CARA TUTUP REKENING BSI

Cara Tutup Rekening BSI – Apabila sudah tidak berkenan dalam menggunakan produk dari suatu perusahaan perbankan, maka Anda bisa menutupnya sesuai dengan prosedur. Salah satu contohnya adalah rekening BSI yang dapat ditutup oleh nasabah.

Sebagai salah satu perusahaan perbankan Syariah, BSI memang kerap memberikan produk keuangan inovatif kepada masyarakat. Selain itu, pelayanan juga dilakukan secara optimal mulai dari pembukaan hingga cara tutup rekening BSI.

Namun, informasi seputar cara tutup rekening BSI nampaknya masih belum dipublikasikan secara luas sehingga banyak nasabah belum memahami prosedurnya. Padahal dalam praktik penutupannya, Anda harus mempersiapkan banyak hal mulai dari syarat hingga biaya.

Guna membantu para nasabah yang sedang mencari informasi mengenai cara tutup rekening BSI, maka Penulis rsuddepatihamzah.com akan memberikan panduannya secara lengkap. Ada baiknya Anda menyimak setiap poin pembahasan demi kelancaran prosedur penutupannya.

Syarat Tutup Rekening BSI

Sebelum melangkah lebih jauh pada cara tutup rekening, maka Kita perlu memahami terlebih dahulu apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan. BSI selaku pihak penyedia rekening tentunya memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi nasabah jika ingin melakukan penutupan.

Dengan terpenuhinya semua syarat, maka cara tutup rekening dapat berjalan lancar. Supaya dapat dipersiapkan seluruhnya, berikut beberapa syarat tutup rekening BSI.

  • Buku Rekening Tabungan BSI.
  • Dokumen Data Diri E-KTP.
  • ATM BSI (jika membuat).
  • Bersedia mengisi Form Penutupan Rekening BSI.

Apabila semua syarat yang diajukan oleh BSI sudah Anda penuhi, maka cara menutup rekening dapat dilakukan oleh para nasabah. Selain itu, pihak Bank BSI juga akan meminta Anda mengisi sejumlah form untuk dijadikan sebagai data dalam melakukan verifikasi.

Contoh Form Penutupan Rekening BSI

Sebelumnya sudah dijelaskan, jika Anda sebagai nasabah harus bersedia mengisi Form Penutupan Rekening BSI sebagai salah satu syaratnya. Tentu Anda penasaran bagaimana isi dari Form tutup rekening tersebut.

Mengingat pentingnya informasi mengenai isi dari form tutup rekening tersebut, maka kami sudah sediakan contoh berikut ini supaya lebih mudah dipahami.

Ketika dalam melakukan pengisian Anda merasa bingung, maka Customer Service BSI juga akan memberikan panduan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian data.

Contoh Alasan Penutupan Rekening BSI

Selain mengisi form tutup rekening, biasanya kita juga akan dimintai alasan mengapa proses penutupan tersebut begitu penting untuk dilakukan. Alih-alih ingin menutup rekening BSI, justru penolakan yang didapat karena alasan kurang logis.

Oleh sebab itu, ada beberapa contoh alasan penutupan rekening BSI yang dapat digunakan sebagai berikut.

1. Menggunakan Rekening Gabungan

Rekening gabungan biasanya terdapat pada tabungan anak yang sempat tergabung dengan orang tua. Namun karena usia anak sudah menginjak 17 Tahun dan dirasa sudah bisa melakukan pembukaan rekening sendiri, maka mau tidak mau rekening lama harus di tutup.

2. Peraturan Pemerintah dan Instansi Kerja

Cara tutup rekening akan lebih mudah jika dilakukan berdasarkan tuntutan dari sebuah aturan pemerintah maupun instansi tempat Anda bekerja. Contohnya untuk dapat menerima gaji, maka seorang nasabah BSI diharuskan menggunakan tabungan dari bank lain.

3. Memiliki Banyak Rekening Bank

Dalam praktik di lapangan, biasanya seorang nasabah akan ditolak untuk melakukan pembukaan rekening apabila sudah memiliki banyak. Alhasil, Customer BSI akan menyarankan untuk menutup salah satunya sehingga cara membuka rekening dapat dilakukan.

Salah satu alasan di atas dapat digunakan saat menerapkan cara tutup rekening. Namun sah saja jika terdapat alasan lain yang mungkin dapat diterima oleh pihak BSI sehingga cara menutup rekening dapat dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

Update Biaya Tutup Rekening BSI

Selain syarat, ternyata setiap rekening yang akan di tutup membebankan sejumlah biaya dalam penerapannya. Hal tersebut juga berlaku pada nasabah BSI dan besaran biaya penutupan akan sangat tergantung pada jenis tabungan.

Supaya dapat mempersiapkan dana guna membayar beban tersebut, berikut rincian biaya tutup rekening BSI terbaru.

1. Biaya Tutup Rekening Tabungan Mudharabah BSI

Tabungan Mudhrabah merupakan jenis simpanan BSI yang nantinya dapat memberikan keuntungan berupa bagi hasil berdasarkan nominal saldo. Dalam cara tutup rekening tabungan Mudharabah, ada sejumlah biaya sebesar Rp 20.000,00 untuk dibayarkan.

2. Biaya Tutup Rekening Tabungan Wadiah BSI

Tabungan Wadiah merupakan jenis simpanan dari BSI tanpa biaya admin bulanan. Ketika hendak menerapkan cara tutup rekening Wadiah, maka ada sejumlah biaya sebesar Rp 20.000,00 untuk dibayarkan.

3. Biaya Tutup Rekening Tabungan Rencana BSI

Tabungan Rencana BSI merupakan jenis simpanan berjangka yang dapat dicairkan sesuai dengan kesepakatan jatuh tempo. Apabila proses tutup rekening dilakukan sebelum jatuh tempo, maka ada biaya sebesar Rp 50.000,00. Sementara jika sudah lewat jatuh tempo, maka tutup rekening dapat dilakukan secara gratis.

4. Biaya Tutup Rekening Tabungan Simpanan Pelajar BSI

Tabungan Simpan Pelajar (Simpel) BSI merupakan simpanan khusus pelajar guna membantu dalam kebutuhan pendidikan buah hati. Jika ingin menerapkan cara tutup rekening pada jenis ini, maka ada biaya sebesar Rp 20.000,00.

5. Biaya Tutup Rekening Tabungan Mahasiswa BSI

Tabungan Mahasiswa merupakan simpanan kolektif yang sudah terafiliasi dengan pihak kampus khusus ditujukan oleh BSI kepada mahasiswa terpilih. Apabila ingin menerapkan cara tutup rekening jenis ini, maka ada biaya sebesar Rp 20.000,00.

6. Biaya Tutup Rekening Tabungan Valas BSI

Tabungan Valas (Valuta Asing) merupakan jenis simpanan BSI dalam bentuk mata uang asing (biasanya Dollar). Apabila ingin menerapkan cara tutup rekening jenis ini, maka ada biaya sebesar $5 (USD).

7. Biaya Tutup Rekening Tabungan Haji BSI

Tabungan Haji merupakan simpanan BSI yang khusus ditujukan bagi nasabah untuk mewujudkan impian berangkat ke tanah suci. Apabila ingin menerapkan cara tutup rekening jenis ini, maka tidak ada pungutan biaya atau gratis.

8. Biaya Tutup Rekening Tabungan Pendidikan

Tabungan Pendidikan BSI merupakan jenis simpanan berjangka yang hanya dapat dicairkan ketik sudah jatuh tempo. Apabila proses tutup rekening dilakukan sebelum jatuh tempo, maka ada biaya sebesar Rp 100.000,00. Sementara jika sudah lewat jatuh tempo, maka tutup rekening dapat dilakukan secara gratis.

9. Biaya Tutup Rekening Tabungan Bisnis

Tabungan Bisnis merupakan jenis simpanan BSI yang khusus ditujukan kepada para pelaku usaha maupun Wiraswasta. Apabila ingin menerapkan cara tutup rekening jenis ini, maka ada biaya sebesar Rp 50.000,00.

10. Biaya Tutup Rekening Tabunganku

TabunganKu merupakan jenis simpanan pribadi dari BSI untuk meningkatkan kesadaran menabung dari masyarakat Indonesia. Apabila ingin menerapkan cara tutup rekening jenis ini, maka ada biaya sebesar Rp 20.000,00.

Cara Tutup Rekening BSI di Kantor Cabang

Setelah memahami berapa besaran biaya tutup rekening, maka tibalah saatnya untuk memahami cara penutupannya. Tentu semua cara menutup rekening ini dapat dilakukan manakala Anda sudah memenuhi semua syarat dari BSI.

Guna memudahkan dalam proses pengajuannya, berikut langkah-langkah pada cara tutup rekening BSI.

1. Mempersiapkan Dokumen

Sebelum memulai cara tutup rekening, maka ada baiknya Anda mempersiapkan dokumen persyaratan. Pastikan untuk menempatkannya dalam satu wadah sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan.

2. Mengunjungi Kantor Cabang BSI

Apabila sudah berhasil mengumpulkan dokumen syarat, maka selanjutnya Anda sudah bisa mengunjungi kantor Cabang BSI tempat dimana pembuatan rekening dilakukan.

3. Mengambil Nomor Antrean

Setelah tiba di lokasi kantor cabang BSI, maka langkah selanjutnya adalah mengambil nomor antrean untuk menuju Customer Service. Tunggu sampai tiba giliran Anda untuk tutup rekening.

4. Menjelaskan Maksud dan Tujuan Kedatangan

Setelah tiba giliran Anda, maka silahkan jelaskan maksud dan tujuan Anda untuk tutup rekening kepada Customer Service. Berikan juga alasan masuk akal untuk menutup rekening BSI sehingga proses dapat berjalan lancar.

5. Menyerahkan Berkas dan Mengisi Formulir

Setelah mengetahui maksud dan tujuan Anda untuk menerapkan cara tutup rekening, maka serahkan berkas syarat. Nantinya Customer Service juga akan meminta Anda mengisi formulir penutupan rekening BSI.

6. Penarikan Sisa Saldo BSI

Setelah semua di bagian Customer Service sudah selesai dilakukan, maka CS akan mengarahkan Anda menuju ke Teller untuk menarik sisa saldo di dalam tabungan.

Setelah menerapkan beberapa prosedur di atas, maka cara tutup rekening sudah berhasil. Kemudian muncul lagi rasa penasaran, bagaimana jika proses tutup rekening diwakilkan?

Cara Tutup Rekening BSI Tanpa Perlu ke Bank

Apabila tidak memiliki waktu untuk menuju ke bank BSI, maka prosedur penutupan rekening dapat dilakukan secara otomatis. Cara tutup rekening tanpa perlu ke bank adalah dengan membiarkan saldo di bawah Rp 50.000,00 selama 6 Bulan berturut-turut.

Ketika sudah dibiarkan tidak terisi saldo, maka rekening BSI akan berstatus Dormant dan jika dibiarkan lagi selama 6 Bulan berturut-turut, maka rekening akan secara otomatis tertutup.

Apakah Menutup Rekening BSI Bisa Diwakilkan?

Pastinya Anda penasaran, apakah penutupan rekening BSI bisa diwakilkan? Kabar baiknya, cara tutup rekening ini dapat dilakukan secara mandiri maupun diwakilkan selama pihak bersangkutan memiliki surat kuasa dari pemilik asli Rekening.

Akhir Kata

Itulah tadi panduan atau Cara Tutup Rekening BSI yang dapat rsuddepatihamzah.com sampaikan. Namun jika masih mengalami kendala serta membutuhkan beberapa tips seputar dunia perbankan, maka pantau selalu update informasi terbaru dari Kami.

Sumber Gambar: Admin RSUDDepatiHamzah

Bagikan: