cara mengisi tinta printer epson l3110

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3110 – Saat ini memang tidak sedikit orang yang memilih sebuah alat cetak dokumen atau printer dengan merek Epson L3110 untuk menunjang kebutuhan kerja kalian. Dimana Espon menjadi salah satu perusahaan elektronik ternama dengan produk utamanya adalah printer.

Seperti yang sudah kita ketahui jika produk printer dari Epson memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang relatif terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan kelengkapan fitur serta harga yang terjangkau, tidak heran jika printer Epson ini menjadi paling populer saat ini.

Tidak hanya soal harga serta fitur yang ada didalamnya, printer Epson juga memiliki desain yang lebih ringkas dengan model tabung tinta khusus yang digunakan untuk mempermudah ketika kita melakukan proses ini ulang tinta. Lalu bagaimanakah kinerja daro printer Epson L3110 ini?

Seperti halnya printer lain pada umumnya untuk kinerja printer ini memang sangat bagus. Namun agar kualitas dari printer ini tetap terjaga kamu harus mengetahui cara membersihkan printer Epson L3110 ini. Selain itu, jika kamu ingin mengisi ulang tinta pada printer Epson L3110 ini, kamu bisa simak informasinya dibawah ini.

Ketentuan Refill Tinta Printer Epson L3110

Sebelum kita mengisi tinta printer Epson L3110 alangkah baiknya kita memperhatikan ketentuan yang berlaku agar proses pengisian tinta pada printer berjalan dengan lancar. Nah, untuk tingkat awet atau tidaknya sebuah printer Epson memang tergantung dari kebiasaan dalam penggunaan nya sehari-hari.

Oleh sebab itu, kami sarankan untuk mengoperasikan printer tersebut dengan benar sesuai buku panduan serta melakukan refill tinta secara rutin. Nah, bagi kamu yang ingin refill tinta printer Epson L3110, kamu harus memperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut:

1. Perhatikan Level Tinta

Nah, jika kita sering menggunakan printer Epson dalam jangka waktu yang lama, maka tinta dalam tabung pun akan mengalami pengurangan. Dan jika level tinta sudah berada pada garis bawah kotak tangki, maka kamu perlu melakukan pengisian ulang tinta tersebut.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko rusak pada printer tersebut. Karena apabila tinta sudah berada pada garis bawah dan kamu terus mengoperasikan nya, maka kemungkinan besar printer tersebut bisa rusak. Maka kami sarankan untuk selalu perhatikan indikator low level pada notifikasi layar komputer.

2. Menggunakan Tinta Asli Dari Epson

Karena sudah dirancang sedemikian rupa Printer Epson mampu beroperasi secara optimal pada ekosistem strandarisasi pabrik. Khususnya pada aspek bahan dasar pencetakan, dimana printer ini memiliki komponen berupa sensor yang dikhususkan untuk mendeteksi jenis tinta.

Untuk sebuah tinta original memiliki nomor seri yang khusus untuk bisa mendukung tipe-tipe printer Epson tertentu. Meski harga tinta original tersebut terbilang mahal, namun menggunakan tinta asli lebih baik dibandingkan dengan menggunakan tinta pihak ketiga yang tentu akan berpengaruh pada keamanan printer tersebut.

3. Refill Tinta Dengan Baik dan Benar

Dengan mengikuti buku petunjuk panduan manual, kamu tentu bisa melakukan proses refill tinta printer Epson L3110 ini secara baik dan benar. Dan kami sarankan untuk menghindari mengisi tabung sampai penuh atau mencampur dua tinta yang berbeda. Hal ini dikarenakan sangat beresiko pada unit malfungsi.

Untuk botol tinta Epson original memang memiliki sifat vacum untuk menjaga kualitas dari kehandalan selama mencetak dokumen. Oleh sebab itu, jangan pernah sampai membiarkan terbuka dalam waktu lama. Dan simpan selalu di tempat dingin dan jauh dari jangkauan sinar matahari.

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3110 Pertama Kali

cara isi tinta pertama kali

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan printer Epson L3110 pasti akan merasa bingung ketika mengoperasikan dan juga mengisi tinta. Hal ini dikarenakan, kamu harus membutuhkan sedikit waktu untuk bisa mempelajari semua fitur pada printer tersebut.

Untuk proses pengisian tinta pada printer Epson L3110 ini memang terbilang cukup mudah, bahkan bagi kamu seorang pemula juga tentunya tidak akan merasa kesulitan. Tapi untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa langkah dalam mengisi tinta pada printer Epson L3110.

1. Siapkan Tinta Asli/Original

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan tinta Epson Asli atau Original. Kami sarankan untuk menghindari menggunakan tinta dari pihak ketiga, karena bisa berpengaruh pada keamanan serta hasil printer kamu.

Lakukan pembukaan kemasan dari kotak dus agar kamu lebih mudah dan cepat ketika melakukan proses refill pada tangki printer. Dan produk tinta dari Epson memiliki empat seri warna seperti dibawah ini.

KodeWarna
BKBlack
CCyan
MMagenta
YYellow

2. Langkah Dalam Pengisian Tinta

Untuk langkah pengisian tinta, kamu harus terlebih dahulu memastikan jika kamu telah memiliki seri botol tinta untuk sisi ulang dengan ketentuan maksimal hingga batas atas. Untuk proses pengisian tinta para printer Epson L3110 ini, kamu bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Pastikan jika kamu sudah mematikan printer Epson L3110 ini.
  • Kemudian buka penutup kotak tabung tinta pada printer.
  • Setelah itu, akan terlihat empat tangki dengan kode tertentu.
  • Lalu silahkan perhatikan bagian tabung mana yang terlihat kosong.
  • Langkah selanjutnya buka botol tinta isi ulang dan silahkan tuangkan pada tangki.
  • Lakukan penghentian ketika pengisian sudah sampai pada batas atas.
  • Selanjutnya silahkan tutup kembali cover tabung tinta pada printer.

3. Tes Hasil Refill Tinta

Jika dirasa sudah selesai melakukan pengisian tinta, maka hidupkan lah printer Epson L3110 ini dan biarkan sejenak hingga printer melakukan penyesuaian. Selanjutnya, tinggal kamu lakukan percobaan dengan cara mencetak sebuah dokumen untuk bisa memastikan jika hasil printer berkualitas dengan warna ideal.

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3110 Dengan Suntik

ini tinta dengan suntik

Selain itu ada juga cara isi tinta printer Epson L3110 ini dengan cara suntik. Dimana cara ini bisa dimanfaatkan ketika kamu memiliki refill tinta dengan tabung yang lubangnya lebih besar dengan lubang tangki tinta. Untuk mengisi tinta dengan cara suntik, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama silahkan siapkan suntikan sebagai alat tambahan untuk proses pengisian tinta.
  2. Lanjut dengan membuka cover printer untuk melihat tangki tinta.
  3. Buka karet penutup tinta pada printer Epson L3110 yang sudah habis.
  4. Lakukan perkiraan berapa banyak tinta yang harus kamu isikan.
  5. Jika sudah selesai, maka beralih pada botol tinta dan silahkan sedot dengan suntikan.
  6. Selanjutnya masukkan tinta pada suntikan tangki printer Epson L3110.
  7. Usahakan untuk tidak terlalu penuh ketika mengisi tinta dan jangan pula terlalu sedikit.
  8. Selanjutnya cara isi tinta dengan suntikan sudah selesai.
  9. Setelah itu tutup kembali cover printer.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai cara mengisi tinta printer Epson L3110. Dimana untuk proses pengisian tinta ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri dirumah. Hal ini tentu akan membuat kita lebih hemat biaya dengan tidak perlu menggunakan jasa layanan service dari toko terdekat.

Demikian pembahasan yang bisa rsuddepatihamzah sampaikan. Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan bagi kamu yang ingin mencoba mengisi tinta printer sendiri di rumah. Cukup sekian informasi ini dan selamat mencoba.

Bagikan: