Cara Menyimpan Kartu Digital JMO

Cara Menyimpan Kartu Digital JMO – Ketika Anda terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, baik itu yang mandiri atau dibuatkan perusahaan tempat kerja. Otomatis Anda akan mendapatkan sebuah kartu peserta sebagai tanda pengenal.

Di mana kartu kepesertaan ini memuat informasi data diri seperti nama lengkap dan nomor kepesertaan. Kartu ini berfungsi penting bagi peserta, salah satunya adalah saat ingin melakukan klaim atau pencairan dana yang terkumpul.

Dengan begitu, peserta harus jaga kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. Lantas bagaimana jika kartu hilang? Apakah harus mengurus di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar? Tenang, peserta bisa download dan cetak secara online.

Di mana caranya adalah dengan menyimpan kartu digital di aplikasi JMO ke galeri kemudian melakukan pencetakan sendiri. Lalu apakah Anda sudah tahu cara menyimpan atau download kartu BPJS digital lewat JMO? Jika belum, simak di bawah ini.

Cara Menyimpan Kartu Digital JMO

Berbagai kemudahan para peserta BPJS Ketenagakerjaan kini dapat secara online hanya lewat sebuah aplikasi. Di mana aplikasi tersebut bernama Jamsostek Mobile atau lebih dikenal juga dengan JMO.

Banyak layanan yang biasanya dilakukan secara offline di kantor cabang seperti klaim JHT atau cetak kartu kini bisa dilakukan hanya lewat aplikasi. Tentu saja ini menjadi salah satu keuntungan bagi peserta / penggunanya.

Seperti sudah dijelaskan di atas atau yang tertera pada judul, pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai cara menyimpan atau download kartu BPJS Ketenagakerjaan digital di aplikasi JMO. Untuk lebih jelasnya simak langkah berikut ini.

1. Buka Aplikasi JMO & Login

1. Buka Aplikasi JMO Login

Langkah awal silakan buka saja aplikasi JMO di perangkat HP Anda. Kemudian dilanjut dengan login menggunakan alamat email dan memasukkan password.

2. Klik Profil Saya

2. Klik Profil Saya

Saat berhasil login akun JMO, maka Anda akan diarahkan ke halaman utama. Di bagian ini silakan Anda memilih dan klik menu “Profil Saya” di pojok kanan bawah.

3. Klik Kartu Digital Anda

3. Klik Kartu Digital Anda

Jika sudah maka Anda dialihkan kembali pada layar baru, akan muncul opsi menu baru lainnya. Di langkah ini silakan klik saja pada bagian menu “Kartu Digital Anda”.

4. Pilih Kartu Kepesertaan

4. Pilih Kartu Kepesertaan

Otomatis akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini yakni mengenai kartu digital. Silakan pilih kartu kepesertaan Anda yang ingin di download atau disimpan.

5. Klik Untuk Memperbesar

5. Klik Untuk Memperbesar

Dengan begitu maka muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan lengkap informasi kepesertaannya. Bagian ini silakan klik “Klik untuk memperbesar”.

6. Klik Simpan

6. Klik Simpan

Jika tampilam kartu sudah besar seperti gambar di bawah ini, maka silakan klik saja “Simpan” untuk menyimpan kartu digital ke memori perangkat HP Anda.

7. Simpan / Download Kartu Berhasil

7. Cara Simpan Atau Download Kartu BPJS Ketenagakerjaan di JMO Berhasil

Saat berhasil klik simpan di atas, maka proses menyimpan atau download kartu BPJS Ketenagakerjaan digital melalui aplikasi JMO sudah berhasil. Otomatis kartu BPJS Ketenagakerjaan digital tersimpan di galeri HP.

Jika ingin melakukan cetak ke dalam bentuk fisik kartu, maka bisa melakukan di tukang fotokopi atau percetakan. Sesampainya di sana silakan bilang ke tukang fotokopi jika ingin cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu Anda akan diminta mengirimkan file gambar dari kartu BPJS Ketenagakerjaan digital yang tadi berhasil di download atau menyimpan di galeri. Setelah berhasil mengirimnya, maka tinggal tunggu proses selesai.

Manfaat Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Seperti sudah disinggung sedikit di atas, jika kartu fisik kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki fungsi untuk memuat informasi data diri seperti nama lengkap dan nomor kepesertaan yang terdaftar.

Di mana gunanya Kartu ini seperti misal saat peserta ingin melakukan klaim atau pencairan dana yang terkumpul pada program yang diikuti di BPJS Ketenagakerjaan. Umumnya adalah saldo Jaminan Hari Tua (JHT).

Mungkin kartu akan berguna pada saat pencairan saldo JHT secara offline di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Jika klaim JHT di JMO secara online maka Anda hanya perlu cek semua data pengajuan klaim sudah benar.

Kesimpulan

Melihat dari cara download atau menyimpan kartu digital di atas bisa dikatakan sangat mudah dan praktis, di mana nantinya hanya perlu buka aplikasi dan memilih menu-menu saja. Hanya saja sebelum bisa menggunakan untuk download kartu, Anda sudah daftar akun JMO dahulu.

Seperti itu kiranya pembahasan dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan mengenai cara menyimpan kartu digital JMO agar tersimpan ke galeri HP yang nantinya bisa dicetak sendiri. Melihat cara bisa dikatakan sangatlah mudah.

Di mana Anda hanya perlu login ke aplikasi JMO, kemudian memilih menu yang ada. Dengan begitu proses menyimpan kartu digital di aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO berhasil tersimpan di galeri perangkat HP.

Sumber Gambar : admin rsuddepatihamzah.com, finansialku.com, bpjsketenagakerjaan.go.id

Bagikan: