Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok yang Sudah Menunggu Penjemputan

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok yang Sudah Menunggu Penjemputan – Populernya platform Tiktok, membuat pihak Tiktok terus memperbarui fitur. Ada banyak fitur yang baru dari sosial media tersebut. Salah satunya adalah Tiktok Shop. Adanya fitur tersebut, para pengguna bisa membuat toko online dan membeli barang dari Tiktok.

Layaknya toko online pada umumnya, Tiktok Shop memiliki sistem yang sama. Seperti harus memasukan keranjang, checkout, dan pembayaran. Akan tetapi, ada sistem yang berbeda, yaitu bisa membatalkan pesanan. Akan tetapi, masih banyak yang belum tahu cara membatalkan pesanan di Tiktok yang sudah menunggu penjemputan.

Alasan para pembeli membatalkan pesanan di Tiktok yang sudah menunggu penjembutan adalah bisa karena tidak cocok dengan barang yang dibeli, harga mahal, atau dengan sistem penjualannya. Pihak dari Tiktok sendiri telah menyediakan sistem pembatalan agar pembeli lebih leluasa, tanpa ada pihak yang dirugikan dari Tiktok Shop tersebut.

Bagi kalian yang sudah membeli barang di Tiktok Shop, akan tetapi berubah pikiran untuk membatalkannya. Nah, di kesempatan kali ini, Rsuddepatihamzah akan memberikan tutorial cara membatalkan pesanan di Tiktok yang sudah menunggu penjemputan. Mari simak ulasan lengkapnya.

Beberapa Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok yang Sudah Menunggu Penjemputan

Sebagian pengguna sosial media mungkin pernah mengalami atau membatalkan pesanan di online shop. Seperti halnya di Tiktok Shop. Kadang, hal ini murni kesalahan dari kita sendiri, karena tidak teliti dalam melihat produk. Nah, apabila kamu sebagai pembeli yang sudah memesan, membayar, dan hanya menunggu penjemputan, lalu ingin membatalkan, kamu bisa lakukan beberapa tutorial di bawah ini.

1. Buka Aplikasi Tiktok

Langkah pertama yaitu buka aplikasi Tiktok. Ketika akan membuka aplikasi, pastikan hp mu sudah tersambung dengan koneksi internet. Entah itu dari internet data atau wifi.

2. Masuk Ke menu Profil

Langkah kedua, kamu perlu masuk ke menu profil. Menu ini ada di bagian bawah halaman utama Tiktok. Kamu klik ikon orang.

3. Pilih Ikon Garis 3

Kemudian, langkah ketiga yaitu pilih ikon garis tiga. Ikon ini ada di bagian atas dari halaman utama profil atau akun kamu.

4. Pilih Produk yang Ingin Dibatalkan

Langkah keempat, kamu pilih produk yang sudah dibeli atau produk yang ingin dibatalkan. Pastikan sudah yakin dengan keputusan akan membatalkan produk yang sudah menunggu penjeputan.

5. Klik Batalkan atau Cancel

Langkah kelima, klik batalkan atau cancel pada produk yang ingin dibatalkan.

6. Tulis Alasan Pembatalan

Lalu, langkah keenam, kamu tulis beberapa alasan terkait pembatalan di kolom Tell us why you canceled. Tulislah alasan yang logis yang kiranya bisa diterima oleh penjual.

7. Pilih Submit

Apabila langka satu hingga keenam sudah dilakukan dan kamu sudah yakin untuk membatalkan produk yang sudah menunggu penjemputan, maka langkah ketujuh yaitu klik submit.

8. Tunggu Persetujuan Pembatalan

Terakhir, tunggu sampai ada balasan atau persetujuan dari penjual. Nah, untuk proses persetujuan ini ada dua kemungkinan, bisa diterima dan bisa juga tidak diterima. Karena memang hak pembatalan milik penjual.

Cara Menghindari Kesalahan Saat Belanja Di Tiktok

Dari beberap cara di atas, tentunya kamu perlu kembali mengevaluasi pembelian di Tiktok Shop. Karena memang, banyak penjual di Tiktok Shop yang asal-asalan, seperti menjual produk KW, terlalu mahal, tidak sesuai deskripsi, dan lain sebagainya. Tentunya dari hal tersebut, kita perlu menghindarinya. Nah, di bawah ini, penulis akan memberikan saran kepada pengguna Tiktok yang hendak membeli barang di Tiktok Shop.

1. Bacalah Deskripsi Produk

Alasan utama pembeli yang kecewa ketika membeli barang di online shop adalah tidak membaca deskripsi produk. Membaca deskripsi produk adalah hal yang sangat penting. Karena belum tentu gambar atau video yang tertera di shop sesuai dengan kenyataan. Maka, para pembeli di Tiktok Shop perlu membaca lebih dulu deskripsi produk sebelum membeli produk.

2. Bacalah Ulasan Pelanggan Lain

Hanya membaca deskripsi produk juga belum cukup. Sebelum membeli, bacalah lebih dulu ulasan dari pelangga lain terkait barang yang sudah dibeli. Apakah produk sesuai dengan ketentuan yang ada.

3. Memperhatikan Kebijakan Pengiriman

Kemudian, setiap penjual online shop memiliki kebijakan. Salah satunya kebijakan waktu pengiriman. Biasanya toko memiliki kebijakan terkait batasan pesanan harus masuk pada pukul 14.00. Artinya, kamu tidak perlu memaksakan membeli setelah jam tersebut. Karena ketika melebihi waktu pemesanan, maka barang akan dikirim di hari berikutnya.

4. Bertanya Sebelum Membeli

Terakhir, sebelum membeli barang di Tiktok Shop, usahakan kamu bertanya kepada penjual. Pertanyaan bisa berupa jumlah stok, keunggulan, kekurangan, atau pengiriman produk. Dari komunikasi antara pembeli dan penjual, maka akan ada sebuah kesepatakan yang saling menguntungkan.

Kesimpulan

Selain pengguna bisa membuat, membagikan, dan mendapatkan video menarik dari Tiktok, pengguna juga bisa memiliki sebuah toko online untuk bisa mendapatkan tambahan uang. Tentunya dengan adanya Tiktok Shop ini memberikan sebuah ruang untuk pengguna bisa membeli sebuah barang sambil menonton sebuah video pendek.

Kiranya itu pembahasan dari Rsuddepatihamzah mengenai cara membatalkan pesanan di Tiktok yang sudah menunggu penjembutan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu para pengguna menggunakan Tiktok dengan baik dan benar. Ikuti terus pembahasan seputar dunia teknologi.

Sumber Gambar : Admin rsuddepatihamzah.com

Bagikan: