Motif Batik Manggaran

Motif Batik Manggaran – Sampai saat ini batik memang masih di minati banyak orang terutama untuk menghadiri acara formal. Terlebih saat ini batik sudah jadi bagian dari warisan dunia UNESCO dan memiliki hari khusus di Indonesia. Semenjak jaman dahulu sampai sekarang motif batik memang terus mengalami perubahan jenisnya terus bertambah.

Salah satu corak yang digemari banyak orang adalah motif batik Manggaran di mana termasuk dalam kategori batik tulis klasik. Motif batik Manggaran saat ini memang mudah ditemukan pada dress, kemeja, celana, kaos dan fashion item lainnya. Terlebih batik manggaran bisa di beli lewat berbagai marketplace online dengan cepat dan kamu juga bisa mencoba cara bayar TikTok Shop di Indomaret ataupun minimarket terdekat lainnya.

Pada dasarnya batik Manggaran memiliki motif indah sehingga mampu membuat pemakainya tampil lebih berwibawa. Selain itu motif manggaran juga mempunyai nilai seni tinggi sehingga bisa disejajarkan dengan batik sido asih, kawung, pringgondani, mega mendung, padas gempal serta banyak lainnya.

Kualitas dari kain dihasilkan juga memuaskan sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Selain itu corak dari batik Manggaran juga bervariasi sehingga mudah disesuaikan selera pemakainnya. Kamu juga bisa mendapatkan motif dikedua sisi kainnya dan tak akan mudah tembus sehingga kualitasnya terjamin.

Batik Manggaran Berasal Dari?

Jika ditelusur batik manggaran berasal dari desa Giriloyo yang berada di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dulunya batik ini memang sudah ada semenjak era Kerajaan Majapahit sehingga sejarahnya memang panjang. Sedangkan kini batik Manggaran masih diproduksi di Sentra Batik Giriloyo serta bisa kalian kunjungi sebagai objek wisata budaya.

Motif manggaran memang terus berkembang variasinya, namun di Giriloyo kamu bisa menemukan batik tulis asli yang dibuat dengan cara tradisional. Dari segi kualitasnya memang batik tulis akan jauh lebih awet bahkan mampu bertahan sampai ratusan tahun.

Makna Motif Batik Manggaran

Nama manggaran diambil dari kata manggar yang merupakan bunga dari pohon kelapa di mana mempunyai banyak manfaat serta kegunaan. Jadi makna motif batik manggaran adalah agar manusia yang mengenakannya bisa berguna untuk siapapun. Memang filosofi yang diambil cukup sederhana namun memiliki makna dalam.

Dengan fungsi manggar yang memang banyak manfaatnya diharapkan kita juga bisa berguna bagi lingkungan sekitar dan siapa saja. Orang jawa memang penuh dengan filosofi sehingga tak heran jika kata yang sedikit bisa dijabarkan maknanya begitu luas. Selain itu manggaran juga sering kali disebut sebagai sigar semangka karena bentuknya yang mirip dengan semangka yang di belah.

Motifnya sendiri memang unik sehingga menarik minat banyak orang membelinya. Kualitas dari manggaran juga tinggi sehingga diharapkan juga bisa mempertegas penampilan dari penggunanya. Meski begitu memang harga batik ini tidaklah murah karena bisa mencapai ratusan ribu per meternya.

Motif Batik Manggaran

Batik manggar memang sering dijual di berbagai marketplace online untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen. Dari kain batik beberapa penjual memproduksinya menjadi item fashion sehingga tak ketinggalan jaman ketika dipakai. Sering kali juga muncul gambar Alhamdulillah sold out ketika batiknya habis terjual.

Bisa dikatakan motif dari tiap daerah memang berbeda beda, hal tersebut karena adanya akulturasi budaya. Jika diamati memang motif originalnya masih ada namun diubah kedalam corak tertentu. Secara langsung kita bisa lihat dari ciri motifnya yang menyerupai bunga manggar di pohon kelapa.

Kemudian setiap seniman batik pastinya ada yang berekspresi dengan tidak mengikuti motif tradisional melainkan memadukannya dengan sentuhan modern. Saat ini diakui banyak industri batik yang menggunakan cara modern sehingga kadang menghilangkan sisi seni serta budaya yang ada. Dengan munculnya batik cap bahkan sablon memang produksinya lebih cepat, namun soal kualitas belum tentu bisa mengalahkan batik tulis.

Selain itu batik tulis juga dibuat dalam waktu yang cukup lama sehingga memiliki nilai seni lebih tinggi. Meskipun harganya lebih mahal namun nyatanya peminat motif batik Manggaran masih termasuk banyak di tanah air. Jadi supaya tidak bingung silakan kalian lihat kumpulan motif batik Manggaran yang sudah kami sediakan di bawah ini.

makna motif batik manggaran

batik manggaran berasal dari

motif batik giriloyo

Batik Manggaran

Batik Manggar

Motif Batik Manggar

motif hias kain batik

giriloyo

Motif Batik

jenis batik

kain kuno

corak

jenis corak

corak Batik Manggaran

corak Batik Manggar

motif corak

Kesimpulan

Motif manggaran memang bisa dijumpai dengan mudah pada lokasi sentra pelukis batik seperti di Giriloyo. Meskipun begitu kini banyak bermunculan batik dengan cara cap ataupun sablon yang memang memiliki harga jauh lebih murah. Untuk motif yang asli memang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah per meternya. Jadi misalnya kamu menjumpai motif yang sama dengan harga murah bisa jadi hasil dari cap ataupun sablon.

Sisi keawetannya memang jauh lebih tahan yang batik tulis karena bisa sampai ratusan tahun jiak disimpan dengan baik. Demikian penjelasan rsuddepatihamzah.com, kiranya dapat jadi ilmu baru untuk kalian.

Bagikan: