Apa Itu Kuota Nasional

Apa Itu Kuota Nasional – Kebutuhan internet di era modern sekarang menjadi salah satu kebutuhan penting yang hampir diperlukan setiap orang. Dengan internet, kita bisa lebih mudah dalam mendapatkan berbagai macam info terbaru.

Untuk bisa memperoleh koneksi internet sendiri ada cukup banyak cara, selain menggunakan jaringan wifi dari perusahaan penyedia jaringan internet. Kita juga bisa mendapatkan akses internet lewat paket data / kuota dari provider telekomunikasi.

Dan menariknya lagi, dengan tingginya permintaan pasar akan paket data / kuota internet para pengguna provider telekomunikasi seperti Telkomsel, Tri, Axis, XL dan Indosat. Tidak heran apabila sekarang ada banyak sekali jenis paket data yang bisa kita gunakan.

Yang dimana salah satu jenis paket data paling banyak digunakan adalah kuota nasional. Kenapa? karena kuota jenis ini memiliki banyak sekali keunggulan bila dibandingkan jenis paket data lainnya, lantas apa sih yang dimaksud dengan kuota nasional itu?.

Mengenal Apa Itu Kuota Nasional

Bicara tentang kuota nasional, mungkin hampir sebagian besar pengguna provider telekomunikasi di Indonesia sudah tidak lagi asing ketika mendengar istilah jenis kuota / paket data yang satu ini.

Mengingat beberapa provider telekomunikasi di Indonesia rata-rata memiliki penawaran jenis kuota yang satu ini. Pun begitu, meskipun sudah ada banyak orang yang tahu / pernah mendengar istilah tersebut.

Namun tidak bisa dipungkiri, banyak pula dari mereka yang masih belum paham dengan apa itu kuota nasional. Untuk itu sebelum kita bahas lebih lanjut poin-poin apa saja di paket data nasional. Akan lebih baik bila kita kenali dulu apa yang dimaksud kuota nasional itu.

Kuota nasional adalah paket data yang bisa dibilang merupakan kuota reguler. Dimana memakai kuota jenis ini setidaknya kamu bisa mengakses berbagai macam konten, baik itu media sosial, browsing, streaming hingga download dan upload / konten lainnya.

Hal ini tak terlepas karena paket data internet nasional tidak sama dengan paket data lokal ataupun paket data khusus aplikasi yang hanya bisa dipakai di platform / konten-konten tertentu saja. Tidak heran bila harga kuota jenis ini tergolong mahal.

Kemudian jika merujuk pada namanya, maka sesuai dengan nama tersebut. Paket data jenis ini hanya bisa digunakan secara nasional saja atau hanya bisa dipakai di Indonesia saja. Pelanggan tidak bisa memakainya ketika di luar negeri.

Paket Data Nasional Untuk Apa Saja?

Lantas, jenis kuota ini dapat digunakan untuk apa saja sih?. Jika ditanya untuk apa saja, secara garis besar kuota nasional ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam platform & konten apapun yang kita inginkan seperti halnya:

  • Browsing untuk mencari informasi di google / bing.
  • Download file untuk keperluan tertentu.
  • Streaming music.
  • Streaming film / movie & acara tv.
  • Mengakses aplikasi sosial media (FB, Twitter, IG, TikTok, dll).
  • Streaming youtube.
  • Belajar online.
  • dll

Keunggulan Kuota Nasional

Memberi banyak keuntungan bagi setiap pengguna, tentu saja kuota jenis ini memiliki cukup banyak hal menarik yang bisa diapresiasi. Pasalnya beragam keunggulan / kelebihan pada jenis kuota ini terbilang sangat-sangat banyak.

Untuk itu bila kita bicara tentang keunggulan / kelebihan, berikut ini adalah beberapa keunggulan paket internet nasional yang bisa kamu dapatkan.

  • Penggunaan lebih fleksibel karena tidak ada batasan lokasi.
  • Penggunaan lebih fleksibel karena tidak ada batasan jam pakai / pembagian.
  • Mendukung seluruh jaringan provider yang dimiliki dari 2G, 3G, 4G bahkan 5G (jika sudah mendukung).
  • Koneksi internet biasanya lebih cepat.

Cara Menggunakan Kuota Nasional

Berbeda dengan penggunaan kuota multimedia Telkomsel yang sebelumnya sudah pernah kami bagikan dan sampaikan. Cara menggunakan paket data nasional justru bisa dibilang lebih mudah dan lebih simpel.

Hal tersebut tak terlepas karena kuota jenis ini benar-benar bisa kamu pakai dan manfaatkan di hampir setiap waktu tanpa memandang jam pembagian dan lokasi wilayah.Selain itu penggunaannya juga bisa di hampir seluruh platform seperti kami singgung sebelumnya.

Adapun cara menggunakan kuota jenis ini sendiri cukup mudah:

  1. Pastikan kamu sudah menonaktifkan wifi dan menghidupkan paket data di HP kamu.
  2. Setelah dipastikan kuota / paket data sudah aktif, langsung saja buka aplikasi yang ingin kamu gunakan.
  3. Jika paket data nasional di provider kamu aktif. Maka secara otomatis kuota ini akan terpakai untuk mengaksesnya.

Beda Kuota Nasional & Lokal

Setelah mengetahui apa itu kuota nasional dan kegunaannya untuk apa saja seperti di atas https://www.rsuddepatihamzah.com/ sampaikan. Satu hal lain yang juga cukup sering dipertanyakan masyarakat yakni beda kuota nasional & lokal itu apa.

Bicara masalah perbedaan, kedua jenis kuota ini benar-benar memiliki banyak perbedaan mendasar. Salah satunya yakni terkait masalah penggunaan, dimana paket data nasional lebih bisa dimanfaatkan lebih fleksibel karena bisa dipakai diseluruh wilayah Indonesia.

Sementara kuota lokal sendiri hanya akan dapat digunakan dimana kamu mengaktifkan / membeli paket kuota tersebut. Umumnya ketika keluar dari area cakupan, kuota lokal tidak bisa digunakan.

Selain dua masalah penggunaan tersebut, perbedaan lain yang ada pada dua jenis kuota / paket data tersebut yakni ada pada sisi harga. Biasanya kuota jenis ini akan dibanderol dengan harga lebih mahal bila dibandingkan kuota lokal / jenis kuota lainnya.

Apakah Kuota Nasional Itu Sama dengan Kuota Utama?

Yah, secara garis besar kuota nasional dan kuota utama hampir serupa / bahkan bisa dibilang sama. Kenapa? karena sama seperti kuota utama, kuota nasional juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan internet.

Dan baik kuota utama / nasional sendiri umumnya bisa digunakan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jadi tidak heran apabila kita juga sering mendengar istilah paket data nasional sama dengan paket data utama.

Akhir Kata

Jadi itulah yang dimaksud dengan apa itu kuota nasional, apakah sampai disini kamu sudah bisa memahaminya?. https://www.rsuddepatihamzah.com/ harap penjelasan yang sudah kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi menarik serta membantu.

Bagikan: