Cara Mengirim File dari Laptop ke Whatsapp

Cara Mengirim File dari Laptop ke Whatsapp – Banyak aplikasi chatting yang kini bisa digunakan secara gratis, satu dari sekian banyaknya tersebut adalah WhatsApp / WA. Tercatat sampai dengan saat ini WhatsApp telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna di dunia.

Dengan banyaknya jumlah pengguna tersebut, menandakan bahwa WhatsApp merupakan platform chatting, video call dan voice note terbaik saat ini. Ada banyak alasan mengapa WhatsApp menjadi salah satu platform chatting terbaik di dunia.

Tak semata hanya karena mudah digunakan, banyak orang memilih WhatsApp karena kini aplikasi mobile satu ini sudah bisa terintegrasi dengan perangkat desktop. Sehingga fungsionalitas penggunaannya jauh lebih maksimal.

Hadirnya fitur WhatsApp Web, tentu membuat cara mengirim file dari laptop ke WhatsApp tanpa kabel data jauh lebih praktis dan cepat. Dan buat kamu yang belum tahu seperti apa langkah menggunakannya, berikut kami rangkum selengkapnya di bawah ini.

Bisakah Mengirim File dari Laptop ke WA?

Apakah bisa mengirim file dari laptop ke WA tanpa harus pindah file lebih dulu? pertanyaan ini mungkin cukup sering kita dengar sebagai pengguna WhatsApp. Karena pada dasarnya dulu untuk bisa mengirim file di WhatsApp sendiri hanya bisa dilakukan lewat aplikasi.

Namun semenjak WhatsApp diakuisisi oleh Facebook dan terus mendapatkan perkembangan serta pembaruan. Maka jawaban dari pertanyaan di atas sekarang sudah bisa. Hal tersebut karena WhatsApp kini sudah dilengkapi adanya fitur whatsapp web / aplikasi khusus desktop.

Hadirnya fitur aplikasi WA untuk desktop dan atau WhatsApp web jelas menjadi hal yang begitu membantu. Apalagi jika pekerjaan lebih sering dilakukan di depan komputer / laptop, maka mengetahui cara mengirim file dari Laptop ke WA menjadi hal penting untuk kamu pahami.

Oleh karena itulah setelah pada pembahasan sebelumnya www.rsuddepatihamzah.com sudah memberikan panduan lengkap tentang cara membuat nama kontak panjang di WhatsApp. Kali ini kami akan coba jelaskan bagaimana cara mengirim file dari laptop ke WhatsApp.

Cara Mengirim File dari Laptop ke WhatsApp

Untuk dapat mengirim file dari Laptop ke WhatsApp sebenarnya cara yang perlu dilakukan terbilang mudah. Karena pada dasarnya cara kirim file dari Laptop ke WhatsApp terbaru ini bisa dilakukan dengan dua metode yakni dengan dan tanpa kabel data.

Kedua cara ini pun juga sebenarnya bukanlah cara khusus untuk perangkat WhatsApp semata. Karena kurang lebih cara mengirim file dari laptop ke WhatsApp tanpa kabel data dan dengan kabel data ini hampir sama seperti kami sedang transfer file dari pc/laptop ke HP / device lain.

Kirim File dari Laptop ke WA Dengan Kabel Data

Cara pertama mengirim file dari laptop ke WhatsApp yang bisa kamu gunakan / pakai yakni dengan memanfaatkan fitur transfer (copy & paste) di sistem operasi windows, mac & linux yang digunakan. Untuk detail langkah penggunaannya silahkan simak berikut ini.

  • Pertama silahkan siapkan kabel data sesuai tipe hp yang digunakan.
  • Lalu colokan kabel data ke pc, kemudian hidupkan / aktifkan opsi transfer data.
  • Setelah hp terdeteksi pc / laptop silahkan copy paste file dari laptop ke HP di directory sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu silahkan kamu buka aplikasi WhatsApp di HP dan cari kontak yang akan kamu kirimi pesan.
  • Tekan ikon lampirkan di bagian pojok kanan bawah.
Pilih Laprikan File
  • Setelah itu pilih berkas / dokumen.
Pilih Dokument
  • Disini silahkan kamu cari file yang sebelumnya sudah kamu copy dari laptop ke directory penyimpanan di HP kamu.
Cari Pilih File
  • Setelah terpilih langkah terakhir tinggal kamu kirim file tersebut.

Mengirim File dari Laptop ke WA Tanpa Kabel Data

Cara kedua yang dapat kamu gunakan untuk bisa mengirim file dari laptop ke WhatsApp yakni tanpa kabel data. Cara ini jauh lebih simple dan lebih praktis serta lebih cepat, karena disini kita akan memanfaatkan WhatsApp Web.

  • Untuk langkahnya, silahkan buka situs web.whatsapp.com di laptop kamu.
  • Scan barcode yang muncul / tampil di layar laptop menggunakan kamera pada fitur perangkat di aplikasi WhatsApp.
  • Buka WhatsApp > Pilih Titik Tiga Kanan Atas > Tap Link Device > Konfirmasi dengan Face ID / Fingerprint Sensor dan tunggu sampai proses login berhasil.
  • Apabila sudah berhasil login WhatsApp Web, untuk mengirim file dari laptop ke WhatsApp tanpa kabel data, cukup cari dan pilih kontak yang akan kamu kirimi pesan.
  • Setelah itu tap ikon lampiran di sebelah kiri di bagian halaman chat, kemudian di halaman chat silahkan pilih tombol lampirkan file seperti berikut ini.
Pilih Lampiran
  • Jika sudah kamu pilih pastikan untuk memilih file dokumen agar kamu bisa kirim file format apapun.
Pilih Dokumen
  • Maka file explore / finder pun akan terbuka, silahkan cari file yang akan dikirim.
Cari File
  • Setelah itu silahkan tap saja bagian tombol kirim apabila semua file yang akan dikirim sudah selesai dipilih.

Kenapa WhatsApp di Laptop Tidak Bisa Kirim File?

Meski cara mengirim file dari Laptop ke WhatsApp di atas terbilang cukup mudah dan simple baik dengan menggunakan kabel data maupun tanpa kabel data. Namun tidak bisa kita pungkiri ada beberapa pengguna yang justru mengeluhkan bahwa mereka tak bisa mengirim file dari laptop.

Lantas kenapa hal tersebut bisa terjadi? berikut penjelasannya.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa membuat proses kirim file dari Laptop ke WhatsApp tidak bisa dilakukan, beberapa diantaranaya seperti:

  • WhatsApp web yang digunakan sedang maintenance.
  • Aplikasi WhatsApp Desktop belum update.
  • Koneksi internet yang digunakan tidak stabil.
  • File yang dikirim memiliki ukuran cukup besar.

Akhir Kata

Itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat rsuddepatihamzah.com bagikan serta jelaskan pada kesempatan kali ini tentang cara mengirim file dari laptop ke WhatsApp / WA. Semoga apa yang sudah kami jelaskan dan beritahukan di atas bisa menjadi referensi menarik.

Bagikan: