MNC Play Gangguan Hari Ini Cek Mengatasi

MNC Play Gangguan – Selain Indihome, Iconnect dan First Media, di Indonesia juga terdapat layanan internet rumah terbaik lainnya bernama MNC Play. Layanan ini internet rumah ini menawarkan beberapa pilihan paket dengan Speed hingga 100 Mbps.

Hingga saat ini MNC Play sudah menjangkau cukup banyak Daerah di Indonesia, seperti Semarang, Surabaya, Bandung, Medan dan lain sebagainya. Mungkin salah satu dari kalian disini sudah terdaftar sebagai pelanggan Wifi MNC Play.

Jika demikian, kalian tentu sudah merasakan kepuasan daripada penggunaan Wifi MNC Play. Tapi perlu diketahui bahwa setiap layanan internet rumah atau Wifi tentu tidak bisa lepas dari yang namanya gangguan.

Belum lama ini kami memperoleh beberapa laporan gangguan Wifi MNC Play. Permasalahan yang dialami setiap pelanggan Wifi MNC Play pun berbeda-beda. Berikut ini telah kami siapkan informasi mengenai jenis gangguan MNC Play, cara cek hingga penyebab dan cara mengatasinya.

MNC Play Gangguan

MNC Play Gangguan

Hari ini beberapa pelanggan MNC Play mengaku mengalami masalah dengan layanan internet rumah tersebut. Beberapa permasalahan yang dialami mulai dari Wifi lemot, lampu PON berkedip merah, lampu LOS merah hingga Wifi MNC Play tidak bisa terhubung ke perangkat.

Apapun jenis masalah yang dialami, pastinya setiap pengguna Wifi tersebut langsung mencari tahu komplain Wifi MNC Play kemana. Untuk membuat laporan gangguan kalian bisa menghubungi Call Center MNC Play 24 jam. Dengan cara ini, maka petugas Call Center MNC Play bakal memproses laporan tersebut dan mengirimkan petugas Teknisi jika memang harus dilakukan perbaikan di lapangan.

Sebenarnya tidak harus melakukan komplain atau meminta jadwal kunjungan teknisi, sebab beberapa masalah yang terjadi bisa diatasi sendiri. Berikut adalah daftar gangguan MNC Play yang bisa diperbaiki tanpa perlu membuat laporan gangguan maupun penanganan oleh Teknisi MNC Play :

1. Wifi MNC Play Lemot

Jenis gangguan yang pertama adalah ketika Wifi MNC Play lemot dan setelah dilakukan Speedtest, ternyata kecepatan internet yang dihasilkan turun lebih dari 50% dari kecepatan seharusnya.

Misal, kalian menggunakan paket MNC Play 50 Mbps dimana dengan paket tersebut kalian bisa menikmati akses internet 50 Mbps, tapi ketika di cek ternyata speed nya tidak sampai 20 Mbps. Jika terjadi demikian, kalian bisa Login sebagai Admin dan mengecek jumlah perangkat terhubung.

Apabila daftar perangkat terhubung melebihi batas maksimal, maka bisa dipastikan penyebab Wifi lemot adalah terlalu banyak perangkat terhubung. Sebagai solusinya, kalian bisa memblokir daftar pengguna tersebut, terutama pengguna asing yang bukan dari orang rumah.

Setelah mengurangi jumlah perangkat terhubung hingga kurang dari jumlah batas maksimal perangkat terhubung, besar kemungkinan kecepatan internet Wifi MNC Play yang tadinya lemot, sekarang akan normal kembali sesuai Speed Wifi yang digunakan.

2. Wifi Terhubung Tidak Ada Internet

Kemudian ada juga jenis permasalahan Wifi MNC Play berupa status Wifi di perangkat terhubung tapi tidak ada internet. Kasus ini seringkali terjadi pada pengguna Smartphone atau Tablet yang menyambung ke Wifi MNC Play.

Jadi, ketika terjadi gangguan seperti ini kalian tidak perlu panik, coba Lupakan Jaringan pada koneksi Wifi MNC Play dengan cara :

  • Tekan lama ikon Wifi
  • Setelah Tap nama Wifi MNC Play
  • Pilih Lupakan Jaringan

Setelah itu tinggal Mulai Ulang atau Restart perangkat, jika sudah menyala kembali sekarang coba hubungkan ulang perangkat ke Wifi MNC Play dengan cara mengetuk nama Wifi dan memasukkan Password Wifi MNC Play.

Sekarang Wifi MNC Play sudah kembali connect ke Smartphone atau Tablet dan kalian bisa mulai mengakses internet dengan lancar. Cara ini juga bisa diterapkan bagi pelanggan internet rumah lainnya ketika Biznet gangguan atau Iconnect ketika mengalami masalah serupa.

3. Lampu PON Berkedip Merah

Selain kedua gangguan diatas, hari ini juga ada beberapa laporan gangguan Wifi MNC Play berupa lampu indikator PON pada Modem MNC Play berkedip merah. Bagi yang belum tahu, permasalahan seperti ini umumnya disebabkan oleh adanya gangguan jaringan karena cuaca buruk atau memang sistem MNC Play sedang mengalami Maintenance ringan.

Untuk mengatasi lampu PON Modem MNC Play merah kalian bisa melakukan Restart dengan cara mencabut kabel Power Modem dan tunggu sekitar 10 detik. Setelah itu pasang kembali kabel Power, jika lampu indikator PON sudah berwarna hijau, artinya masalah ini sudah berhasil diatasi.

Apabila setelah dilakukan cara pertama hasilnya masih Nihil, maka cobalah untuk Reset Modem First Media dengan cara menekan tombol Reset yang berada di sisi kiri atau kanan Modem. Tekan dan tahan tombol tersebut sampai semua lampu indikator menyala kembali. Cara ini sudah terbukti efektif untuk mengatasi gangguan MNC Play berupa lampu PON pada Modem berkedip merah.

Jika ketiga jenis permasalahan diatas bisa ditangani sendiri, lain hal nya ketika muncul permasalahan Wifi MNC Play dalam bentuk sebagai berikut :

4. Lampu LOS Menyala Merah

Apabila pada lampu indikator LOS di Router MNC Play menyala merah, maka hal tersebut besar kemungkinan disebabkan oleh jalur kabel FO (Fiber Optik) bermasalah, terjepit, terkelupas atau bahkan putus.

Jika sudah seperti ini, maka segera buat laporan gangguan ke Call Center MNC Play. Pada laporan ini kalian akan diminta menjelaskan permasalahan atau gangguan yang dialami sebelum akhir nya dibuatkan jadwal kunjungan teknisi.

Jika laporan gangguan dibuat pada jam kerja (08.00 – 16.00) maka Teknisi bisa datang pada hari itu juga untuk melakukan perbaikan. Tapi jika menghubungi Call Center MNC Play 24 jam diluar jam operasional, maka jadwal kunjungan Teknisi akan dibuat pada keesokan hari nya.

5. Modem Mati Total

Lalu ada juga pelanggan Wifi MNC Play yang mengalami permasalahan berupa Modem atau Router MNC Play miliknya mati total. Jika terjadi seperti ini, kemungkinan besar masalah bersumber dari kondisi Modem sudah usang atau sudah tidak layak pakai.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sama seperti kasus lampu LOS Mode nyala merah, jika mendapati Modem mati total, kalian juga harus meminta kunjungan Teknisi agar dilakukan pergantian Modem MNC Play dengan yang baru.

Apakah ada biaya tambahan untuk ganti Modem MNC Play? Berdasarkan informasi yang kami peroleh, pihak MNC Play tidak membebankan biaya dalam bentuk apapun untuk pergantian Modem, karena hal itu merupakan salah satu fasilitas bagi pelanggan Wifi MNC Play.

Cara Cek Gangguan Wifi MNC Play

Cara Cek Gangguan Wifi MNC Play

Bagi para pelanggan Wifi MNC Play di Semarang, Medan, Surabaya, Bandung dan wilayah lainnya, kalian juga bisa melakukan cek gangguan MNC Play melalui beberapa cara, diantaranya :

1. Cek Gangguan Lewat Call Center

Cara pertama kalian bisa cek gangguan melalui Call Center di nomor 1500121. Melalui panggilan ini kalian bisa terhubung langsung ke petugas untuk menanyakan apakah hari ini sedang terjadi gangguan Wifi untuk area Bandung, Surabaya, Semarang atau wilayah lain sesuai wilayah tempat tinggal kalian.

2. Cek Gangguan via WhatsApp

Cara kedua adalah cek gangguan lewat Call Center WhatsApp MNC Play di nomor +62-899-1500-686. Tapi untuk cek gangguan lewat WhatsApp tidak bisa via panggilan, melainkan hanya bisa lewat Text atau Chat. Silahkan kirim Chat WhatsApp berisi pertanyaan terkait status gangguan hari ini.

3. Cek Gangguan ke Kantor MNC Play

Selain pakai kedua cara diatas, untuk cek apakah sedang ada Trouble Wifi MNC Play hari ini atau tidak kalian bisa datang langsung ke Kantor MNC Play setempat. Disana kalian bisa menanyakan segala informasi, termasuk cek gangguan pada petugas Customer Service MNC Play.

Nah, dengan adanya fasilitas cek gangguan lewat beberapa cara diatas, kalian bisa menanyakan soal penanganan laporan gangguan yang telah dikirim atau mengetahui Trouble Wifi di hari ini lengkap dengan informasi penyebab nya.

KESIMPULAN

Itu dia pembahasan dari rsuddepatihamzah.com terkait MNC Play gangguan hari ini. Diatas kami juga menjelaskan secara detail beberapa masalah yang bisa diatasi sendiri dan beberapa masalah Wifi yang penanganan nya harus dengan bantuan Teknisi MNC Play.

sumber gambar :

  • mediakonsumen.com
  • suatekno.id
  • telset.id

Bagikan: