HP Xiaomi Redmi 2 Prime Sering Mati Sendiri

HP Xiaomi Redmi 2 Prime Sering Mati Sendiri – Menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna HP Xiaomi. Ya, mungkin tidak hanya untuk HP merek Xiaomi saja, namun juga beberapa merek HP Android lainnya seperti Oppo, Vivo dan lain sebagainya.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut kita memang diharuskan untuk mengetahui penyebab dari terjadinya HP Xiaomi Redmi 2 Prime yang sering mati sendiri. Apakah itu masalah dalam sistem atau masalah lain yang menyebabkan HP tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Untuk masalah HP Xiaomi yang tiba-tiba mati memang sangat menyebalkan, terlebih ketika kita sedang asik-asiknya memainkan game Free Fire. Hal ini tentu membuat kamu emosi dan ingin membanting HP tersebut. Namun sabar, pasalnya kami juga memiliki solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami masalah HP sering mati sendiri, jangan khawatir. Pasalnya kami memiliki beberapa solusi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi hal tersebut. Namun sebelumnya kalian harus mengetahui penyebab HP Xiaomi Redmi 2 Prime sering mati sendiri. Berikut informasinya.

Penyebab HP Xiaomi Redmi 2 Prime Sering Mati Sendiri

Seperti yang telah kita ketahui jika setiap permasalahan pada ponsel pasti disebabkan oleh beberapa faktor. Dan untuk satu ponsel dengan ponsel lainnya pasti memiliki penyebab yang berbeda. Lantas apa sih yang menjadi penyebab Hp Xiaomi 2 Prime sering mati sendiri? berikut adalah informasi lengkapnya.

1. Telalu Panas

Penyebab yang pertama adalah HP Xiaomi Redmi 2 Prime ini sering mengalami panas yang berlebih atau overhaet. Untuk permasalahan yang satu ini tidak hanya terjadi pada HP Xiaomi saja, namun beberapa merek HP lainnya seperti Oppo, Vivo, Realme bahkan Samsung juga kerap mengalami hal seperti ini.

Ya, overheat terjadi karena komponen hardware pada ponsel ini bekerja terlalu berat ketika menjalankan sebuah game atau pun beberapa aplikasi yang berat, sehingga akan menimbulkan panas yang berlebih. Terlebih dengan jenis prosesor yang digunakan pada HP Xiaomi juga sangat berpengaruh terhadap panas yang ditimbulkan seperti halnya jenis prosesor Snapdragon 820.

Dan ketika ponsel Xiaomi Redmi 2 Prime mengalami panas yang berlebih, kami sarankan untuk segera mengatur durasi penggunaan HP. Dan jika HP tersebut sudah dirasa terlalu panas maka hal yang terbaik untuk kalian lakukan ialah dengan mengistirahatkan HP tersebut.

2. Ruang Penyimpanan Internal Habis

Saat ini memori internal tidak hanya digunakan untuk menyimpan aplikasi saja, namun juga digunakan untuk menyimpan file sistem operasi Android. Dan jika ruang penyimpanan tersebut hanya menyisakan sedikit ruangan, maka akan membuat performa HP menjadi lemot.

Dan hal yang paling parah adalah bisa membuat HP Xiaomi Redmi 2 Prime ini menjadi mati sendiri, karena tidak ada sisa ruangan penyimpanan yang bisa digunakan. Untuk hal yang satu ini kami menyarankan untuk menyisakan ruang penyimpanan paling tidak sebesar 1GB.

Hal ini dimaksudkan agar performa ponsel tetap terjaga dan bisa terhindar dari masalah HP Xioami Redmi 2 Prime yang tiba-tiba mati sendiri. Nah, untuk kamu pengguna HP Xiaomi selalu periksa memori internal dan hapus file sampah jika dirasa memori internal sudah penuh.

3. Kapasitas RAM Habis

Penyebab HP Xiaomi Redmi 2 Prime mati sendiri berikutnya adalah kapasitas RAM di HP tersebut habis. Hal ini mungkin dikarenakan kamu menjalankan beberapa aplikasi yang berat. Maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan HP Xioami kamu mati dengan sendirinya.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kami sebagai penulis menyarankan agar kamu mengurangi beberapa aplikasi yang berjalan pada background process dan langsung mematikan aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan agar tidak berjalan di satu background process.

4. Kesalahan Root

Nah, penyebab lain yang mengakibatkan HP Xiaomi kamu mati dengan sendirinya adalah kesalahan dalam melakukan root. Hal ini biasanya sering terjadi pada kamu yang sering mengutak-atik HP. Oleh karena itulah pastikan jika kamu menginstall ROM dengan benar, dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

5. Adanya Virus atau Malware

Sementara itu, ada penyebab lain yang bisa saja membuat HP Xiaomi Redmi 2 Prime kamu mati dengan sendirinya yakni karena terjadinya malware atau ada virus di HP kamu. Dan untuk mencegah hal itu terjadi, kami sarankan untuk jangan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya.

Namun jika kamu sudah terlanjur menginstall aplikasi dari sumber yang tidak resmi, maka langkah yang baik untuk dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang menjadikan adanya virus atau malware. Dan jika hal tersebut tidak memberikan efek lain maka kamu bisa melakukan flashing ulang pada HP Xioami tersebut.

6. Belum Melakukan Update Software

Seperti ponsel Android yang lainnya, Xiaomi juga kerap melakukan update perangkat lunak pada semua perangkat. Fungsi update software adalah untuk menutup bug pada sistem yang sering kali mengakibatkan baterai menjadi cepat habis, performa ponsel lemot dan menjadikan HP sering mati dengan sendirinya.

Jika ada pemberitahuan di HP Xiaomi Redmi 2 Prime tentang Update perangkat lunak, maka kami sarankan untuk langsung menginstall update tersebut demi menjaga performa ponsel dan terhindar dari masalah seperti HP Xioami yang sering mati sendiri.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Redmi 2 Prime Sering Mati Sendiri

cara mengatasi hp xiaomi redmi 2 prime yang sering mati sendiri

Setelah kita mengetahui penyebab dari terjadinya HP Xiaomi Redmi 2 Prime yang sering mati sendiri. Maka kini saatnya kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut agar HP Xiaomi kita terbebas dari masalah itu. Untuk mengatasi HP Xiaomi Redmi 2 Prime yang mati sendiri, berikut adalah informasinya.

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Hapus semua aplikasi yang jarang kalian gunakan. Dengan banyaknya aplikasi sampah di HP Xiaomi kamu, tentu saja akan membuat memori penyimpanan di HP kamu semakin habis. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut kami sarankan untuk menghapus semua aplikasi yang tidak dipakai sehingga kapasitas RAM dan memori internal akan jauh lebih luas.

2. Berikan Space Untuk Memori Internal

Berikutnya kalian juga bisa menghapus beberapa file yang tidak digunakan pada HP Xiaomi kamu. Hal ini tentu akan membuat memori internal menjadi lebih lega dan masalah HP Xiaomi Redmi yang sering mati sendiri akan berkurang.

3. Update Sistem Dengan Benar

Untuk cara mengatasi HP Xiaomi Redmi 2 yang sering mati sendiri adalah dengan meng-upadate sistem Android dengan baik dan benar. Dan kesalahan dalam melakukan update sistem bisa menimbulkan crash yang mengakibatkan HP Xiaomi Redmi Prime sering mati sendiri.

4. Reset Kepengaturan Pabrik

Dan cara yang terakhir adalah dengan melakukan Factory reset atau reset ke pengaturan pabrik. Hal ini tentu menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi masalah software. Dan semua pengaturan file dan data akan dikembalikan ke semula sehingga kemungkinan error pada sistem akan hilang.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab HP Xiaomi Redmi sering mati sendiri yang mungkin saat ini sedang kamu alami. Ya, untuk mengatasi masalah seperti diatas memang cukup mudah apabila kita sudah mengetahui penyebabnya. Namun jika beberapa langkah diatas tidak bisa membawakan hasil, maka kami sarankan untuk membawa HP Xiaomi Redmi 2 Prime ke tukang service HP terdekat agar bisa ditangani secara tepat.

Demikian informasi yang dapat rsuddepatihamzah sampaikan, semoga informasi diatas bisa membatu kalian dalam menangani HP Xiaomi Redmi 2 Prime yang sering mati sendiri. Dan kami sarankan juga agar kalian menggunakan HP Xiomi secara wajar agar permasalahan seperti diatas bisa terhidarkan.

Bagikan: