Cara Membatasi Komentar Di Tiktok

Cara Membatasi Komentar Di Tiktok – Kini, sosial media Tiktok telah memilih lebih pengguna 500 juta di dunia. Di Indonesia sendiri telah mencapai 109 an juta pengguna. Dari angka tersebut, tentunya banyak dari kalangan umur yang memiliki akun Tiktok. Karena memang platform Tiktok sedang ramai-ramainya digandrungi.

Banyak pengguna yang memanfaatkan Tiktok sebagai hiburan. Kadang juga pengguna turut menanggapi berbagai video pendek di kolom komentar. Berbagai komentar di sampaikan. Ada yang positif dan bahkan ada juga yang cenderung menyebutkan kata-kata kasar. Dari hal tersebut kadang banyak pengguna ingin membatasi komentar di Tiktok.

Agar komentar bisa terbatas, maka dari pihak Tiktok sendiri menyediakan pengaturan cara membatasi komentar di Tiktok. Sehingga para pengguna tidak lagi membaca komentar yang menyinggung dan menyakiti perasaannya. Kadang juga kita tidak ingin komentar-komentarnya menggiring opini buruk ke publik.

Nah, bagi kalian yang ingin agar komentar di Tiktok terbatas, maka pada kesempatan kali Rsuddepatihamzah akan memberikan tutorial cara membatasi komentar di Tiktok. Dengan adanya cara ini, setiap pengguna bisa menggunakan Tiktok secara umum yakni sebatas untuk hiburan dan mencari informasi.

Fitur Komentar Di Tiktok

Fitur komentar di Tiktok adalah salah satu aspek penting dan sebagai ciri dari platform sosial. Saat ini, membaca komentar adalah suatu kegiatan untuk mencari hiburan di tengah kegunaan Tiktok secara umum. Fitur komentar tidak hanya dilihat sebagai wadah memberikan pendapat, akan tetapi sebagai hiburan bermedia sosial.

Akan tetapi, adanya kolom komentar di Tiktok juga sering kali menimbulkan perdebatan atau salah paham. Karena banyak komentar yang buruk dan tidak mendidik. Maka, banyak alasan mengapa fitur komentar di Tiktok dibatasi oleh pengguna. Berikut alasan-alasan mengapa pengguna membatasi fitur komentar di Tiktok.

1. Kalimat Kurang Pantas

Tiktok memiliki banyak sekali pengguna yang berasal dari berbagai kalangan. Tentunya kalimat yang dilontarkan di kolom komentar juga beragam. Salah satunya adalah kalimat yang kurang pantas. Lebih pada menyinggung perasaan orang lain atau menjatuhkan orang lain. Itulah salah satu alasan kenapa banyak pengguna yang menutup komentar di video Tiktoknya.

2. Mengandung Unsur SARA

Selain menggunakan kalimat yang kurang pantas, kata-kata yang dipilih untuk mengomentari juga biasanya mengandung unsur SARA. Kita tahu bahwa Indonesia sendiri adalah salah negara yang memiliki beragam kebudayaan, suku, dan agama. Dan sampai sekarang masih ada masyarakat yang belum menerima perbedaaan tersebut.

3. Mengajak Perdebatan

Kemudian, alasan mengapa banyak pengguna Tiktok menutup komentar yaitu banyak komentar yang mengajak perdebatan. Dari komentar ini tentunya tidak suka diterima oleh beberapa pengguna, karena biasanya akan mengarah kepada salah paham hingga pertikaian.

4. Keputusan Pribadi

Alasan terakhir pengguna membatas komentar di Tiktok yaitu karena keputusan pribadi. Keputusan ini diambil karena pengguna sudah tahu di dalam sosial media seperti Tiktik banyak sekali pengguna yang berbeda latar belakangnya. Pengguna lebih menjaga sebelum mendapatkan komentar yang kurang baik.

Beberapa Cara Membatasi Komentar Di Tiktok

Setelah kita membahas banyak tentang alasan pengguna menutup fitur komentar di Tiktok, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana membatasi komentar di Tiktok. Di pengaturan ini, terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan, yakni pembatasan komentar di semua video, di beberapa video, dengan kata kunci, serta yang spam dan menyinggung. Keempat cara tersebut bisa kamu lakukan dengan berikut ini.

Pembatasan Komentar Di Semua Video Tiktok

Perlu diketahui bahwa pembatasan komentar hanya berlaku untuk publik dan yang mengikuti kamu. Adapun untuk cara membatasi komentar di semua video Tiktok yang ada sebagai berikut ini.

  • Buka aplikasi Tiktok
  • Pilih menu Profil di sudut kanan bawah
  • Pilik ikon 3 Garis di sudut kanan atas
  • Kemudian pilih menu Privasi di bagian Pengaturan dan Privasi
  • Lalu, pilih menu Komentar di halaman Privasi
  • Di bagian Siapa saja yang dapat memberi komentar di video anda, silakan pilih opsi teman atau pengikut yang kamu ikuti
  • Selasai, dengan begitu orang lain tidak bisa mengomentari semua video Tiktok kamu.

Pembatasan Komentar Di Beberapa Video

Kemudian, ada pengaturan pembatasan komentar di beberapa video. Nah, pengaturan ini berfungsi pada beberapa video saja yang kiranya kamu jaga privasinya. Salah satunya dari komentar-komentar yang kurang baik. Tentunya kamu perlu menjaga video tersebut agar bisa terus viral. Berikut cara-caranya.

  • Buka aplikasi Tiktok
  • Pilih menu Profil kamu
  • Kemudian pilih salah satu video yang akan di batasi jumlah komentar
  • Lalu, pilih Pengaturan Privasi di pilihan yang muncul
  • Selanjutnya nonaktifkan Izinkan Komentar

Pembatasan Komentar dengan Kata Kunci

Selanjutnya ada cara lain untuk pembatasan komentar, yaitu dengan kata kunci atau fitur filter kunci. Di mana fitur ini berfungsi agar membatasi komentar dari pengguna tertentu. Ketika pengguna ingin berkomentar, maka harus tahu kata kuncinya. Kamu bisa membuat kata kunci untuk komentar yang tidak diinginkan. Untuk cara mengaktifkannya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Tiktok
  • Klik ikon Profil di pojok kanan bawah
  • Pilih ikon 3 Garis di sudut kanan atas
  • Lalu pilih Privasi di halaman Pengaturan dan Privasi
  • Pilih menu Komentar di halaman Privasi
  • Aktifkan Filter Kata Kunci dan buatlah kata kunci sesuai komentar yang tidak diinginkan.

Pembatasan Komentar yang Spam dan Menyinggung

Selain melakukan pembatasan melalui kata kunci, ada juga pembatasan komentar khusus yang spam dan menyinggung. Pembatasan ini dilakukan untuk menutup komentar baru yang kiranya menyinggung atau lebih pada kalimat-kalimat yang kurang baik. Untuk cara mengaktifkan komentar yang spam dan menyinggung ini bisa kamu lakukan seperti tutorial di bawah ini.

  • Buka aplikasi Tiktok
  • Klik ikon Profil di pojok kanan bawah
  • Pilih ikon 3 Garis di sudut kanan atas
  • Lalu pilih Privasi di halaman Pengaturan dan Privasi
  • Pilih menu Komentar di halaman Privasi
  • Klik tombol toggel di pilihan Filter Spam dan Komentar Ofensif sampai berwarna hijau

Kesimpulan

Semestinya fitur komentar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Digunakan sebagai pendukung dan memberikan efek positif terhadap konten kreator di Tiktok. Sehingga nantinya para pengguna bisa memberikan konten-konten yang menarik dan memberikan hal positif bagi masyarakat.

Demikian pembahasan Rsuddepatihamzah mengenai cara membatasi komentar di Tiktok. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan informasi bagi para pengguna Tiktok terkait hal-hal yang berkaitan dengan Tiktok. Seperti halnya fitur komentar sebagai fitur yang penting di sosial media.

Sumber Gambar : rsuddepatihamzah.com

Bagikan: