biaya kandang close house sederhana

Biaya Kandang Close House Sederhana – Kandang closed house menjadi salah satu kandang fovorit para pertenak ayam saat ini. Untuk biaya pembuatan kandang ayam closed house ini tergolong mahal. Namun tidak sedikit perternak ayam yang menggunakan kandang close house tersebut.

Dengan menggunakan kandang closed house pertumbuhan dan perkembangan ayam broiler lebih terjamin. Sehingga hasil yang akan dicapainya pun menjadi lebih maksimal dan tentu saja akan memberikan keuntungan lebih maksimal juga.

Yang membuat biaya pembuatan kandang ayam closed house mahal ini adalah banyak terdapat tambahan pengeluaran untuk membeli sistem teknologi. Dimana kandang ayam closed house ini merupakan kandang ayam yang serba tertutup. Sehingga perlu bantuan teknologi untuk mengatur kondisi suhu di dalam kandang.

Dan bagi kamu yang ingin beternak ayam broiler, kami rekomendasikan untuk kamu membuat kandang close house. Dengan tipe kandang ini tentu saja kualitas dari ayam-ayam yang kamu ternak akan menjadi lebih bagus dan berkualitas. Lantas berapakah biaya kandang close house sederhana ini? berikut informasinya.

Apa itu Kandang Close House?

Kandang Close House merupakan sebuah kandang dengan sistem tertutup.  Dimana kandang Close House ini  mampu membantu mengoptimalkan lingkungan yang mencakup jendela, suhu dan kelembapan sebagai salah satu syarat utama kandang Close House ini.

Dimana dalam kandang Close House ini akan terjadi pergerakan udara yang stabil. Selain itu, taraf kelembapan udara pada sangkar pun mampu diatur sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentu akan memberikan kualitas ayam pada kandang tersebut menjadi lebih baik dan tidak gampang terserang penyakit.

Alat dan Bahan Pembuatan Kandang Close House

Untuk membuat kandang close house memang diperlukan beberapa alat dan bahan. Dimana alat dan bahan ini memang cukup mudah kita jumpai. Lantas apa sajakah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang close house ini? berikut ulasannya.

  • Kipas atau Fan
  • Cooling Pad
  • Heater
  • Controller
  • Genset
  • Beton
  • Baja Ringan
  • Kayu atau Bambu
  • Genteng
  • Tirai

Tipe Kandang Close House

Untuk tipe kandang ayan close house ini memang dibagi menjadi dua tipe yakni tipe close house dengan tipe tunnel dan close house dengan tipe Cross Flow. Dimana kedua tipe ini memiliki beberapa keunggulan masing-masing dan kedua tipe ini juga mampu menampung ayam dengan kapasitas yang cukup banyak.

1. Kandang Close House dengan Tipe Tunnel

Untuk tipe kandng Close House yang  pertama adalah tipe tunnel. Di Indonesia memang sering kita jumpai tipe kandang tunnel ini. Pada tipe ini digambarkan dengan terowongan yang mana udara bisa masuk dari bagian depan dan akan ditarik ke belakang kandang. Lalu udara tersebut nantinya dikeluarkan dengan bantuan exhaust fan.

Sementara itu tipe kandang tunnel ini dibagi menjadi dua, yaitu kandang tunnel dengan cooling pada dan juga kandang tunnel tanpa cooling pad. Indonesia sendiri terdapat beberapa peternakan dengan sistem kandang close house. Dimana kandang tersebut sudah dilengkapi dengan penambahan sistem IoT (Internet of Things).

Menariknya dengan sistem ini para peternak bisa memantau ayamnya hanya dengan melalui smartphone saja. Selain itu sistem IoT ini juga akan memberikan kemudahan bagi para peternak untuk proses pemantauan kadar oksigen serta kelembaban kandang dan juga sensor suhu kandang.

2. Kandang Close House tipe Cross Flow

Kandang dengan tipe exhaust fan akan dipasang sepanjang sisi kandang. Sementara itu inlet yang berseberangan pada setiap sisi akan membuat udara bergerak lurus terhadap panjang kandang ternak. Umumnya, jenis ini akan menghasilkan kecepatan angin yang rendah serta sering kali digunakan di daerah bersuhu rendah.

Biaya Kandang Close House Sederhana Kapasitas 5000 Ekor

Untuk membuat kandang close hose sederhana dengan kapasitas 5000 ekor, tentu saja kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Dimana biaya tersebut akan digunakan untuk membeli bahan baku serta bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kandang close hoder yang mampu menampung hingga 5000 ekor ayam.

Dan bagi kamu yang ingin mencoba membuat kandang close house dengan daya tampung 5000 ekor ayam, berikut adalah rincian biaya yang perlu kamu ketahui untuk bisa membuat kandang ayam tersebut.

BahanHarga SatuanBanyaknyaTotal Harga
Bambu Rp. 1.250200 batangRp. 250.000
Kayu BatanganRp. 15.000300 batangRp. 4.500.000
Papan TriplekRp. 50.0005 buah @3mmRp. 250.000
GentingRp. 902.600 buahRp. 234.000
KawatRp. 400.0001 buah @20 meterRp. 400.000
Paku RengRp. 2.0005 kgRp. 10.000
Paku UsukRp. 1.8003 kgRp. 5.400
TaliRp. 5.00028 meterRp. 14.000
Tenaga KerjaRp. 1.000.0003 orangRp. 3.000.000
Biaya Lainnyaโ€“โ€“Rp. 2.000.000
TOTALRp. 10.663.400

Syarat Pilih Lokasi Kandang Close House

Untuk menentukan lokasi kandang memang tidaklah sembarangan dan harus di pikirkan secara matang. Pasalnya ada beberapa syarat yang harus dilakukan,  supaya tidak ada hal-hal yang tidak di inginkan ketika proses beternak sedang berlangsung. Untuk lebih jelasnya berikut adalah syarat lokasi kandang close house yang harus diperhatikan.

  • Pertama adalah jauh dari pemukiman warga.
  • Untuk jalan menuju ke kandang mudah diakses dan di lalui oleh transportasi umum.
  • Memiliki sumber air bersih yang cukup mudah dijangkau.
  • Memiliki sirkulasi udara yang lancar.
  • Tanah yang cocok untuk didirakan bangunan kandang ayam.
  • Lokasi kandang yang dekat dengan tempat pembelian perlengkapan ternak ayam seperti pakan, vaksin, vitamin, obat atau perlengkapan lainnya.

Keunggulan Kandang Close House

Bagi kamu yang ingin menggunakan kandang close house ada beberapa keunggulan yang mungkin bisa kamu dapatkan. Terlebih kandang tipe ini mampu menampung hingga 14 sampai dengan 18 ekor ayam. Nah, berikut adalah keunggulan kandang close house.

  • Memiliki kapasitas kandang 2-3 kali lebih besar jika dibanding dengan kandang Open House.
  • Dimana untuk Per meter persegi kandang closed house bisa menampung 14 โ€“ 18 ekor ayam.
  • Untuk kontrol biosecurity yang tergolong cukup mudah.
  • Suhu yang dihasilkan lebih efektif sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan hidup ayam.
  • Kandang menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.
  • Keadaan ayam menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit info tentang estimasi biaya kandang close house sederhana untuk ayam broiler. Jika dihitung memang biaya ini terlihat sangat mahal. Namun kandang tersebut justru akan membuat ayam-ayam menjadi sehat dan berkualitas.

Tidak hanya itu saja untuk kekuatan dari kandang ayam close house ini sangatlah bagus namun utamanya adalah terletak pada listrik. Hal ini dilakukan karena bahan-bahan lain juga sangat penting dalam membatu proses jalannya sistem kandang tersebut.

Demikian informasi yang dapat rsuddepatihamzah sampaikan mengenai biaya kandang close house sederhana. Dimana dengan mengetahui biaya pembuatan kandang tersebut, kamu bisa menyesuaikan ukuran serta kapasitas dari ayam akan kamu pelihara.

Bagikan: