apa itu psikomotor

Apa Itu Psikomotor – Seperti diketahui oleh beberapa manusia memiliki berbagai macam kemampuan mulai dari daya tahan fisik ataupun ketrampilan. Maka dari itu beberapa ahli akan menjelaskan setiap orang yang memiliki kemampuan ataupun ketrampilan.

Beberapa para ahli sudah melakukan penilian kepada orang-orang yang memiliki ketrampilan khusus dan memberikan istilah. Nah untuk istilah yang saat ini sedang ramai adalah psikomotor, dimana orang tersebut memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang lain.

Penilaian dari beberapa ahli akan dilihat dari hal-hal yang dilakukan yang berhubungan dengan kegiatan fisik setelah pembelajaran. Adanya proses pembelajaran tersebut membutuhkan waktu cukup lama karena harus melihat kemampuan serta contoh kegiatan.

Apabila istilah psikomotor sedang diperbincangkan dan membutuhkan penjelasan secara detail. Maka dari itu rsuddepatihamzah.com akan menjelaskan istilah tersebut sesuai dengan kemampuan hingga contoh kegiatan dibawah ini.

Apa Itu Psikomotor ?

Perlu diketahui bahwa istilah psikomotor merupakan ketrampilan dari aspek psikologis yang terkait dengan gerakan tubuh manusia. Dimana keterampilan tersebut akan dilihat dari proses pengalaman belajar tertentu yang menghasilkan belajar kognitif dan hasil belajar afektif.

Dalam proses belajar psikomotor akan dinilai melalui pengamatan dan penilaian tingkah laku peserta selama proses pembelajaran berlangsung. Setelah mengikuti pembelajaran, maka pihak tes akan memberikan tes untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Adanya keterampilan tersebut akan berguna untuk kebutuhan bekerja ataupun kegiatan lainnya yang melibatkan fisik tubuh. Mungkin untuk melihat kemampuan lainnya akan dijelaskan dibawah ini.

Kemampuan Psikomotor

Setelah membaca penjelasan dari psikomotor, maka langkah selanjutnya ketahui beberapa kemampuan yang dibagi 5 (lima) jenis mulai dari kemampuan motorik kasar, halus, keseimbangan, koordinasi tubuh dan daya tahan fisik. Setiap pembagian kemampuan tersebut memiliki penjelasan masing-masing.

Agar mendapatkan penjelasan secara detail yang meliputi kemampuan manusia, berikut dibawah ini akan dijelaskan.

1. Kemampuan Motorik Kasar

Kemampuan motorik kasar merupakan sebuah keterampilan yang melibatkan fisik membutuhkan gherakan besar. Selain itu pada kemampuan motorik kasar membutuhkan koordinasi semua bagian tubuh mulai dari atas hingga bawah.

2. Kemampuan Motorik Halus

Selanjuntnya ada kemampuan motorik halus yang merupakan kemampuan dengan melakukan keterampilan gerakan kecil dan bisa dikontrol sesuai daya tahan tubuh. Beberapa kebutuhan kemampuan tersebut akan melibatkan seperti tangan dan jari.

3. Keseimbangan

Dalam penilaian psikomotor membutuhakan keseimbangan tubuh ketika bergerak dan berdiri secara bersamaan. Hal tersebut bertujuan orang mampu mengendalikan gerakan dan menjaga posisi tubuh secara stabil.

4. Koordinasi Tubuh

Seperti kalian ketahui bahwa tubuh manusia ada yang bisa diajak koordinasi seperti contoh mata, tangan dan kepala. Dimana merasakan lelah pikiran mampu koordinasi bagian tubuh lainnya.

5. Daya Tahan Fisik

Terdapat orang-orang yang memiliki daya tahan fisik cukup baik mulai tidak mengenal lelah dan selalu melakukan aktivitas berlebihan. Ciri-ciri orang memiliki daya tahan fisik cukup bagus bisa dikategorikan psikomotor.

Contoh Kegiatan Psikomotor

Terlihat ada beberapa bagian penting didalam kemampuan psikomotor dan keterampilan tersebut dapat melihat dari segi kegiatan. Beberapa orang memang tidak terlalu memikirkan kegiatan yang telah dilakukan bahwa kemampuan bisa dijadikan psikomotor.

Tetapi perlu diketahui setiap kegiatan akan dibagi dari kemampuan, mungkin tidak membutuhkan waktu lama-lama berikut ini kegiatan yang bisa dikategorikan psikomotor.

1. Bermain Alat Musik

Untuk pecinta musik dan suka memainkan alat musik akan dikategorikan sebagai psikomotor halus dikarenakan melibatkan kontak fisik menggunakan tangan dan mata. Dimana kegiatan bermain alat musik akan membutuhkan daya fisik cukup bagus karena akan menguras tenaga.

2. Olahraga

Selanjutnya ada kegiatan olahraga dimana kegiatan tersebut akan dikategorikan sebagai psikomotor kasar karena melibatkan semua fisik tubuh mulai dari tangan, kaki, keseimbangan dan masing banyak lainnya. Jadi untuk penilaian dari kegiatan tersebut akan menjadi nilai tambah.

3. Menari

Menari adalah sebuah kegiatan sangat sering dilakukan pada kaum perempuan yang membutuhkan pergerakan secara bersama dan mengikuti irama musik. Sangat tepat sekali jika mengikuti kegiatan menari karena bisa menghasilkan hal positif.

4. Mengetik

Jika bekerja sebagai penulis atau mengetik bisa dikategorikan psikomotor halus yang membutuhkan kontak fisik mata serta tangan. Selain itu mengetik juga membutuhkan keseimbangan dalam berfikir.

5. Bermain Game

Siapa disini suka bermain game ? perlu diketahui kegiatan tersebut bisa dikategorikan psikomotor halus dimana membutuhkan kontak fisik mata serta tangan. Tetapi untuk bermain game tidak boleh lama karena menyebabkan kerusakan mata.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah adanya istilah itu akan mendapatkan pengalaman pembelajaran bahwa setiap manusia memiliki keterampilan berbeda-beda. Jadi jika ingin menemukan keterampilan kalian dapat dilihat dari kesibukan ataupun kegiatan sehari-hari.

Sekian pembahasan dari rsuddepatihamzah.com mengenai Apa Itu Psikomotor. Nantikan informasi selanjutnya mengenai penjelasan istilah lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui karakteristik sendiri ataupun orang lain.

Bagikan: