Cara Membersihkan Printer Epson L3110

Cara Membersihkan Printer Epson L3110 – Epson? Siapa tidak kenal merek satu ini, Epson berhasil ciptakan printer dengan kualitas terbaik dari berbagai tipe bahkan ada printer yang bisa untuk fotocopy sekaligus dan salah satu yang cukup laris adalah printer Epson L3110.

Bagi Anda yang memiliki atau menggunakan printer Epson tipe ini dan sudah penggunaan lama, maka membersihkan / cleaning harus segera dilakukan. Tujuan membersihkan atau cleaning ini agar nantinya hasil cetak pada lembar kertas menjadi lebih sempurna atau sesuai harapan.

Mungkin bagi para pemilik baru printer Epson L3110 yang ingin pertama kali akan melakukan cleaning maupun membersihkan unit printer bertanya mengenai bagaimana caranya karena belum paham seperti apa langkah-langkahnya.

Dengan berada di artikel ini, maka Anda berada di pilihan yang tepat, karena di sini kami akan sampaikan bagaimana cara membersihkan atau cleaning printer Epson L3110. Jadi untuk lebih jelasnya simak sampai akhir.

Apa Itu Cleaning Printer ?

Bagi Anda yang belum paham apa itu cleaning printer, alangkah baiknya ketahui dahulu. Jadi cleaning printer atau head cleaning printer adalah pembersihan sisa tinta mengendap di bawah cartridge.

Tujuan membersihkan cleaning ini adalah agar menghasilkan cetakan yang lebih memuaskan. Karena sisa tinta tuntas dibersihkan akan keluar dengan lancar kembali dan hasil cetak lebih sempurna sebelum di pembersihan.

Bagi Anda para pemilik printer, termasuk merek printer Epson L3110. Membersihkan atau cleaning adalah hal diharuskan. Tujuan seperti sudah sebutkan tadi, yakni agar bisa hasil cetak pada kertas lebih sempurna.

Cara Membersihkan Printer Epson L3110

Jika sudah tahu apa itu cleaning printer di atas, maka berikutnya mari kembali ke pembahasan utama mengenai cara membersihkan printer Epson L3110. Dalam proses membersihkan printer ini ada beberapa cara bisa dilakukan.

Anda bisa cleaning printer Epson L3110 manual maupun membersihkan printer Epson L3110 pada laptop di Windows 7, 10 dan 11. Jadi agar lebih jelas mengenai cara membersihkan printer Epson, maka bisa simak dan ikuti pembahasan berikut:

1. Cleading Head Printer Epson L3110 Manual

Untuk cara pertama membersihkan printer Epson L3110 adalah secara manual dengan menekan tombol atau panel yang ada pada unit printer. Hanya dengan tekan tombol ini, maka Anda sudah bisa melakukan pembersihan:

  • Pertama, pastikan jika lampu daya menyala dan lampu indikator kehabisan tinta sudah mati.
  • Setelah itu silakan mulai tekan dan tahan pada tombol tinta selama tiga (3) detik.
  • Nantinya pada lampu daya tinta otomatis akan berkedip dan menunjukkan jika proses pembersihan printer berlangsung.
  • Jika sudah demikian maka silakan tunggu sampai proses berhasil dilakukan yang ditandai dengan lampu daya tinta tidak lagi atau berhenti berkedip.

Mungkin cara ini cara mudah dibandingkan cara kedua, karena hanya dengan menekan tombol panel yang ada pada unit printer Epson Epson L3110. Maka Anda sudah berhasil membersihkan atau cleaning printer Epson L3110.

2. Cleaning Head Printer Epson L3110 Dengan Laptop/PC di Windows

Untuk cara kedua membersihkan head printer Epson L3110 juga bisa dilakukan dengan laptop Windows 7, Windows 10 dan Windows 11. Ada sedikit perbedaan dengan cara yang pertama, namun untuk yang masih bingung simak di bawah ini:

  • Langkah awal pastikan printer menyala dan lampu tinta mati.
  • Jika lampu berkedip, itu tandanya catridge minta ganti baru. Jangan lupa isi kertas di printer karena akan ada proses printing untuk lihat apakah proses berhasil atau belum.
  • Pertama buka aplikasi printer Epson L311O, klik tombol tab “Utility” > “Head Cleaning”.
  • Lalu ikuti petunjuk yang ada di layar laptop / PC.
  • Jangan lupa untuk perhatikan bagian printer, jika lampu daya tinta berkedip artinya proses pembersihan sedang berlangsung.
  • Namun jika sudah tidak lagi berkedip, klik tombol “Print Nozzle Check Pattern” di kotak dialog “Head Cleaning” guna memastikan jika head sudah bersih.
  • Dengan begitu, akan otomatis keluar kertas yang menunjukkan hasil pembersihan.

Melalui langkah di atas, maka proses membersihkan atau cleaning head printer Epson L3110 dengan laptop / PC sudah berhasil. Mengenai cara ini cukup mudah, hanya saja bagi sebagian orang masih merasa bingung dengan langkahnya.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan cara cleaning head printer Epson L3110 baik secara manual maupun dengan laptop / PC di Windows. Adanya cara bersihkan printer Epson L3110 yang rsuddepatihamzah.com diharapkan bisa membantu semua yang belum mengetahui.

Ada dua pilihan cara membersihkan bisa Anda pilih, kedua cara pembersihan head printer sama mudahnya. Jadi Anda tidak perlu merasa bingung ingin melakukan pembersihan menggunakan cara yang mana.

Hanya saja untuk cara kedua Anda perlu atau butuh aplikasi printer Epson L311O. Dengan begitu, pastikan Anda sudah memiliki dan instal di perangkat laptop, PC maupun komputer digunakan.

Bagikan: