apa itu permanent residence

Apa Itu Permanent Residence – Salah satu keinginan masyarakat ingin pergi dan pulang di suatu negara dengan membawa dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi agar mendapatkan legalitas secara resmi. Untuk mendapatkan akses bepergian di suatu negara harus mempunyai surat permanent residence, dimana surat tersebut merupakan perizinan tinggal tetap dengan jangka waktu panjang.

Adanya residence, masyarakat bepergian di suatu negara akan lebih mudah mendapatkan akses ataupun keuntungan. Akan tetapi, untuk mengurus surat tersebut membutuhkan waktu, syarat dan biaya cukup mahal. Selain itu, pengurusan permanent resident harus mendatangi kantor pihak berwajib aga mendapatkan izin tinggal tetap.

Namun, yang menjadi masalahnya adalah tidak semua orang tahu tentang apa itu permanent residence dan cara mengurus berkasnya dengan membawa syarat atau biaya pembuatan suratnya. Bahkan untuk mengurus surat tersebut harus mempunyai sifat pskimotor agar terlihat mempunyai kemampuan dan bermanfaat bagi negaranya.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan informasi terkait apa itu permanent residence secara lengkap mulai dari keuntungannya, syarat dan biaya pembuatan. Apabila sudah tidak sabar ingin membuat surat tersebut bisa ikuti pembahasan dibawah ini dengan sesakma.

Apa Itu Permanent Residence?

keuntungan permanent residence

Sebelum tahu keuntungan, syarat dan biaya, alangkah baiknya harus tahu apa itu permanent residence yang jarang diketahui oleh orang-orang. Karena surat tersebut hanya dikhususkan kepada masyarakat ingin berpindah negara dalam jangka waktu panjang. Tentu saja dalam tinggal tetap di negara tersebut akan membutuhkan uang, sehingga harus mempunyai legalitas surat tersebut agar mendapatkan pekerjaan.

Lantas apa itu permanent residence? Merupakan surat izin tinggal tetap yang diberikan kepada warga negara asing untuk menetap disuatu negara dengan jangka waktu panjang. Sebagai contohnya saja ada warga asing ingin menetap di negara Indonesia, maka dari itu warga asing tersebut akan diberikan izin tetap di Indonesia. Untuk mendapatkan surat izin tetap tinggal secara permanent harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Indonesia.

Akan tetapi, dari surat residence permanen akan ada keterangan jangka waktu yang telah ditentukan. Sehingga seorang warga asing harus memperpanjang residence permanen di pemerintahan, tapi selama tinggal di Indonesia tidak boleh melakukan tindakan kejahatan atau melanggar undang-undang.

Tidak hanya di Indonesia saja, permanent residence berlaku di beberapa negara seperti Australia dalam bentuk visa yang mempunyai jangka waktu selama 5 tahun dan diberikan fasilitas sama dengan warga negara Australia yaitu tunjangan pendidikan, kesehatan, sosial serta hak menjadi warga negara Australia.

Keuntungan Permanent Residence

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan diatas bahwa permanent residence mempunyai keuntungan sangat banyak di beberapa negara seperti di Australia. Karena negara Australia akan memberikan banyak sekali tunjangan dan akan menganggap sebagai warga negaranya. Jadi tidak heran kalau belakangan ini banyak sekali masyarakat pindah ke negara Australia ataupun Singapore.

Jika ingin tahu keuntungan permanent residence, berikut penjelasan dari rsuddepatihamzah dibawah ini:

1. Mendapatkan Izin

Keuntungan pertama yaitu akan mendapatkan izin untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama. Pada umumnya, jangka waktu tersebut sudah ditetapkan sekitar 5 tahun setelah surat permanen residence telah diresmikan atau diberikan kepada seorang warga asing.

2. Bisa Pulang Pergi Tanpa Batas

Untuk di negara Australia bisa pulang pergi tanpa batas dengan membawa surat paspor dan diberikan kepada petugas setempat. Hal tersebut bertujuan agar petugas dapat memberikan akses dan legalitas paspor permanen residence telah resmi dibuat dari pemerintahan.

3. Bekerja dengan Bebas

Kemudian ada keuntungan mendapatkan uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari di negara tersebut, karena ada legalitas bekerja dengan bebas. Untuk sistem bekerja dengan bebas bisa membuat bisnis ataupun mengikut perusahaan yang sudah ada di negara tersebut.

4. Menikmati Keuntungan Pendidikan

Sebagai mahasiswa lokal di negara Australia akan mendapatkan keuntungan pendidikan berupa potongan bayar kuliah 1/2 sampai 1/3 dari harga mahasiswa Internasional dan mendapatkan berbagai macam bantuan dari pemerintahan untuk pendidikan. Selain itu, sistem pembayaran bisa dilakukan pada tamat dan bekerja. Untuk pendidikan gratis permanent Residence di negara Australia yaitu SD, SMP dan SMA.

5. Mendapatkan Jaminan Sosial

Tidak hanya mendapatkan keuntungan pembiayaan pendidikan, akan tetapi akan mendapatkan jaminan sosial ketika sakit atau belum mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, seseorang tersebut harus menjadi permanent resident selama 2 tahun.

6. Mendapatkan Asuransi Kesehatan

Keuntungan terakhir yaitu akan mendapatkan kesehatan Medicare, sehingga pembiayaan pengobatan secara gratis dan obat-obatan subsidi. Sehingga tidak heran kalau belakangan ini banyak sekali masyarakat pindah ke negara Australia.

Syarat Permanent Residence

Setelah melihat beberapa keuntungan jadi permanent residence, maka ada dari kalian tertarik ingin berpindah negara dengan jangka waktu panjang. Tapi, tidak mudah dibayangkan untuk mendapatkan surat tersebut karena ada beberapa syarat permanent resident seperti dibawah ini:

  • Fotocopy ITAP
  • Fotocopy KTP WNA
  • Membawa Paspor
  • KITAP Asli dan Copy
  • E KTP Pengurus
  • Surat pertanyaan dan jaminan ditandatangani oleh penjamin materai Rp. 10.000
  • Surat permohonan ditunjukan kepada petugas Imigrasi

Biaya Permanent Residence

Jika beberapa syarat diatas telah dikumpulkan menjadi dokumen, maka selanjutnya harus mengumpulkan biaya pembuatan surat tersebut. Untuk biaya permanent residence sekitar 105$ Australia atau sekitar Rp. 1.000.000, akan tetapi ada jenis business visitor visa dibutuhkan biaya 150$ atau setara Rp. 1.500.000.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai Apa Itu Permanent Residence dengan melihat penjelasan, keuntungan, syarat pengajuan dan biaya mengurus semua berkas agar cepat di proses. Demikian informasi pada pembahasan diatas, semoga bermanfaat untuk masyarakat yang ingin berpindah negara seperti Australia, Singapore, New Zealand dan negara lainnya.

Bagikan: