Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir – Setiap pengguna aplikasi TikTok tentunya perlu menyetujui dan tidak melanggar kebijakan maupun ketentuan yang sudah diberlakukan oleh TikTok. Dimana jika pengguna melanggar kebijakan dan ketentuan, maka pihak TikTok akan memberikan tindakan atau sanksi tegas berupa pemblokiran akun.

Sudah banyak pengguna TikTok yang mengalami masalah akun TikTok diblokir. Baik akun TikTok yang diblokir sementara maupun akun TikTok yang diblokir secara permanen. Namun sebenarnya apa saja penyebab akun TikTok terblokir? Serta bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir?

Ada beberapa informasi yang perlu kalian ketahui mengenai akun TikTok diblokir, diantaranya seperti penyebab maupun syarat memulihkan akun TikTok yang diblokir. Cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir bisa kalian dapatkan tutorialnya lewat artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa memulihkan kembali akun TikTok yang terblokir sementara maupun terblokir permanen.

Nah pada artikel kali ini, rsuddepatihamzah.com akan menyajikan ulasan tentang cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir sementara dan permanen. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah baiknya kalian simak terlebih dahulu mengenai penyebab dan syarat mengembalikan akun TikTok yang terblokir berikut ini.

Penyebab Akun TikTok yang Diblokir

Ada beberapa masalah yang membuat akun TikTok kalian diblokir. Diantaranya yaitu seperti pengguna melanggar kebijakan dan ketentuan maupun adanya masalah lain di akun TikTok tersebut. Penyebab akun TikTok diblokir sementara dan permanen adalah sebagai berikut:

  • Pengguna akun TikTok melakukan perilaku penuh kebencian.
  • Pengguna akun TikTok melakukan pelecehan atau Bullying.
  • Pengguna akun TikTok upload video yang tidak pantas seperti kekerasan, pornografi maupun konten lainnya yang melanggar kebijakan dan ketentuan TikTok.
  • Pengguna akun TikTok memiliki usia kurang dari 18 tahun.
  • Pengguna melebihi batas mencoba login ke akun TikTok.
  • Pengguna menggunakan akun TikTok untuk tindakan kejahatan seperti penipuan dan lain sebagainya.
  • Adanya tindakan yang mencurigakan di akun TikTok.
  • Adanya indikasi peretasan akun TikTok.

Nah setelah ketahui beberapa penyebab di atas, sekarang apakah bisa mengembalikan akun TikTok yang terblokir? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apakah Bisa Kembalikan Akun TikTok yang Diblokir?

Banyak pengguna TikTok yang bertanya mengenai apakah bisa mengembalikan akun TikTok yang di banned. Dimana jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu bisa saja dilakukan. Pasalnya kalian bisa mengembalikan akun TikTok yang di banned melalui email, menu pusat bantuan maupun menggunakan beberapa metode lainnya.

Nah sekarang apa saja syarat mengembalikan akun TikTok yang terblokir? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Syarat Memulihkan Akun TikTok yang Diblokir

Ada beberapa syarat yang perlu kalian siapkan ketika akan mengembalikan akun TikTok yang di banned. Dimana syarat mengembalikan akun TikTok yang terblokir diantaranya sebagai berikut:

  • Memperbarui versi aplikasi TikTok di HP Android maupun iPhone (iOS).
  • Mengetahui username, nomor HP maupun email terdaftar di akun TikTok.
  • Mengetahui alamat Email bantuan TikTok.
  • Pengguna akun TikTok sudah memiliki usia lebih dari 18 tahun.
  • Bersedia atau sudah mematuhi semua ketentuan dan kebijakan TikTok.

Nah setelah ketahui beberapa syarat mengembalikan akun TikTok yang di banned di atas, sekarang bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa cara memulihkan akun TikTok yang diblokir bisa dilakukan lewat fitur pusat bantuan atau umpan balik, permohonan banding lewat Email maupun menggunakan beberapa cara lainnya. Cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir adalah sebagai berikut:

Lewat Fitur Laporkan Masalah TikTok

Cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir yang pertama yakni dengan memanfaatkan fitur Laporkan Masalah. Dimana fitur Laporkan Masalah bisa kalian temukan lewat menu Pengaturan dan Privasi akun TikTok. Cara memulihkan akun TikTok diblokir lewat fitur Laporkan Masalah adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Menu Pengaturan dan Privasi TikTok
    Langkah pertama silahkan buka aplikasi TikTok, lalu silahkan login menggunakan akun TikTok lainnya. Setelah itu silahkan masuk ke menu Pengaturan dan Privasi akun TikTok. Yaitu dengan buka halaman profil akun TikTok, lalu ketuk ikon Garis Tiga Vertikal di kanan atas, kemudian silahkan ketuk menu Pengaturan dan Privasi akun TikTok.
  2. Pilih Fitur Laporkan Masalah
    Langkah kedua silahkan scroll ke bawah pada menu Pengaturan dan Privasi, lalu silahkan pilih fitur Laporkan Masalah.
  3. Pilih Menu Pemulihan Akun
    Langkah ketiga silahkan masuk ke fitur Pemulihan atau mengembalikan akun TikTok. Yakni dengan ketuk tombol Pemulihan Akun pada tampilan fitur Laporkan Masalah.
  4. Tentukan Metode Mengembalikan Akun
    Selanjutnya silahkan pilih metode mengembalikan akun yang diblokir. Kalian bisa gunakan metode nama pengguna, nomor telepon, email maupun metode lainnya yang tersedia. Silahkan pilih salah satu metode mengembalikan akun TikTok tersebut. Lalu masukkan data login sesuai dengan metode yang dipilih.
  5. Lakukan Verifikasi Identitas
    Kemudian silahkan lakukan verifikasi identitas pribadi untuk mengembalikan akun TikTok. Yakni dengan dapatkan dan masukkan kode verifikasi yang dikirimkan lewat kontak terdaftar di akun TikTok tersebut.
  6. Selesai Mengembalikan Akun TikTok yang Terlbokir
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba memulihkan akun TikTok yang diblokir lewat fitur Pemulihan Akun atau Laporkan Masalah.

Lewat Fitur Umpan Balik TikTok

Apabila menggunakan cara di atas akun TikTok kalian belum bisa dikembalikan, kalian bisa lakukan dengan kirim laporan masalah ke pihak TikTok untuk ditindaklanjuti. Cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir mengajukan banding lewat fitur Umpan Balik adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Menu Pengaturan dan Privasi TikTok
    Langkah pertama silahkan buka aplikasi TikTok, lalu silahkan login menggunakan akun TikTok lainnya. Setelah itu silahkan masuk ke menu Pengaturan dan Privasi akun TikTok. Yaitu dengan buka halaman profil akun TikTok, lalu ketuk ikon Garis Tiga Vertikal di kanan atas, kemudian silahkan ketuk menu Pengaturan dan Privasi akun TikTok.
  2. Pilih Fitur Laporkan Masalah
    Langkah kedua silahkan scroll ke bawah pada menu Pengaturan dan Privasi, lalu silahkan pilih fitur Laporkan Masalah.
  3. Pilih Menu Akun dan Profil
    Langkah ketiga silahkan pilih menu Akun dan Profil TikTok pada tampilan menu Laporkan Masalah.
  4. Ketuk Opsi Halaman Profil
    Selanjutnya silahkan pilih opsi Halaman Profil pada tampilan menu Akun dan Profil TikTok tersebut.
  5. Pilih Opsi Lainnya
    Setelah itu silahkan masuk ke opsi Lainnya pada tampilan Halaman Profil TikTok.
  6. Ajukan Banding ke TikTok
    Selanjutnya kalian akan diarahkan ke tampilan beberapa masalah di akun TikTok. Diantaranya seperti Akun Ditangguhkan, Diblokir dan beberapa masalah lainnya.
    Lalu silahkan masuk ke tampilan mengajukan permohonan banding dengan cara ketuk opsi Perlu bantuan lainnya. Sehingga nantinya kalian bisa memberikan penjelasan mengenai akun TikTok yang diblokir dan mengajukan proses banding pada akun TikTok yang diblokir.
    Kalian bisa jelaskan kronologi, bukti-bukti maupun penjelasan lainnya terkait akun TikTok kalian yang diblokir.
  7. Tunggu Proses Mengembalikan Akun TikTok
    Kemudian setelah berhasil mengirim pengajuan banding akun TikTok di banned, silahkan tunggu proses mengembalikan akun TikTok tersebut.
  8. Selesai Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir lewat fitur Umpan Balik di aplikasi TikTok.

Selain menggunakan fitur Umpan Balik (Feedback) di TikTok, kalian juga bisa mengajukan banding lewat Email. Untuk ketahui cara mengembalikan akun TikTok terblokir lewat pesan Email, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ajukan Banding Lewat Email

Kalian bisa gunakan beberapa kontak Email TikTok berikut ini untuk mengajukan banding atau mengembalikan akun TikTok yang terblokir. Alamat Email TikTok untuk mengembalikan akun TikTok di banned diantaranya sebagai berikut:

  • business-servicesupport@tiktok.com
  • legal@tiktok.com, creators@tiktok.com
  • info@tiktok.com, privacy@tiktok.com

Silahkan kirimkan pesan melalui alamat Email di atas, lalu berikan penjelasan seperti halnya yang kalian lakukan lewat fitur Umpan Balik di aplikasi TikTok.

Berbicara mengenai cara mengembalikan akun, kemarin rsuddepatihamzah.com juga sudah pernah merangkum tentang cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus dan cara mengembalikan akun TikTok yang nomornya sudah tidak aktif.

Kesimpulan

Itulah informasi yang berhasil kami rangkum tentang cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir. Bagaimana, apakah masih ada yang alami kendala ketika mencoba memulihkan akun TikTok yang terblokir menggunakan cara-cara di atas?

Sekian artikel kali ini tentang cara kembalikan akun TikTok yang diblokir. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi rsuddepatihamzah.com dan semoga artikel di atas tentang cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim rsuddepatihamzah.com

Bagikan: