Frekuensi TV Digital Purwokerto

Frekuensi TV Digital Purwokerto – Sesuai dengan peraturan resmi dari Pemerintah Pusat yang tertuang bahwa siaran TV Analog per 2 November 2022 secara resmi telah dihentikan dan beralih ke siaran TV Digital. Meskipun mendapatkan pro dan kontra terutama untuk masyarakat menengah kebawah, namun aturan tersebut telah berjalan secara bertahap.

Setiap daerah yang terdampak diharuskan untuk beralih ke TV Digital dimana pada jenis tersebut bisa dipastikan mampu menangkap sinyal yang di pancarkan, sedangkan setiap pengguna TV Analog diharuskan menggunakan Set Top Box atau lebih dikenal dengan STB. Adapun penggunaan STB, terdapat beberapa merk STB bisa didapatkan dengan harga cukup variatif.

Bagi kalian yang baru saja beralih dari TV Analog ke TV Digital tentu harus mengatur ulang kembali Frekuensi TV Digital agar bisa menangkap beberapa siaran yang tersedia seperti SCTV, Indosiar, Net TV, Trans 7 & dan banyak lagi lainnya. Hanya saja setiap kota memiliki frekuensi berbeda beda, sebagai contoh saja untuk daerah Purwokerto dan sekitarnya akan berbeda seperti frekuensi Cikarang serta kota lainnya.

Hampir setiap stasiun TV yang ada saat ini memiliki frekuensi yang berbeda beda, maka dari itu pada pembahasan ini kami akan informasikan kepada kalian semua akan frekuensi TV Digital Purwokerto dan sekitarnya. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan rsuddepatihamzah.com dipersiapkan sebagai berikut.

Daftar Frekuensi TV Digital Purwokerto

Sesuai dengan informasi dari Kominfo langsung, untuk daerah Purwokerto dan sekitarnya mulai bisa menikmati beberapa acara siaran TV Digitak, pasalnya masuk dalam wilayah 7 di Jawa Tengah. Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya, dapat simak langsung ulasan telah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

1. 25 UHF (506 MHz) (Visi Media Asia)

Untuk frekuensi yang pertama 25 UHF (506 MHz) (Visi Media Asia), dimana pada saluran tersebut terdiri dari TV One dan ANTV.

2. 30 UHF (546 MHz) (LPP TVRI Jawa Tengah)

Selanjutnya frekuensi 20 UHF merupakan LPP TVRI Jawa Tengah, adapun beberapa siaran bisa didapatkan diantaranya adalah TVRI Nasional, TVRI Jawa Tengah, TVRI Kanal 3, TVRI Sport HD, Ratih TV dan Satelit TV.

3. 31 UHF (554 MHz) (SCM)

Sesuai dengan namanya untuk frekuensi 31 UHF merupakan LPP milik dari Surya Citra Multivisiona (SCM), adapun untuk siaran yang ada meliputi SCTV, Indosiar, O Channel dan Mentari TV.

4. 34 UHF (578 MHz) (MGN)

Pada frekuensi selanjutnya adalah 34UHF, dimaka pada saluran TV digital tersebut meliputi Metro TV, Magna Channel dan BNTV.

5. 40 UHF (482 MHz) (Trans Media)

Berikutnya ada 40 UHF (482 MHz) yang mana frekuensi dari LPP Trans Media, adapun pada saluran tersebut meliputi Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia dan CNBC Indonesia.

6. 42 UHF (642 MHz) (MNC Media)

Terakhir ada 42 UHF (642 MHz) yang mana merupakan LPP dari MNC Media, pada saluran tersebut terdiri dari beberapa siaran diantaranya adalah RCTI, GTV, MNCTV dan iNews.

Diatas merupakan beberapa frekuensi TV Digital untuk daerah Purwokerto dan sekitarnya dapat kami informasikan kepada kalian semua. Dengan mengetahui terlebih dahulu frekuensi yang ada, pastinya memudahkan ketika mencari sialan TV Digital dengan mudah dan cepat.

Cara Setting TV Digital

Sebelum mengakhiri pembahasan kali ini terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua mengenai cara setting TV Digital, disini kami akan informasikan kepada kalian semua yang dilakukan secara otomatis. Karena TV Digital telah menggunakan sistem Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2) jadi mudah untuk mencarinya, buat kalian yang bingung cara settingnya seperti apa dapat simak sebagai berikut.

  1. Langkah pertama harus dilakukan ialah pastikan terlebih dahulu jika daerah kalian tercover siaran TV Digital.
  2. Usahakan gunakan antena UHF baik itu jenis antena indoor maupun outdoor, tetapi disarankan sekali gunakan antena outdoor.
  3. Ketika TV kalian belum mendukung maka gunakan saja STB dimana sudah mendukung DVTB2.
  4. Setelah semua telah disiapkan, selanjutnya tinggal hidupkan TV lalu ubah ke pengaturan AV.
  5. Berikutnya tinggal pilih opsi pengaturan untuk mempermudah dalam mencari siaran TV.
  6. Ketika memilih manual maka tinggal masukkan saja frekuensi TV Digital yang sudah disebutkan diatas dan setelah itu klik Ok.
  7. Tunggu beberapa saat sampai selesai, ketika sudah selesai maka secara otomatis akan menyimpan semua siaran telah ditangkap.

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, untuk mencari sinyal pada TV digital maupun TV analog yang sudah menggunakan Set Top Box memang mudah. Tinggal kalian sesuaikan saja mau menggunakan opsi manual atau otomatis, karena keduanya sama sama dimudahkan.

Akhir Kata

Nah, seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai frekuensi TV Digital Purwokerto dan sekitarnya dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya penjelasan tersebut bisa membantu semua orang sedang membutuhkan informasi seperti diatas.

Bagikan: