatan agar hasil foto menjadi lebih bagus.

Dalam urusan edit-mengedit foto, tentu saja aplikasi Adobe Lightroom jadi salah satu pilihan utama bagi sebagian orang. Karena Lightroom kerap dipercaya untuk edit dan hasilkan foto menjadi lebih bagus, jika pandai melakukan pengaturannya maka hasil foto sangat memukau.

Namun untuk yang baru pertama kali melakukan edit foto dengan aplikasi Adobe Lightroom tentu saja akan sedikit merasa bingung. Namun tenang dan tidak perlu khawatir akan hal itu, karena hingga saat ini sudah ada banyak rumus Lightroom agar menjadikan foto kalian bagus.

Jika kalian memiliki hasil jepertan foto outdoor atau luar ruangan dan ingin mengeditnya di Lightroom, namun belum tahu rumusnya. Di sini kami akan berikan beberapa rumus Lightroom outdoor mulai dari aesthetic, alam cerah dan malam hari. Jadi silakan simak di bawah ini!.

Rumus Lightroom Outdoor

Bagi kalian yang suka dengan foto outdoor atau diruangan dan hasilnya kurang maksimal, tentu akan melakukan pengeditan terlebih dahulu sebelum melakukan posting di sosial media seperti Instagram atau IG. Pilihan aplikasi Lightroom untuk edit foto merupakan pilihan yang tepat.

Selain mudah dalam pengaplikasian, penggunaan Lightroom juga bisa hasilkan foto yang bagus. Namun dalam hal, ini pemilihan rumus atau preset adalah kunci agar foto yang berhasil di edit sesuai dengan harapan atau keinginan.

Sama halnya dengan rumus Lightroom selfie glowing, pantai biru, dark mode dan lainnya. Nantinya kalian harus melakukan pengaturan di beberapa menu yang ada. Namun agar kalian tidak terlalu lama dalam mencari hasil edit yang bagus, di sini kami akan berikan rumusnya.

1. Rumus Lightroom Outdoor Aesthetic

1. Rumus Lightroom Outdoor Aesthetic

Untuk rumus pertama yang akan kami berikan yakni rumus Lightroom outdoor aesthetic / estetik dan keren. Siapa yang tidak ingin hasil foto atau jepretan bagus sebelum posting di akun Instagram? Pastinya semua menginginkannya.

Jika kalian inginkan hasil editan foto menjadi aesthetic maka bisa gunakan rumus Lightroom luar ruangan maka bisa gunakan rumus outdoor aesthetic dibawah ini pada saat edit di aplikasi Lightroom.

Light

Pada bagian menu light atau pencahayaan, kalian yang ingin edit foto di Adobe Lightroom dengan hasil foto luar ruangan aesthetic maka bisa gunakan rumus berikut.

Exposure8.13 EV
Contrast-29
highlight-38
Shadow-88
White27
Blacks53

Color

Tidak hanya pencahayaan, warna atau color juga sangat diperhatikan. Untuk bagian ini akan tergantung dengan hasil foto asli kalian, karena tingkat kecerahan setiap foto berbeda.

Temp16
Tint33
Vibrance-21
Saturation-28

Color Mix

Saat berhasil masukkan rumus di atas, pemolesan pada bagian color mix atau campuran warna sangat penting guna ciptakan hasil foto yang aesthetic.

ColorSaturation Luminance
Red48-28
Orange-148
Yellow-7865
Green-2828
Light Blue-13-16
Pink-11-27

2. Rumus Lightroom Outdoor Alam Cerah

2. Rumus Lightroom Outdoor Alam Cerah

Jika kalian memiliki sebuah foto di luar ruangan atau outdoor terutama di alam yang cerah seperti pantai dengan warna air laut biru atau di daerah dataran tinggi dengan langit yang cerah.

Rupanya ada rumus Lightroom khusus yang bisa kalian gunakan agar bisa menjadikan foto semakin bagus. Inilah rumus Lightroom luar ruangan dengan tema alam cerah yang bisa kalian gunakan.

Light

Untuk ciptakan hasil edit foto Lightroom outdoor dengan nuansa alam yang cerah, rumus light atau pencahayaan yang digunakan juga berbeda.

Exposure-0.20EV
Contrast-24
Highlight-81
Shadow50
Whites-89
Blacks-8

Color

Bahkan pada bagian color atau warna pun juga berbeda. Jadi jika kalian ingin edit foto di Adobe Lightroom dengan hasil alam yang cerah maka bisa gunakan foto di bawah ini.

Temp13
Tint-7
Vibrance-8
Saturation-13

Color Mix

Masih berkesinambungan dengan rumus di atas, bagian rumus color mix juga penting diperhatikan. Untuk edit foto outdoor alam cerah kalian bisa gunakan rumus ini:

ColorRonaSaturation Luminance
Orange0-215
Yellow-51-400
Green0-81-12
Aqua82560
Blue-83110
Purple-100-1000
Pink-100-1000

Detail

Polesan sedikit pada bagian menu detail akan ciptakan foto kalian semakin memukau.

Menajamkan14
Radius1.00
Detail25
Masking0
Pengurangan Noise25
Detail25
Kontras0
Pengurangan Noise Warna13
Detail50
Kehalusan69

3. Rumus Lightroom Outdoor Malam Hari

3. Rumus Lightroom Outdoor Malam Hari

Kemudian apakah ada rumus Lightroom outdoor dengan hasil malam hari? Tentu saja ada, jika kalian memang sedang mencarinya karena ingin melakukan pengeditan. Maka di sini kami akan jelaskan secara lengkap rumus tersebut.

Ada beberapa komponen rumus yang perlu diperhatikan yakni light, color, color mix dan lainnya. Namun untuk lebih jelasnya kalian bisa edit di Lightroom outdoor atau luar ruangan dengan rumus berikut ini:

Light

Tentu saja rumus Lightroom luar ruangan malam hari berbeda dengan dua rumus di atas, terutama di bagian menu light atau pencahayaan.

Exposure-0.20
Contrast55
Highlight-100
Shadow59
Whites32
Blacks62

Color

Pada bagian color pun juga berbeda rumusnya, jadi hal ini penting diperhatikan oleh kalian untuk edit foto outdoor malam hari.

Temp8
Tint9
Vibrance29
Saturation-31

Color Mix

Terakhir rumus campuran warna berpangaruh terhadap hasil akhir proses pengeditan foto outdoor malam hari. Silakan gunakan rumus di bawah ini guna ciptakan hasil edit foto yang memukau.

ColorHueSaturationLuminance
Red10-5-30
Orange341122
Yellow-5-83-27
Green-670+14
Light Blue-35-2-9

Kesimpulan

Sebagai tambahan, kalian juga tidak perlu atau wajib gunakan rumus Lightroom di atas, karena untuk foto luar ruangan atau outdoor setiap foto memiliki cahaya berbeda-berbeda sehingga perlu pengaturan yang berbeda pula. Jadi silakan sesuaikan saja dengan editan kalian, jika hasil sudah memuaskan dan sesuai harapan maka bisa gunakan rumus milik sendiri.

Itulah kiranya pembahasan dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan mengenai rumus Lightroom outdoor atau luar ruangan. Dengan adanya pembahasan rumus Lightroom outdoor di atas, diharapkan kalian bisa mengedit foto menjadi lebih bagus, namun jika kalian tidak cocok dengan rumus di atas maka bisa lakukan sedikit edit rumus yang mana sesuai dengan keinginan.

Bagikan: