apa itu transit paket

Apa Itu Transit Paket – Sudah diketahui bahwa jasa ekspedisi atau pengiriman barang di negara Indonesia sudah cukup banyak. Maka dari itu masyarakat memanfaatkan salah satu jasa ekspedisi untuk mengirimkan paket dengan tujuan luar kota, pulau hingga luar negri.

Tetapi sebelum mengirimkan paket kalian akan diberikan penawaran layanan jasa pengiriman dengan estimasi waktu 1-3 hari atau 1-7 hari. Beberapa layanan pengiriman paket sudah dilengkapi layanan mulai cargo, truck, pesawat hingga kapal. Hal tersebut bertujuan mempermudah pengguna mengirimkan paket dengan cepat dan aman.

Sebagai contoh terdapat salah satu jasa ekspedisi yaitu J&T dan ingin mengetahui lokasi paket harus mengecek resi J&T Ekspress terlebih dahulu. Dimana cek resi akan mengetahui paket sedang dikirimkan lokasi tujuan ataupun sedang transit disalah satu gudang terdekat.

Jarang sekali orang-orang mengetahui pengertian kata transit didunia jasa pengiriman barang. Oleh karena itu kami akan memberikan pengertian kata transit pada pembahasan dibawah ini.

Apa Itu Transit Paket ?

Memang akan sedikit bingung apabila tidak mengetahui penjelasan apa itu transit paket ? sebuah proses pengiriman atau pengantaran barang dengan salah satu transportasi jasa ekspedisi dari tujuan awal ke lokasi tujuan penerima. Jika barang kalian sedang transit, maka pihak kurir sedang melakukan pengecekan disalah satu gudang.

Sebagai contoh yaitu mengirimkan paket menggunakan jasa ekspedisi J&T dan paket sedang berhenti disalah satu gudang distribusi. Jadi dari distribusi utama akan mengirimkan paket ke agen-agen terdekat dengan lokasi pengiriman.

Proses Pengiriman Paket

proses pengiriman paket

Setiap pengiriman paket terdapat proses-prosesnya karena pihak jasa ekspedisi tidak hanya mengirimkan paket kalian saja. Terdapat paket dengan jumlah banyak yang dikirimkan lokasi tujuan sama atau melewati alur perjalanan pengiriman paket.

Bagi kalian yang tidak tahu proses pengiriman paket, berikut ini akan dijelaskan secara detail.

  • Pengirim akan mengatur dan menentukan jenis layanan pengiriman mulai dari tanggal pengiriman hingga alamat tujuan paket
  • Selanjutnya paket akan diterima oleh kurir dan akan diproses pengiriman
  • Saat proses pengiriman paket akan sampai di gudang transit pertama, dimana pada proses ini akan melanjutkan perjalanan
  • Berikutnya pihak kurir akan memberikan informasi paket telah dikirim dari gudang transit pertama dan sedang dikirimkan menuju alamat yang dituju
  • Terakhir yaitu paket akan sampai digudang transit, dimana lokasi gudang akan dipilih paling dekat dengan alamat penerima

Kenapa Paket Harus Transit ?

Begitu penting paket harus transit karena akan menyesuaikan jadwal pengiriman paket. Selain itu pihak kurir akan melakukan proses sortir paket atau pengelompokan dari pihak jasa ekspedisi. Hal tersebut bertujuan agar proses pengiriman paket akan sesuai dengan jadwal pengiriman serta sampai alamat tujuan.

Contohnya saja mengirimkan paket ke Jawa Tengah, nantinya pihak kurir akan memisah atau sortir agar tidak terpencar dengan tujuan lain. Karena jumlah paket disalah satu jasa ekspedisi dapat mencapai puluhan ribu.

Paket Transit Lokasi Dimana ?

Memang pada umumnya pihak jasa ekspedisi akan memberikan informasi paket sedang transit saja dan tidak memberikan informasi secara detail. Perlu kalian ketahui untuk lokasi transit berada di gudang atau agen terdekat dari wilayah tujuan pengirim.

Karena belakangan ini sudah terdapat beberapa gudang jasa ekspedisi disemua wilayah Indonesia. Mungkin tujuan menyediakan gudang transit agar penerima dapat mengambil paket sendiri tanpa harus menunggu pihak kurir mengirimkan sampai depan rumah.

Paket Transit Berapa Lama ?

Nah informasi penting bahwa paket transit berapa lama ? pada umumnya pihak kurir akan menyesuaikan jadwal pengiriman serta melakukan sortir paket terlebih dahulu. Untuk waktu paket transit kisaran 1 hari sampai 2 hari tergantung dengan jadwal pengiriman.

Karena tidak mungkin pihak kurir akan mempercepat pengiriman atau memperlambat pengiriman. Jika melanggar ketentuan tersebut pihak kurir akan dikenakan sanksi oleh kantor pusat.

Arti Transit Semua Jasa Ekspedisi

Beberapa orang akan bingung arti transit disalah satu jasa pengiriman dan akan khawatir jika tidak mengetahui pengertian secara lengkap. Karena pengertian transit disemua jasa ekspedisi Indonesia dapat berbeda-beda yang mengakibatkan sang penerima menjadi bingung.

Walaupun jasa ekspedisi memiliki arti transit tersendiri atau status pengiriman. Walaupun arti transit tujuannya sama, tetapi istilah dari beberapa jasa ekspedisi berbeda-beda. Nah untuk mengetahui arti transit semua jasa ekspedisi bisa dilihat dibawah ini.

Jasa EkspedisiStatusArti
JNEOn-TransitSedang transit disalah satu gudang
TIKITransitSedang transit difasilitas TIKI apa itu kota lain
RPXGTO (Package out in transit from gateway) Akan dikirimkan ke tempat transit
TRI (Package arrived at RPX transit location)Sampai kelokasi transit dan mengirimkan alamat tujuan
J&TTransit CenterTransit Center merupakan lokasi gudang
AnterajaProses transit parcel dikirim dari HUB asalSedang diantar kelokasi tujuan kemudian sedang transit pada cabang Anteraja yang dekat dari alamat penerima barangnya
SiCepatOn TransitSedang transit dikantor SiCepat akan siap dikirimkan kelokasi tujuan
Ninja XpressSedang transitAkan dikirimkan dari gudang Ninja Xpress

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah jika kalian sedang mengirimkan barang disalah satu jasa ekspedisi, sebaiknya lakukan pengecekan menggunakan kode resi agar mengetahui lokasi transit. Terdapat beberapa arti proses transit pada jasa ekspedisi diseluruh Indonesia dan sudah dibagikan pada pembahasan diatas.

Sekian pembahasan dari rsuddepatihamzah.com mengenai Apa Itu Transit Paket. Nantikan informasi selanjutnya mengenai pengertian pengiriman barang lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mengirimkan paket disalah satu jasa ekspedisi Indonesia dan sedang transit.

Bagikan: