Arti Wibu di TikTok

Arti Wibu di TikTok – Kerap mendengar apa itu istilah wibu? Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi, apalagi kini kata wibu bagi warganet cukup familiar, karena kata wibu ini sekarang sedang viral di sosmed termasuk TikTok.

Meskipun sudah menjadi kata yang cuku familiar di telinga, namun siapa sangka jika masih banyak dari kalian yang belum mengetahui apa arti wibu tersebut. Terkadang warganet hanya ikut-ikutan saja tanpa perlu mengetahui terlebih dahulu apa artinya.

Nah jika kalian salah satu yang belum tahu apa arti wibu di TikTok, maka pada pembahasan ini kami akan jelaskan secara lengkap dari kata atau istilah viral yang sedang digandrungi oleh warganet.

Bahkan tidak jarang seseorang memberikan nama kontak WA untuk teman, saudara maupun orang lain dengan nama wibu. Bagi yang penasaran mengenai arti wibu di Tiktok maka silakan simak dan terus ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Arti Wibu di TikTok

Untuk istilah Wibu sendiri rupanya berasal dari bahasa Jepang yakni Weaaboo atau Weeaboo. Di mana awalnya kata ini muncul dalam komik strip koran dengan judul “The Perry Bible Fellowship” dari seorang bernama Nicholas Gurewitch.

Bisa dibilang istilah wibu yang sedang ramai di TikTok ini tidak memiliki makna khusus kepada seseorang tertentu. Yang mana sebagian orang hanya menggunakan kata wibu sebagai pengganti atau sebutan saja.

Di mana arti wibu sendiri merujuk kepada seorang yang sangat menyukai atau fanatik kepada hal-hal yang berbau Jepang atau budaya Jepang. Seperti misalnya anime, idol, lagu, dan lainnya yang berasal dari Jepang.

Untuk sebutan wibu di TikTok sendiri umumnya akan lebih merujuk kepada orang-orang bukan asli Jepang dan terobsesi dengan kebudayaan Jepang. Bahkan tidak sedikit yang anggap jika dirinya paham budaya Jepang.

Tidak heran jika di sosial media banyak pengguna yang menyebut wibu kepada orang yang fanatik akan dunia ke Jepang – Jepangan. Bahkan agak sedikit lucu ketika kalian menjumpainya di kolom komentar.

Karena disitulah para warganet atau netizen saling bertukar komen dengan mengarah ke hal yang kurang baik. Itu karena kerap istilah wibu digunakan untuk mengolok-olok warganet kepada ke pada pengguna lain.

Bahkan ketika ada teman kalian yang suka sekali dengan budaya Jepang-Jepangan dan sedang nongkrong bareng pasti pernah menyebutnya dengan kata wibu. Meski wibu tidak dikenal negatif namun hal ini masih tidak terlalu buruk.

Ciri-Ciri Wibu

Selain arti di atas, pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan ciri-ciri wibu untuk anak-anak yang dianggap memiliki kefanatikan dengan dunia Jepang. Dan inilah di antara lain beberapa ciri-ciri anak wibu:

1. Anggap Budaya Jepang Lebih Baik Dari Budaya Manapun

Pertama, anak wibu umumnya akan anggap jika budaya Jepang jauh lebih baik di bandingkan budaya dari negara manapun. Bahkan menganggap jika budaya dari negara sendiri tertinggal dari budaya Jepang.

2. Suka Budaya Pop Jepang

Kedua anak wibu sangat gemar budaya Pop Jepang seperti manga, cosplay, komik, anime dan lainnya. Sebenarnya ini adalah hal yang dianggap terlalu berlebihan mencintai dalam mencintai kebudayaan Jepang.

3. Sering Gunakan Bahasa Jepang

Ketiga, anak wibu juga memiliki ciri kerap mempelajari bahasa Jepang dan juga menggunakan bahasa Jepang pada saat mengobrol dengan teman. Contoh saja, meski belum fasih berbahasa Jepang, wibu kerap gunakan kata-kata Jepang dalam pembicaraannya.

4. Sering Menghayal

Terakhir, anak wibu bahkan kerap menghayal. Bahkan yang lebih parahnya ada yang menganggap tokoh anime atau kartun menjadi suami atau istrinya. Ciri-ciri ini sudah jelas jika kalian terlalu fanatik terhadap kebudayaan Jepang.

Perbedaan Wibu, Anime Lover & Otaku

Selain istilah wibu, bagi seseorang yang para fanatik dengan budaya Jepang rupanya ada banyak istilah lain seperti ada otaku, anime lover dan beberapa lainnya. Mengenai itu kami juga akan sampaikan perbedaannya. Simak berikut ini:

1. Wibu

Wibu adalah sebutan untuk seseorang yang sangat mencintai budaya Jepang dibandingkan dengan budaya lokalnya sendiri. Bahkan wibu kerap klaim dirinya selalu up to date dengan budaya pop Jepang dan kerap ngobrol dengan sematkan bahasa Jepang.

2. Anime Lover

Sedangkan untuk anime lover akan lebih ditujukan kepada orang-orang yang suka serial kartun Jepang bahkan bisa keluarkan biaya fantastis guna bisa dapatkan pernak-pernik yang berkaitan dengan anime yang disukai.

3. Otaku

Otaku yakni sebuah istilah bahasa Jepang untuk masyarakat yang sangat senang menekuni suatu hobi atau kegiatan disenangi. Otaku akan sangat totalitas tekun pada hobi bahkan rela keluarkan biaya lebih agar memenuhi hobinya tersebut.

Kini sebutan atau istilah sebutan otaku ini mulai menyebar ke luar negara Jepang. Kini otaku merujuk kepada orang yang gemar dengan produk Jepang seperti misalnya game, anime, dan manga.

Kesimpulan

Mungkin seperti itulah kiranya pembahasan dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan mengenai arti kata atau istilah wibu di Tiktok yang sedang ramai dikalangan warganet. Jadi adanya pembahasan arti wibu di atas bisa bermanfaat.

Terutama bagi kalian yang hanya sekedar tahu saja istilah wibu namun belum mengetahui apa arti dari wibu itu sendiri. Semoga dengan adanya pembahasan arti wibu yang kami berikan bisa menjawab dan menambah wawasan.

Sumber Gambar : sumsel.tribunnews.com

Bagikan: