Cara Memindahkan Preset Lightroom PC ke Android Terbaru

Cara Memindahkan Preset Lightroom PC ke Android – Menggunakan aplikasi Lightroom untuk proses editing foto menjadi hal yang cukup menyenangkan. Apalagi ketika kamu sudah memiliki begitu banyak koleksi preset Lightroom.

Kamu bisa dengan mudah mengedit foto hanya dengan menerapkan / memasang file preset yang kamu miliki dan inginkan ke foto tersebut. Dalam hitungan detik pun foto akan berhasil berubah tampilannya sesuai dengan preset yang kamu pakai.

Nah salah satu cara untuk bisa mendapatkan preset ketika ingin edit foto di Lightroom mobile yaitu dengan memindahkan preset Lightroom PC ke Android tersebut. Dari sinilah banyak para pecinta edit foto yang menanyakan bagaimana cara memindahkan preset Lightroom PC ke Android.

Untuk itu bagi kamu yang mungkin juga penasaran dan ingin mengetahui apa saja langkah yang dibutuhkan serta seperti apa prosesnya. Di bawah ini sudah kami siapkan secara lengkap dan detail langkah-langkah cara memindahkan preset Lightroom PC ke Android hingga dapat digunakan.

Perlengkapan Pindah Preset Lightroom PC ke Android

Seperti apa yang sudah kami singgung dan sampaikan di atas, bahwa untuk dapat memindahkan Settingan Preset Adobe Lightroom yang telah kamu buat atau kamu miliki di PC maupun Laptop secara garis besar dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Akan tetapi untuk dapat melakukannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses ini bisa dilakukan dengan lancar dan sempurna. Dan dimana salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah memiliki aplikasi Adobe Lightroom Versi Lama baik itu Mod ataupun original.

Hal tersebut dilakukan karena fitur yang bisa digunakan untuk import Preset Adobe Lightroom PC ke Android hanya ada di versi 3 lama. Nah untuk membantu mempercepat kamu menemukan aplikasi Adobe Lightroom Mobile Versi Lama, silahkan baca di artikel Adobe Lightroom Mod Android.

Selain hal tersebut, masih ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang tentu akan dibutuhkan pada proses memindahkan preset Lightroom PC ke Android. Nah beberapa perlengkapan dan peralatan tersebut meliputi.

  • Preset Lightroom dari PC (wajib dong).
  • Adobe Lightroom Mobile Versi Lama (3 ke bawah)
  • Apk Editor
  • Kabel USB
  • PC / Laptop berbasis windows.

Pastikan ketika kamu ingin mengikuti panduan lengkap tentang cara memindahkan preset Lightroom PC ke Android yang kali ini akan kami bagikan di bawah ini. Usahakan semua hal yang telah kami sampaikan di atas sudah kamu miliki atau setidaknya telah kamu siapkan.

Cara Memindahkan Preset Lightroom PC ke Android

Cara Memindahkan Preset Lightroom PC ke Android

Apabila semua daftar perlengkapan yang dibutuhkan di atas sudah kamu siapkan dan pastikan telah sesuai dengan kebutuhan. Maka kamu pun sudah bisa melakukan pemindahan preset Lightroom PC ke Android.

Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa memindahkan Preset Lightroom PC ke Android sendiri bisa dibilang cukup mudah. Namun hal ini dapat kamu lakukan ketika kamu tahu apa saja langkah yang harus di lakukan.

Oleh karena itu, setelah sebelumnya kami bagikan beberapa daftar rumus lightroom yang mungkin dapat kamu gunakan agar hasil editan foto kamu terlihat lebih menarik. Berikut ini adalah panduan lengkap cara memindahkan preset lightroom pc ke android.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Adobe Lightroom pada PC kemudian Export salah satu / beberapa preset yang ingin kamu pindahkan ke Lightroom Mobile.
  2. Apabila proses export file preset Lightroom PC sudah kamu lakukan, maka sekarang langkah yang harus dijalankan adalah menghubungkan HP / Smartphone Android ke PC dengan menggunakan kabel USB dengan kualitas yang bagus.
  3. Jika sudah terhubung, silahkan copy / salin Preset yang telah kamu export sebelumnya ke HP. Untuk memudahkan prosesnya, saran kami simpan semua file preset tersebut dalam satu folder di HP kamu.
  4. Pastikan semua file preset yang kamu butuhkan sudah tersimpan dalam folder yang sama agar memudahkan pemakaiannya nantinya.

Image Source: channel youtube @Wisnu Pratama

Edit File Preset Agar Bisa Digunakan di Lightroom Android

Setelah file preset telah kamu pindahkan, maka hal ini secara garis besar sudah selesai dilakukan. Namun perlu diingat bahwa saat kali pertama kamu memindahkan preset tersebut. Maka kamu tidak akan bisa langsung menggunakannya.

Oleh karena itu setelah berhasil memindahkan preset Lightroom PC ke Android dengan cara di atas. Kamu juga perlu tahu langkah lanjutan untuk bisa preset tersebut digunakan pada aplikasi Adobe Lightroom Mobile Android di HP kamu.

Jadi di bawah ini sudah kami siapkan pula beberapa hal penting yang perlu kamu lakukan untuk dapat membuat preset tersebut bisa digunakan.

  • Setelah file preset telah kamu copy / simpan ke dalam perangkat HP yang digunakan, langkah berikutnya adalah menginstal aplikasi editor (Apk Editor) yang dapat kamu download gratis di Play Store atau dengan mendownload lewat link yang sudah kami taruh di atas.
  • Jika sudah berhasil terinstal, maka langsung saja buka apk editor tersebut.
  • Saat aplikasi sudah berhasil terbuka, langsung saja kamu pilih menu Select Apk from App.
1 Select Apk From App
  • Maka halalam baru pun akan terbuka, nah disini kamu perlu cari can pilih aplikasi Lightroom.
2 Cari Pilih Lightroom
  • Jika sudah kamu pilih lanjutkan tap pada opsi Full Edit Resource seperti gambar di bawah ini.
3 Full Edit Resource
  • Sampai disini lanjutkan dengan memilih menu Files di bagian tab bawah.
4 PIlih Files
  • Ketika sudah terbuka, arahkan folder ke direktori Assets > Resource > Presets.
5 Masuk Directory Folder Presets
  • Kemudian pilih salah satu folder preset yang ada untuk menyimpan file preset yang sebelumnya sudah kamu dapat dari PC.
6 Pilih Salah Satu Folder
  • Di dalam folder ini tekan tombol Plus (+) pada bagian pojok kiri bawah.
7 Klik Tombol Plus
  • Lalu arahkan ke direktori folder tempat kamu menyimpan file preset yang sebelumnya sudah di copy dari PC dan pilih salah satu preset yang kamu inginkan.
8 Pilih Preset
  • Langkah terakhir yaitu klik tombol build pada bagian pojok kanan atas seperti pada gambar di bawah ini dan tunggu prosesnya sampai selesai.
9 Klik Build
  • Jika sudah maka aplikasi adobe lightroom mobile yang sudah kamu tambah preset dari PC pun berhasil terbuat.
10 Selesai

Image Source: channel youtube @Wisnu Pratama

Sampai pada tahap ini maka kamu sudah berhasil membuat sebuat aplikasi Adobe Lightroom apk yang di dalamnya terdapat preset dari PC. Untuk dapat menggunakannya kamu cukup uninstall aplikasi Adobe Lightroom yang ada di HP kamu.

Kemudian instal aplikasi Adobe Lightroom baru yang sudah kamu build dengan file preset kesukaan kamu dari PC tersebut. Untuk cara instalnya silahkan masuk ke direktori folder

Storage/Emulated/0/ApkEditor/gen_signed.apk

Setelah itu silahkan kamu tap file apk tersebut 1 kali untuk menginstalnya dan tunggu sampai selesai. Jika sudah berhasil, maka kamu pun sudah bisa menggunakan preset yang kamu miliki di PC di aplikasi Lightroom Mobile Android sekarang.

Akhir Kata

Dengan panduan singkat yang sudah kami rangkum di atas, bisa kita simpulkan bahwa tidak semua versi aplikasi Adobe Lightroom Android bisa menyimpan file preset dari PC. Oleh karena itu pastikan untuk kamu yang tertarik ingin mencoba cara di atas.

Salah satu hal terpenting yang perlu kamu lakukan disini yaitu menggunakan aplikasi Adobe Lightroom Android versi lama yaitu versi 3 kebawah. Kurang lebih seperti itulah kira-kira penjelasan singkat rsuddepatihamzah.com kali ini, semoga bisa membantu.

Bagikan: