apa itu direksi

Apa Itu Direksi – Beberapa perusahaan berada di Indonesia sudah memberikan tugas dan kewajiban kepada pekerja masing-masing. Oleh karena itu berhasilnya suatu perusahaan terdapat orang-orang yang hebat dan mampu mengolah keuangan ataupun kinerja setiap karyawan.

Memang perusahaan kantor akan mengutamakan orang hebat untuk dijadikan direksi, dimana profesi tersebut memiliki tanggung jawab besar mengelola perusahaan yang terkait. Tetapi perlu diperhatikan untuk menjadi profesi tersebut akan sulit dikarenakan membutuhkan proses cukup lama serta dipercayai oleh pihak manajemen.

Tetapi ada profesi lain dari perusahaan yaitu membersihkan ruangan kantor. Bagi kalian yang ingin bekerja disalah satu perusahaan dan memiliki profesi pembersih, sebaiknya ketahui apa itu cleaning service terlebih dahulu agar memahami tugas hingga wewenang yang harus dijalankan.

Untuk mendapatkan orang yang tepat untuk dijadikan sebagai dewan direksi, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai tugas, kewajiban dan struktur dewan. Mungkin informasi tersebut akan didapatkan pada pembahasan dibawah ini.

Apa Itu Direksi ?

Perlu diketahui bahwa direksi adalah profesi penting disalah satu perusahaan yang bertanggung jawab terhadap operasi perusahaan. Dimana operasi tersebut meliputi operasi bisnis, operasi manajemen organisasi yang sehat dan membangun prinsip-prinsip pemerintahan yang baik.

Akan tetapi untuk membangun prinsip pemerintahan atau perusahaan yang baik harus memilih orang-orang yang hebat dan tepat. Karena peran pentin sebagai organ perusahaan atau pemerintahan dapat merumuskan dan menguji kembali kebijakan, rencana, mengatur dan mengevaluasi secara keseluruhan kegiatan.

Syarat Menjadi Direksi

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan diatas bahwa untuk memilih orang sebagai direksi harus pintar dalam mengolah suatu perusahaan. Nah untuk kalian yang berminat bekerja dalam bidang tersebut, sebaiknya ketahui syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dibawah ini.

  • Memiliki akhlak dan moral cukup baik
  • Memiliki kemampuan bidang menerapkan tindakan hukum
  • Seseorang tidak pernah mengajukan permohonan pailit atau divonis pailit
  • Seseorang tidak pernah dijatuhi pidana di sektor keuangan dalam jangka waktu 5 tahun

Tugas Direksi

Setelah mengenal syarat dan ketentuan bekerja sebagai direksi, maka keseluruhan data kalian akan diberikan kepada pihak manajemen. Apabila berhasil menjadi direksi apa saja yang harus dikerjakan ? karena profesi tersebut cukup berat, maka akan mendapatkan tugas yang telah ditetapkan berikut ini.

  • Memimpin atau mengurus perusahaan sesuai dengan kepentingan perusahaan
  • Akan mengurus dan menguasai kekayaan perusahan
  • Mengatur jenis pembagian tugas karyawan masing-masing
  • Menciptakan tujuan kerja karyawan dan menghasilkan keuntungan
  • Menetapkan gaji, kompensasi dan tunjuan karyawan
  • Memberikan informasi laporan keuangan kepada manajemen dan kinerja karyawan
  • Menetapkan serta memberhentikan karyawan

Wewenang Direksi

Wewenang direksi merupakan hak dan kekuasaan untuk melaksanakan tugas, selain itu peran tersebut akan menyeimbangkan terhadap tanggung jawab. Oleh karena itu pihak manajemen akan membuat wewenang direksi agar mewujudkan impian serta kemajuan suatu perusahaan.

Karena jumlah permintaan sudah banyak dari kalian untuk menjelaskan wewenang direksi. Mungkin informasi wewenang direksi akan dijelaskan pada pembahasan dibawah ini.

  • Berusaha serta menjamin terlaksana sebuah kegiatan perusahaan sesuai dengan maksud tujuan
  • Menyusun rencana kemajuan perusahaan, rencana kerja dan anggatan tahunan. Dimana rencana tersebut berhubungan dengan pelaksanaan usaha yang disampaikan kepada dewan komisaris
  • Menyusun surat RJPP dan RKP untuk melaksanakan suatu rencana untuk memiliki tujuan perusahaan yang akan dicapai. Akan tetapi perlu meminta persetujuan kepada dewan komisaris
  • Melapor pembukuan serta administrasi suatu perusahaan sesuai dengan kelaziman berlaku
  • Membangun teknologi informasi
  • Melaksanakan sistem manajemen risiko
  • Membuat laporan tahunan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku
  • Membuat susunan organisasi perusahaan secara lengkap mulai dari rincian tugas, tanggung jawab serta wewenang setiap jabatan
  • Akan membuat laporan tahunan serta diserahkan kepada dewan komisaris
  • Melaporkan pada perusahaan mengenai kepemilikan saham dan keluarga
  • Sebagai direksi akan melaporkan informasi relevan kepada dewan komisaris untuk rencana program pengembangan SDM

Adanya wewenang tersebut harus dijalankan, apabila tidak mengikuti wewenang diatas akan mendapatkan sanksi cukup berat. Kemungkinan untuk masalah kecil masih bisa dimaklumi, namun ketika masalah besar akan terserat dengan undang-undang berlaku.

Gaji Direksi

Mungkin dari pembahasan diatas pekerjaan direksi mendapatkan tanggung jawab yang cukup besar didalam perusahaan hingga pemerintahan. Akan tetapi untuk hasil gaji juga terbilang besar. Pada umumnya gaji direksi akan mencapai Rp. 1 miliar hingga 3 miliar per bulan dan belum termasuk gaji tunjangan hari raya, tunjangan transportasi serta asuransi purna jabatan.

Perlu diketahui untuk gaji tersebut akan menyesuaikan perusahaan yang ditempati contohnya saja PLN ataupun pertamina. Karena adanya tanggung jawab besar atau pekerjaan sulit, pastinya akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah adanya perusahaan di Indonesia yang sukses dan berhasil terdapat orang-orang hebat didalamnya. Salah satunya adalah profesi direksi dimana orang tersebut akan mengatur keuangan, laporan hingga menyusun semua kegiatan demi kepentingan perusahaan.

Sekian pembahasan dair rsuddepatihamzah.com mengenai Apa Itu Direksi. Nantikan informasi selanjutnya mengenai pengertian pekerjaan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin bekerjasama dengan suatu perusahaan dalam bidang mengatur semua operasi perusahaan.

Bagikan: